Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 1 Votes - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Bagaimana Menentukan Jenis Kelamin?
Penulis Pesan
admin Offline
Administrator
*******

Post: #1
Lightbulb Bagaimana Menentukan Jenis Kelamin?
[Image: membedakan-jenis-kelamin-res.jpg]
Sama seperti kura-kura Brazil peliharaan yang tumbuh lebih depat daripada kura-kura Brazil liar, mereka juga lebih cepat matang secara seksual. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, si betina secara fisik lebih besar dan memiliki ekor yang lebih kecil. Ekor pejantan lebih panjang, lebih tebal, dan memiliki kuku cakar yang lebih panjang dengan posisi kloaka lebih dekat ke ujung ekor.
[Image: img_usr_tinyslider_01.jpg]
Secara umum, kematangan seksual pada kura-kura Brazil tampak berdasarkan ukurannya. Anda harus menunggu untuk melihat karakteristik ini sebelum Anda dapat menentukan jenis kelamin mereka. Tidak mudah membedakan jenis kelamin kura-kura Brazil yang berukuran kurang dari 4 inci. Perkiraan untuk kura-kura Brazil peliharaan adalah: 2-4 tahun untuk jantan dengan SCL sekitar 10 cm dan 3-5 tahun untuk betina dengan SCL sekitar 12,7 cm. Pada kasus tertentu seperti pemberian makan yang berlebihan (overfeeding), kematangan seksual akan lebih cepat dicapai.

Kura-kura Brazil jantan yang lebih dewasa mungkin memiliki kelebihan lain yang mungkin terlihat. Jantan akan memiliki daerah moncong/hidung yang lebih panjang. Bagian tepi bawah plastron jantan juga mungkin sebagian akan melengkung ke dalam atau tampak cekung. Hal ini memungkinkan pejantan memiliki kestabilan yang lebih baik selama proses perkawinan. Namun seperti yang telah disinggung sebelumnya, kedua kelebihan ini terlalu kecil prosentasenya untuk menjadi faktor yang dapat diandalkan dalam menentukan jenis kelamin kura-kura Brazil yang masih muda.

[updated] Ada juga cara membedakan jenis kelamin berdasarkan pola/corak warna pada plastron. Meskipun masih diragukan ketepatannya, ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengetahui jenis kelamin RES anda.

[Image: res-kura-brazil-jantan.jpg]
Gambar di atas adalah contoh plastron kura-kura Brazil Jantan. Perhatikan area dalam pola yang tidak tebal.

[Image: res-kura-brazil-betina.jpg]
Gambar di atas adalah contoh plastron kura-kura Brazil Betina. Perhatikan pola plastronnya yang hitam dan tebal.

12-29-2009, 03:57 PM
Quote this message in a reply
bujangsoleh Offline
Kurabie
*

Post: #2
RE: Bagaimana Menentukan Jenis Kelamin?
Mas Admin Mw Tanya nich kura2 saya jantan semua ato ada yang betinanya saya g bisa bedain mhon bantuannya Smile

link foto ny http://www.mypicx.com/01272010/kura/

01-28-2010, 12:00 PM
Quote this message in a reply
admin Offline
Administrator
*******

Post: #3
RE: Bagaimana Menentukan Jenis Kelamin?
Dilihat dari gambar pola plastron tampaknya RES di sebelah kanan adalah betina dan yang di sebelah kiri adalah jantan. Tapi menentukan gender berdasarkan pola plastron masih kurang efektif, cobalah perhatikan dari kuku depannya seperti pada artikel di atas.

01-28-2010, 02:52 PM
Quote this message in a reply
bujangsoleh Offline
Kurabie
*

Post: #4
RE: Bagaimana Menentukan Jenis Kelamin?
(01-28-2010 02:52 PM)admin Wrote:  Dilihat dari gambar pola plastron tampaknya RES di sebelah kanan adalah betina dan yang di sebelah kiri adalah jantan. Tapi menentukan gender berdasarkan pola plastron masih kurang efektif, cobalah perhatikan dari kuku depannya seperti pada artikel di atas.
kya nya sich dua2 nya betina mas admin soalnya kukunya pendek persis sma yang mas admin contohin
kalo di satuin brantem g yach?

01-28-2010, 05:13 PM
Quote this message in a reply
yoego Offline
Kura Mania
***

Post: #5
RE: Bagaimana Menentukan Jenis Kelamin?
(01-28-2010 05:13 PM)bujangsoleh Wrote:  
(01-28-2010 02:52 PM)admin Wrote:  Dilihat dari gambar pola plastron tampaknya RES di sebelah kanan adalah betina dan yang di sebelah kiri adalah jantan. Tapi menentukan gender berdasarkan pola plastron masih kurang efektif, cobalah perhatikan dari kuku depannya seperti pada artikel di atas.
kya nya sich dua2 nya betina mas admin soalnya kukunya pendek persis sma yang mas admin contohin
kalo di satuin brantem g yach?

klo menurut saya nih bro.... sesama RES n uk.hampir sama, kemungkinan berantemnya sangat kecil, hampir tidak..... malahan dianjurkan klo pelihara tuh minimal 2... selain biar kagak kesepian, juga nambah napsu makan klo ada temennya karena seakan-akan berebut makanan...
GBU SmileSmileSmile

01-28-2010, 08:55 PM
Quote this message in a reply
Tinton Nugraha Offline
Kura Mania
***

Post: #6
RE: Bagaimana Menentukan Jenis Kelamin?
RES ntu bisa kanibal g y???
Takut na ntar brantem bisa sampe kehilangan salah satu organ tubuh!Sad
ntar dipikir kena penyakit kusta dech!!!
Waktu ntu kura2 w pernah kena penyakit ntu!!
semua na 4 ekor mati!!!
Yang paling parah na sampe ad yang rahang bawah na bolong tapi masih hidup!!
Waktu ntu kagak taw ap2 w cara ngerawat na.Sad
Kalo kura2 maen2 ma kura2 laen tuch gimana sich sifat na???

