Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Bahaya dari Salah Pengobatan
#1
Rainbow 
Berikut ini adalah salah satu artikel yang sempat admin baca dari salah satu Forum Reptil di Indonesia. Meskipun jenis kura-kura yang ditampilkan adalah jenis kura darat, setidaknya thread ini bisa menjadi pelajaran mengenai apa yang akan terjadi pada binatang peliharaan kesayangan kita bila kita salah dalam merawat dan mengobati penyakitnya. Begitu pula bila kita tidak mengindahkan saran dan larangan yang sudah jelas kita ketahui bersama. Artikel admin kutip TANPA PERUBAHAN dari forum aslinya. Semoga ada hikmahnya.


hati2 obat mata utk torto

ini gara2 mata istar gw si "cendol" belekan...
memang kadang begitu sih selama 2 tahun lebih ini...dah bbrp kali gw obatin pake insto...
tp tadi sore, gw netesinnya kebanyakan...masuk ke mulutnyaa...langsung aja gw minumin air...gw cuci mulutnya....
tp td malem...jam 8 ini... Sad
akhirnya si cendol pergi jg ke sorga kagak bilang2 gw....
hikss...hikss.....
ini torto pertama gw..kenangannya banyaak... Sad
dulu gw tiap hari jalan2 ke kolam renang medit nyari daun semanggi ama bunga sepatu buat makanan dia sama njemur.....
hiks...hiks....
nyari lg jg kagak ada yg kek begini...2 tahun kagak bisa nambah gede2...bantet....
huuuaaa...huaaaaaaaaaaaaaa.......tidaaaaaakkkkkkk....
insto kurang ajaaaaaaaaaaarrr.......... Sad Sad Sad Sad Sad

nih potonyaa...
palanya masuk kedalem...
[Image: DPP_kk0444srtgrt.jpg]

gw mangapin...kasi napas buatan...masi ga terima keadaan
[Image: DPP_kk0445tshyheru.jpg]

perbandingan ama tutup lensa
[Image: DPP_kk0448drgsdf.jpg]

ni pada mengucapkan selamat berpisah....hiks...hikss....
[Image: DPP_kk0446sertygw.jpg]

ni dia si larutan dr nerakaa..
[Image: DPP_kk0447rtse.jpg]

dah ah....kesian bini gw...sedihnya lamaa... Sad

Saran Admin Wrote:Berhati-hatilah dalam menggunakan obat-obatan karena bila kita salah dalam menggunakannya, kita sendiri yang akan menyesal.
Reply
#2
Untgny. Pnyaku ak ksh insto g pa2. Padahal tiap pagi N sore selama 3 hari. Alhamdulillah, Tuhan masih sayang!
Reply
#3
Nah dari sanalah seharusnya kita belajar dari pengalaman. Pemberian obat mata manusia untuk kali pertama mungkin masih bisa ditolerir, tapi belum tentu untuk selanjutnya. Dan admin pun sudah sering mengingatkan, gunakanlah obat yang memang direkomendasikan (dalam kasus ini adalah obat tetes mata khusus reptil) khusus untuk reptil karena kandungan kimia, dosis, dan komposisinya memang diformulasikan untuk reptil mungil seperti kura-kura Brazil. Bila tidak yakin, bawalah ke dokter hewan. Smile
Reply
#4
Stelah saya googling saya menemukan hal yg pntg tetg INSTO bgi hewan....::

1. Cara pakai
gunakan 2-3 tetes pada mata. 3-4 kali shari

2. Kandungan
a. Benzalkonium chl, dgunakan sbgai bhan PENGAWET, dan antimikroba

b. Tetrahydrozolin HCL,
Obat tetes mata dengan zat aktif
Tetrahydrozolin HCl berkhasiat
menyembuhkan secara
simtomatis edema konjungtiva,
hyperemia sekunder yang
disebabkan alergi mata, iritasi
ringan dan konjungtivitis
katarak. Efek penyembuhan
termasuk iritasi TERBAKAR, iritasi
mata, rasa gatal, rasa sakit dan
mata berair yang berlebihan.
Dosis Tetrahydrozolin HCl paling
umum digunakan untuk sediaan
tetes mata adalah 0,05%

3. Peringatan: awas, obat keras! Hanxa untuk bagian luar badan!


Jadi, menurutku pmbrian pada crita diatas. Trlalu bnxk. Mgkn mengakibtkan lambung n mata bnyk mengandung bhan pengawet dan iritasi terbakar.
Reply
#5
wah sedihnya..

