Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Bolehkah Melepaskan Kura-kura Brazil ke alam?
#1
Lightbulb 
Seekor kura-kura Brazil peliharaan akan lebih rentan terhadap predator, kelaparan, dan penyakit di alam liar. Mereka tidak dikondisikan untuk lingkungan yang lebih keras dan bergantung pada manusia untuk mendapatkan makanan dan perawatan. Seekor kura-kura Brazil yang dilepas ke alam liar harus bersaing terhadap populasi penyu/kura-kura asli, yang mana hal ini dapat mengganggu ekosistem yang sudah ada dan mungkin menimbulkan penyakit baru. Mereka akan rentan terhadap predator ketika keluar dari air, manusia, bahkan lalu lintas kendaraan. Mereka mungkin tidak akan siap untuk kondisi cuaca yang keras atau terjadinya perubahan musim.

[Image: global_caution.gif]

Melepaskan kura-kura peliharaan adalah keputusan yang tidak manusiawi. Jika Anda tidak dapat lagi memelihara kura-kura Brazil anda, berikanlah kepada orang lain yang berminat memeliharanya. Apabila anda kesulitan menemukan pemelihara yang cocok untuk kura-kura anda, informasikan di forum ini dan kami akan membantu ada.
Reply
#2
Dulu sempet punya pikiran buat ngelepas kura2 gw alam liar yang notabene habitat aslinya, karena gw berpikir amat tidak menyenangkan kalo kita hidup terbelenggu oleh dinding, istilahnya seenak2nya dirawat lebih enak di habitat aslinya sendiri, tapi untungnya hal itu ga gw lakuin karena dulu sempet kura2 gw dititipin ke tetangga biar gw terbiasa dengan rencana gw. Tapi baru sehari gw langsung kangen ma kelakuan kelima kura2 gw.

Kalo bangun pagi gw biasa langsung disapa ma kelakuan lucu mereka (biasanya mereka kalo tidur itu saling tumpuk menumpuk) & pagi2 gw bangun pasti kebiasaan mereka adalah menyambut gw dengan nongolin kepalanya ngeliat ke arah gw dan itu bikin gw semangat even gw punya masalah yang berat sehari sebelomnya..

So i love my Baby... Tapi 2 dari mereka sekarang udah kembali ke tempat yang lebih baik, 2 kura2 gw udah wafat (Gapapa ya pake kata "wafat", hehehehe), n mereka gw kubur di taman depan rumah gw lengkap dengan kain kafan n batu nisan mereka... Sad


Dengan postingan di atas gw setuju, memang mengurung mereka dalam kandang mungkin akan membuat mereka seperti di penjara, tapi melepas mereka ke alam liar akan membuat mereka lebih menderita, karena habitat mereka saat ini adalah kandang yang kita berikan selama ini..

sayangi kura2 kita ya...
Reply
#3
mati knapa tuh...
Reply
#4
Saya sih ga akan ngelepas kame n kroten ataupun menyerahkan ke orang lain. Saat kame n kroten berpisah dr diriku adalah saat gw dipanggil Allah atau mereka yg dipanggil. Suayaaang bgt sih
Reply
#5
Y so pasti! Kalo ak pny kroten g bkal gwe ksh sapa2! Dah saking sayang! Kayak film HACHIKO nnt! Hiks :'(

keren buanget filmya! Bwt para pemelihara binatang [ peter ] harap nontn!
Reply
#6
Yang dua mati dalam usia yang masih belia, Sad

bener jangan dikasih even sama orang2 terdekat kita sendiri, karena pengawasan yang dilakukan orang lain belom tentu sama ma yang kita kasih...
Reply
#7
Setuju... Jangan melepas RES ke alam Indonesia...
Takutnya kalo rentan dia akan mati sia2 dan jika kuat akan jadi predator baru di Indonesia kasian ekosistem air nya.. nanti bisa2 kekayaan alam asli indonesia hilang dimakan RES.
Rolleyes
Reply
#8
gua jg pernah kepikiran mau lepas RES gua pas udh besar tp ga jd
Reply
#9
hayy
aku warga baru di sini
kenalin ini Pino Piyo
Dua kura kura yang coba eksis di dunia maya,
aku manggil mereka anak anak soalnya udah kaya anak sendiri yg 24 jam bareng.
setuju sama kalian semua kuzil (kura kur brazil) bikin kita gampang jatuh cinta sm mereka yah
Reply
#10
met bergabung pino pinyo Smile

Whuaaa sama donk...sy juga ngangep mereka kyk anak2 sy. Bahkan di blog mereka sy selalu nulis My mom setiap kali mereka nyeritain ttg sy (blogny ditulis seolah2 mereka sendiri yg ngetik Smile )
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
Photo Berbagi Info Merawat Kura Kura kongkalikong 3 3.079 04-07-2016, 10:31 AM
Last Post: priotas
Lightbulb Perbedaan Kura-kura Brazil Liar dan dari Penangkaran admin 17 5.741 11-14-2014, 06:35 AM
Last Post: Cleeon
Lightbulb Anatomi Kura-kura Brazil admin 5 2.849 11-13-2014, 09:09 PM
Last Post: Cleeon