01-28-2010, 09:50 PM
Quote this message in a reply
yoego Offline
Kura Mania
***

Post: #7
RE: Bagaimana Menentukan Jenis Kelamin?
(01-28-2010 09:50 PM)Tinton Nugraha Wrote:  RES ntu bisa kanibal g y???
Takut na ntar brantem bisa sampe kehilangan salah satu organ tubuh!Sad
ntar dipikir kena penyakit kusta dech!!!
Waktu ntu kura2 w pernah kena penyakit ntu!!
semua na 4 ekor mati!!!
Yang paling parah na sampe ad yang rahang bawah na bolong tapi masih hidup!!
Waktu ntu kagak taw ap2 w cara ngerawat na.Sad
Kalo kura2 maen2 ma kura2 laen tuch gimana sich sifat na???


setahu saya nih bro, Res itu gak kanibal.... mungkin klo kekurangan makan ato sebab lain, Res bisa gigit ekor temennya Confused, cuma itu tok , kagak lebih alias makan sesama temennya...
yg kanibal tu jenis Alligator snapping n Commong snapping, itupun makan sesamanya ato kura laen kurang jelas, tp yg pasti mereka galak (dianjurkan tidak mencampurkan kura ini dengan kura laen..)

wah kena kusta sampe rahang bolong??? Huh

ya moga dengan forum ini bisa nambah pengetahuan yah bro, kita sharing2 aj n bagi pengalaman, oke Big Grin

01-28-2010, 10:21 PM
Quote this message in a reply
T 1 TI Offline
Kurabie
*

Post: #8
RE: Bagaimana Menentukan Jenis Kelamin?
tlg tanya nih mengenai jenis kelaminnya

katanya penjualnya sih cowok (Click to View)
katanya penjualnya sih cewek (Click to View)

03-06-2010, 07:48 AM
Quote this message in a reply
Tinton Nugraha Offline
Kura Mania
***

Post: #9
RE: Bagaimana Menentukan Jenis Kelamin?
(03-06-2010 07:48 AM)T 1 TI Wrote:  tlg tanya nih mengenai jenis kelaminnya

katanya penjualnya sih cowok (Click to View)
katanya penjualnya sih cewek (Click to View)

Menurut w sich, kayak na ni smua betina....
Soalna di bagian kloaka agak sedikit gemuk...
Tapi saya pun kurang pandai melihat dari kloaka...

Tapi coba liat dari Plastron(tempurung bawah/dada) na.
Kalo Cekung artina Cowo.
Kalo Datar artina cewe.
Plastron Cow lebih cekung dikarenakan, akan memudahkan cow untuk menaiki betina dan bertahan di atas betina sewaktu melakukan hubungan.

Semoga membantu....
Pada Beberapa Spesies, jantan dan betina dapat dibedakan tortoise2. dari ukuran ekor, biasanya ekor pada kura-kura jantan lebih panjang, tapi Ukuran Betina lebih besar bila dibandingkan dengan jantannya. Kura-kura Jantan dapat dikenali juga dengan adanya lekukan pada plastronnya atau cangkang bagian bawah. lekukan ini akan pas dengan bagian belakang kura-kura betina, kura-kura betina memiliki plastron yang datar atau cembung. Untuk membuahi telur betina, kura-kura jantang menyembunyikan organ seksualnya di dalam kloaka atau saluran pembuangan. Saat membuahi betina posisi jantan itu sendiri berada diatas betina dan sering kali mencengkram cangkang atas atau karapas betina dengan dengan cakarnya, kemudian mengaitkan ekornya hingga lubang kloaka jantan bertemu dengan kloaka betina.

03-06-2010, 09:24 AM
Quote this message in a reply
admin Offline
Administrator
*******

Post: #10
RE: Bagaimana Menentukan Jenis Kelamin?
Kedua kura berusia sekitar 9-12 bulan, masih cukup sulit untuk menentukan jenis kelaminnya.. Kloaka baru akan berubah posisi sesuai jenis kelaminnya bila telah menginjak usia 3 tahun.. Seperti pendapat di atas, untuk sementara ini tampaknya memang keduanya betina.. Untuk lebih jelasnya mungkin bisa ditambahkan foto tampak atas (karapas) dan bawah (plastron) secara utuh..

03-06-2010, 02:22 PM
Quote this message in a reply
Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
Bug Jenis RES ? Veronicranio 6 1.044 07-04-2014 06:58 AM
Last Post: Hadama
  bagaimana cara mengenali kura" brazil masing"? suwandy 4 1.474 01-14-2013 01:38 PM
Last Post: Samoenk
Question Pemula : Tanya Jenis KElamin BocahJogja 18 3.381 07-14-2012 01:33 PM
Last Post: pug_doll


Return to TopReturn to Content