Sy sih selalu kosultasi dulu sblm pake obat2an manusia dan cuma berani buat bagian karapas aja. Kl dah bagian lunak kura mending mahal dikit ke dokter deh...bisa nangis 7hr 7 mlm kl smp kejadian kyk org itu
Reply
#6
Betul tu sis
ap lagi kura na I-Star.
Kura2 bintang 5 tu.

bagusan belajar dari pelihara Res dolo.Smile
Reply
#7
(03-30-2010, 08:21 PM)satria kukuh Wrote:  Stelah saya googling saya menemukan hal yg pntg tetg INSTO bgi hewan....::

Jadi, menurutku pmbrian pada crita diatas. Trlalu bnxk. Mgkn mengakibtkan lambung n mata bnyk mengandung bhan pengawet dan iritasi terbakar.

Nah itu dia masalahnya. Logikanya begini:
Perhatikan lingkaran biru pada kemasan insto, tahukah anda artinya? lingkaran biru menandakan bahwa produk adalah obat keras dan harus teliti dalam pemberiannya. Biasanya bila kita memakai obat mata, kita cukup meneteskan 1-2 tetes saja bukan? Sekarang bandingkan ukuran bola mata kita dengan kura-kura, menurut anda apakah dosis 1 tetes sudah mencukupi?

Jawabannya hanya 1, tentu saja berlebihan. Untuk manusia saja terasa perih, kering, dan rasa terbakar (iritasi) pada mata apalagi pada hewan bermata mungil seperti kura-kura, lebih menyakitkan bukan?

Sekarang bukti kedua adalah perhatikan pada komposisinya. Obat mata manusia mengandung bahan aktif Tetrahydrozoline HCL 0.05%, Benzalkonium Chloride 0.01%, dan Boric Acid 1.5% (asam borat). Sekarang bandingkan dengan komposisis kimia obat tetes mata khusus reptil berikut: Benzyl Ammonium Chloride, air (isotonic saline solution), solubilizing hydrotrope, vitamin A palmitate berbasis air, dan Cyanocobalmin (vitamin B12). Adakah kandungan kimia yang sama antar kedua obat mata tersebut?

Kesimpulan: Obat tetes mata (dan obat-obat lainnya) khusus untuk reptil/kura-kura sudah dirancang khusus berdasarkan penelitian untuk menyesuaikan dengan kondisi fisik reptil sehingga bahan-bahan yang digunakan dalam obat adalah safe (aman). Toh kenyataannya tidak pernah ada obat-obatan manusia yang bertuliskan "aman untuk hewan". Obat tetes mata khusus reptil memang mahal (200ribuan) tapi demi hewan kesayangan sepertinya harga segitu tidak terlampau mahal bila dibandingkan dengan kematian hewan peliharaan kesayangan kita.

Admin jadi ingat pengalaman di kampung halaman, pernah suatu ketika ada pertanyaan: "Lebih percaya mana anda, dosis obat yang tertera pada kemasan atau dosis dari omongan tetangga?"

Admin bukan bermaksud menggurui, di sini admin hanya berbagi informasi dan pengetahuan di samping pengalaman admin yang telah menewaskan seekor kura-kura Brazil secara tidak sengaja karena salah pengobatan beberapa waktu lalu. Semoga membantu. Cool
Reply
#8
bro admin : thanks bro admin... sangat bagus infonya..bisa bagi pengalaman bagi kita2... setidaknya hati2 dlam memberikan obat bagi peliharaan ...jangan sampe salah kasi obat...
ikut berduka ma istarnya...Confused ...sedih banget klo ngerasain yah....
Reply
#9
Btul.btul.btul. Admin pintar!

Tu emgny tetangga admin pny pngalman tetg hewan? Kok sampe nyindir gtu!

Trus kok bsa menewaskan 1ekor, gmana crtany?
Reply
#10
Sad 
Turut berduka Sad... Dikasi insto? Emang bisa, ya? Huh
Saya aja takut pakai obat buat manusia ke hewan...
Klo ga salah saya pernah baca di sini, ada obat khususnya, atau antibiotik bentuk salep...

Sorry bukan master... Kabur Kabur~
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
Information Pengobatan Pertama Luka pada Tempurung admin 2 3.254 09-05-2016, 04:24 PM
Last Post: ulfa44
Lightbulb Resiko Kesehatan dan Bahaya Salmonella admin 2 3.180 01-03-2010, 04:14 PM
Last Post: admin