Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Ciri2 Kura2 akan bertelur
#1
Ada 2 hal yang menyebabkan kura2 bertelur:

1. Sama halnya seperti mamalia yang sedang menstruasi, burung dan reptile juga mengalami hal yang sama…namun mereka mengeluarkan telur bukan darah seperti umumnya mamalia. Telur2 tersebut adalah telur2 infertile yang tidak akan pernah menetas karena tidak ada penjantannya. Terjadi kira2 pada usia 3-5tahun dimana kura2 sudah dianggap dewasa.

2. Yah tentunya karena kura2 betina sudah melakukan perkawinan dgn kura2 jantan.

Bagaimana kita tahu kalo kura2 betina milik kita akan bertelur? Perhatikanlah gelagatnya yang tiba2 akan berubah drastis

1. Kura2 jadi tidak nafsu makan. Sayur yang ada di akuariumnya akan didiamkan saja selama berhari2, disentuh pun tidak

2. Kura2 jadi hiperaktif. Dia akan naiik turun basking area sepanjang hari bahkan di malam hari yang biasanya digunakan untuk tidur dia tetap naik turun ga jelas.

3. Kalo dilepas di darat, kura2 akan menjelejah keseluruh bagian rumah tanpa henti2nya karena dia lagi nyari tempat yang strategis.

4. Ini yang paling penting!!! Dia akan mulai mengaruk2 ubin atau tumpukan kain dgn kaki belakangnya. Lihat video dibawah.

Untuk memastikan kalo dia benar2 akan bertelur, anda bisa memasukkan jari ke ruang di kaki belakangnya dan bisa merasakan grunjulan2 telurnya…TAPI HARUS EXTRA HATI-HATI karena kalo sampai telurnya pecah si kura2 bisa mengalami infeksi di dalam perutnya.

Apa yang harus dilakukan/disiapkan?

1. Kalo anda punya taman, biarkanlah dia berkeliaran di taman. Kura2 akan mencari tempat yang dia pikir aman untuk menggali dan menyimpan telurnya.

2. Kalau tidak punya taman, siapkanlah kotak bertelur yang isinya pasir dan tanah. Masukkan kura2 disana dan diamkan 3-5jam sehari…lakukan terus sampai dia udah bertelur.

3. Biasanya kura2 aktif ingin bertelur menjelang malam dan pagi hari. Ada sedikit tips kalo kita tak bisa mengawasi sepanjang waktu, tutuplah kura2 agar tidak lari atau digigit hewan2 sekitar taman.

Perlu diingat bahwa walaupun kita sudah menyiapkan tempat untuk bertelur, kadang kura2 ttp tidak bertelur karena satu dan lain hal. Hal ini akan menyebabkan terjadinya istilag egg-bind yang maksudnya adalah kura2 tidak mampu mengeluarkan telurnya dan dia terus menyimpannya dlm perutnya. Jika hal ini terjadi maka lama kelamaan telur2 tersebut akan membusuk dan menyebabkan infeksi bagian dalam. Satu2nya cara untuk menolong kura2 tersebut adalah dgn operasi. Di bawah saya berikan video dari youtube ttg operasi egg-bind. Serem banget, sy tidak bisa melihat sampai habis krn selalu terbayang kura2 sayalah yang ada disitu.

Jika tidak dioperasi, kura2 tersebut akan meninggal. Kalo anda tidak mampu mengeluarkan biaya operasi…saran saya cuma 1 … BERDOA!! Kame mengalami waktu bertelur yang lama, sampai 2 bulanan dan saya sudah cemas setengah mati dan akhirnya memasrahkan pada Allah SWT dan Alhamdulillah seminggu setelah saya bertahajud, Kame pun mengeluarkan telurnya.

Kadang2 ada kura2 yang tak bertelur di lubang yang digalinya, mereka memilih bertelur di dalam air atau di darat tanpa menggali. Itulah yang terjadi pada Kame, telur pertamanya keluar di darat tanpa lubang dan sisanya selalu di dalam air.

Semoga informasi ini dapat berguna Smile

Foto dan video bisa dilihat di http://bokunosekai.wordpress.com/2010/04/10/gravid-turtle/ (maaf ya terlalu malas untuk ngopi-paste link2 video n picturenya)
Reply
#2
Video yg egg bounding. Sangat menyiksa hati yg melihatny. Tpi keren, msh bsa hdup!
Reply
#3
serem banget yah sis videonya, kasian liatnya.....
si dokter keliatannya ahli banget yah, tp modelnya kok kasar gtu, yg punya aja mngkin ati2 megangnya, eh dia maen bolak balik aja....
makasih infonya sis.....
Reply
#4
Yah karena dah biasa jd sia kasar2 aja kali hehehe. Tapi kuranya juga ga sopan...masa main poop aja pdhl dah cape2 dioperasiin ;p

Sama2...semoga pada terbantu dah siap menghadapai kura yg mau bertelur
Reply
#5
aaaaaaaaa!!!
belum beres liat videonya juga udah g kuat,,baru yg plastromnya d buka

kalo yg bulet2 kecil tuh telor juga??


wakakakaka pup sehabis operasi ,,g bilang bilang lagi
Reply
#6
>.<

kejam >.<

mungkin tar kalo jd praktikum ama kura2 ya ky gitu deh >.<
Reply
#7
@Kuyamania iya itu telornya. Krn takut akan terjadi eggbind lg jadi semua telurnya/ovarinya diangkat...kura2 itu ga akan pernah bertelur lg.

@Chachichu Sepertinya begitu cha...kyknya buat bedah kura2 ya hrs digergaji dulu kyk itu >.< kuatkan hatimu nak!!!
Reply
#8
(04-17-2010, 05:58 AM)Novroz Wrote:  @Kuyamania iya itu telornya. Krn takut akan terjadi eggbind lg jadi semua telurnya/ovarinya diangkat...kura2 itu ga akan pernah bertelur lg.

@Chachichu Sepertinya begitu cha...kyknya buat bedah kura2 ya hrs digergaji dulu kyk itu >.< kuatkan hatimu nak!!!

hmmmmm
kayanya reptil cuma kadal doank
ga pake kura2

HOREEEE Big Grin
Reply
#9
Hore!!!!! hehehe mungkin mereka ga mau repot dgn gergaji-mengergaji Wink
Reply
#10
KABAR GEMBIRA......!!!

tadi waktu melihat di kandang kura2....saya lagi ngelihat betinanya sedang mengejan di lobang yg dibikinnya,,,lama lihatnya..kagak tega...trus kutinggal biar gak keganggu,,,sekitar 4 jam saya periksa lagi, eh udah ditutup n dia nongkrong di atas tanahnya itu....

Penasaran, pengen liat ada berapa telor yah...hehe... Big Grin
padahal tuh kura masih muda klo diliat dari ukurannya, seukuran krotennya sis novros..... mungkin telur pertama kali yah,,...

moga bener2 nelor n bisa netas, amin....Smile
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
  PLEASE, KURA2 SAYA BENTUK & SIKAPNYA ANEH izzy1985 2 414 01-22-2015, 03:55 PM
Last Post: mulia44
  ask pemijahan kura2 brazil torajiro 3 931 09-26-2014, 12:43 PM
Last Post: adzana
  kura2 gak mau makan okaw 7 2.318 01-09-2013, 06:44 PM
Last Post: pigletpiglet