Thread Rating:
  • 2 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Apa sih kura-kura Brazil itu?
#11
kalo dikasih makan banyak boleh ga???
aku sering ngasih makan banyak... soalnya setiap aku lewat, dia berusaha naik gitu...trus pas dikasih makanan dia mau...
biasanyasetiap makan dia bisa ngabisin 25 butir pelet...

aku punya satu res lagi... padahal belinya barengan... tapi dia ukurannya lebih kecil dari yg diatas... beda jauh malah...
gimana ya biar ukurannya seimbang??? tapi dia ga nafsu makan....
Reply
#12
mau tanya nih, aq pelihara 4 ekor kura2 brazil dari taun 1993 skr umurnya udah 17thn tp yg 1 mati 2 taun yg lalu, trus kira2 1bln yg lalu tuh bertelur, tp aq ga liat telurnya dmn sih yg pasti aq liat di kolam ada 6 anak kura2. awalnya aq ga pisahin tuh ke 6 anaknya, tapi ternyata yg satu dimakan sama kura2 ya gede sampe termpurungnya sisa sepotong, abis itu yg sisa 5 aq pindahin ke aquarium. setelah di pindah 5 anak kura2 itu pada berantem sampe mati 1, harus gimana ya biar ga pada berantem?? apa kelaparan? apa tempatnya terlalu kecil? padahal aq kasih makan rutin tiap hari...
Reply
#13
@Tri Ratna. JANGAN ksh makan kebanyakan!! Ada 2 hal yg bakal terjadi 1. kura2 bs kena pyramiding 2.kura2 busa jd obesitas.

Kura2 itu adalah mahluk yg suka minta2 pdhl mereka sbnrnya ga lapar, jd sukup kasih sekali aja dlm sehari. Bahkan sayur yg punya protein dikit aja ga boleh kebanyakan apalagi pellet dgn kadar protein 30%.

=================

@Tripang mungkin akuariumnya kekecilan jd mereka berantem krn teritori. ukuran akuariumnya brp?
Reply
#14
mau tanya senior, kalau kura-kura brazil yg dipasaran itu namanya spesies apa?
Reply
#15
Red Ear Slider (Trachemys scripta elegans).
Reply
#16
thanks bro
Reply
#17
(12-29-2009, 04:02 PM)admin Wrote:  
[Image: img_res-250x200.jpg][Image: img_native_range.gif]

Klasifikasi Biologi Wrote:Kingdom - Animalia
Filum - Chordata
Sub-filum - Vertebrata
Kelas - Reptilia
Sub-kelas - Anapsida
Order - Testudines
Family - Emydidae
Genus - Trachemys (ada juga yang menyebut Chrysemys - sama saja)
Spesies - T. scripta
Sub-spesies - elegans
Nama Trinomial - Trachemys scripta elegans

Kura-kura Brazil (Red Ear Slider (RES)/Si Telinga Merah) adalah jenis kura-kura semi-aquatic (terrapin) dan salah satu jenis reptil yang mudah ditemukan di seluruh penjuru dunia sebagai hewan peliharaan. Kura-kura Brazil tergolong dalam jenis binatang eksotis yang memiliki corak tubuh menawan. Sayangnya tingkat kematian kura-kura Brazil tergolong tinggi karena seringkali dipelihara dalam media pemeliharaan yang tidak memadai, minimnya perawatan, dan pemelihara yang tidak bertanggung jawab.

Kura-kura ini merupakan hewan asli di daerah tenggara Amerika Serikat. Mereka dibawa oleh orang yang membelinya sebagai hewan peliharaan yang kemudian dilepaskan ke alam bebas ketika mereka telah memutuskan untuk tidak mau memeliharanya lagi. Dan ini menyebabkan masalah besar. Seperti yang terjadi di Eropa selatan, kura-kura ini berlomba untuk hidup dengan kura-kura asli Eropa yang akibatnya kura-kura asli Eropa terancam punah.

Ukuran tubuh dapat mencapai 30 cm. Di alam bebas, kura-kura ini dapat hidup sampai umur 20 tahun, dan beberapa jenis telah dilaporkan bisa hidup hingga umur 40 tahun. Kura-kura Brazil muda akan memangsa hewan-hewan kecil seperti ikan, siput, dan serangga yang secara bertahap akan mulai menyukai jenis-jenis tanaman. Reptil ini merupakan perenang cepat yang cukup baik. Kura-kura Brazil cenderung berada tak jauh dari sumber air meskipun sang betina akan membuat sarangnya di tanah yang kering dan hangat.

Apabila anda hendak memelihara kura-kura Brazil (RES), pastikan anda mengajukan pertanyaan di bawah ini kepada penjualnya:
  • Apakah mereka memiliki pengalaman dalam merawat kura-kura Brazil? Berapa lama?
  • Apa latar belakang pendidikan penjual?
  • Apakah ada fasilitas dokter hewan di toko?
  • Apakah mereka anggota Asosiasi Dokter Hewan?
  • Apakah mereka anggota komunitas pencinta binatang?
  • Apa penjual merawat kura-kura Brazil yang ditawarkan sendirian?
  • Apa yang mereka anggap penting untuk dibeli setelah anda membeli kura-kura?
  • Apa yang mereka katakan tentang makanan kura-kura Brazil?
  • Adakah biaya tambahan untuk pemeriksaan kesehatan binatang?
  • Apakah ada diskon untuk setiap pembelian?

Kemudian perhatikan bagaimana profil penjual kura-kura tersebut:
  1. Apakah fasilitas yang ada bersih dan profesional?
  2. Apakah penjualnya ramah dan berpengetahuan memadai?
  3. Jam berapa mereka membuka toko?
  4. Apakah lokasi toko mudah diakses?
  5. Apakah pertanyaan-pertanyaan Anda dijawab?
  6. Apakah mereka bertanya tentang aquarium/kolam kura-kura Anda?
  7. Jika memungkinkan, amati bagaimana mereka menangani kura-kura.

Pertanyaan-pertanyaan di atas sangat penting untuk menentukan apakah para penjual kura-kua Brazil memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup dalam menangani kura-kura Brazil.

Wah baru ngerti sekarang, nice info dari adminSmile
Reply
#18
Aq br beli kura2 ni, tak cari2 d internet jenisnya mirip ky kura2 brazil, tp kpalanya ga ad merah2nya warnanya garis2 kuning ijo. Apa punyaq jg salah1 jenis kura2 brazil atau bukan? Kalau bukan, brarti kura2 jenis apa milikq ini.. Tks
Reply
#19
Mungkin jenis YELLOW BELLIED SLIDER. Istilah kura brazil itu bermacam2 jenis.
Reply
#20
Akhirnya dapet jg forum / komunitas utk pecinta brazilian turtle / RES, selama ini gua cari2.. Telat gabung nih kyknya.. Anyway izin gabung ya... Big Grin
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
Smile Gimana ya cara mengetahui umur kura-kura geronimo 4 6.096 01-24-2017, 03:52 PM
Last Post: ulfa44
Photo Berbagi Info Merawat Kura Kura kongkalikong 3 5.138 04-07-2016, 10:31 AM
Last Post: priotas
Lightbulb Perbedaan Kura-kura Brazil Liar dan dari Penangkaran admin 17 7.308 11-14-2014, 06:35 AM
Last Post: Cleeon