Thread Rating:
  • 3 Vote(s) - 3.67 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Diet yang Tepat untuk Kura-kura Brazil
#1
Lightbulb 
Kualitas makanan yang Anda berikan kepada kura-kura Brazil penting untuk pertumbuhan dan kesehatannya. Unsur terpenting yang dibutuhkan kura-kura Brazil adalah zat kalsium, terutama untuk bayi kura-kura dan betina yang sedang bertelur. Pola makan yang buruk dapat mengganggu penyerapan kalsium atau menyebabkan hilangnya kalsium dari tulang dan cangkang kura-kura. Fosfor juga merupakan zat yang sangat penting untuk proses metabolisme tubuhnya. Jika kebutuhan kalsium tidak terpenuhi, maka kalsium diambil dari tulang dan cangkang mereka - hal ini menyebabkan penyakit metabolisme tulang (Metabolic Bone Disease/MBD) dan pelunakan karapas. Berhati-hatilah! Beberapa jenis tanaman tertentu, misalnya Rhubarb, menghalangi proses penyerapan kalsium dalam tubuh.

Sama seperti beberapa tanaman tertentu yang menghalangi penyerapan kalsium, ada juga yang menghalangi penyerapan yodium. Sayuran dan tanaman lainnya dari spesies Brassica (juga disebut Cruciferae) dapat menghambat penyerapan yodium sehingga menyebabkan penyakit gondok. Makanan yang kaya akan yodium seperti rumput laut dipercaya dapat memenuhi kebutuhan kura-kura Brazil akan yodium.

Reptil dan kura-kura juga dapat terkena asam urat - sejenis radang sendi yang disebabkan oleh penyumpukan kristal asam urat di persendian. Yang paling mungkin penyebab gout adalah penggunaan diet purin tinggi. Pemecahan purin menghasilkan asam urat yang biasanya disaring keluar dari tubuh. Umumnya kerang dan makanan lain seperti jamur dan ikan laut juga mengandung purin dalam jumlah besar sehinggga sebisa mungkin dikurangi porsinya dalam makanan kura-kura Brazil anda.

Jumlah protein yang berlebihan adalah masalah yang realistis untuk kura-kura. Banyak pemelihara kura-kura Brazil hanya menggunakan pelet ikan untuk makanan kura-kura Brazil. Pelet bukanlah makanan yang lengkap nutrisi dan tidak boleh digunakan berlebihan. Jumlah protein yang berlebihan menyebabkan pertumbuhan cepat yang tidak sehat dan memberikan beban berlebih pada organ dalam, terutama ginjal.

Jenis makanan lain yang harus dihindari untuk diberikan ke kura-kura Brazil adalah kerang laut, kerang mungkin mengandung bakteri yang dapat menyebabkan kebusukan pada cangkang kura-kura Brazil. Ikan, terutama ikan mas, mungkin mengandung thiaminase, sebuah enzim yang dapat menghancurkan Vitamin B1 (thiamin). Makanan hidup juga lebih mudah membawa penyakit atau parasit.

Quote:Pemberian makan berlebih dapat mengakibatkan obesitas, pertumbuhan yang terlalu cepat, pyramiding, kematangan seksual terlalu dini, serta kegagalan fungsi hati dan ginjal.

[Image: img1488e.jpg]

Selain masalah di atas, kesalahan yang sangat umum dalam pemeliharaan kura-kura adalah pemberian makanan berlebih (overfeeding). Hal ini dapat mempersingkat harapan hidup, menyebabkan kerusakan organ dalam, dan mungkin memerlukan perawatan medis lanjutan. Jika Anda memberi makan terlalu banyak pada kura-kura Brazil, buatlah variasi makanan yang mengacu pada frekuensi dan kuantitas makanan. Biasakan untuk selalu mencatat panjang dan berat badan kura-kura Anda selama periode waktu tertentu, misalnya setiap 3 bulan sekali.

Masalah lain terkait masalah diet, adalah kurangnya kalsium yang dapat menyebabkan penyakit pada tulang dan masalah-masalah tempurung seperti pelunakan karapas. Selain kebutuhan kura-kura akan kalsium, Vitamin D3 juga diperlukan. Vitamin ini dapat membantu penyerapan kalsium dan seekor kura-kura Brazil dapat menghasilkan sendiri Vitamin D3 dari UVB (diperoleh dari bola lampu khusus seperti lamput spot atau sinar matahari langsung). Vitamin D3 tambahan dapat ditawarkan sebagai suplemen makanan, namun sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter hewan sebelum memberikannya pada kura-kura anda.

Secara keseluruhan, Anda perlu menyesuaikan diet kura-kura anda untuk memastikan keseimbangan nutrisi dalam tubuh mereka. Setiap masalah harus ditangani dengan cepat dan diselesaikan dengan baik. Diet sehat diperlukan untuk kura-kura Brazil Anda agar berkembang dan menghindari potensi masalah.
Reply
#2
kura ku pyramiding . kayaknya karena kebanyakan makan fish food gitu n kalo dikasi makan yang lain suka gga dimakan ..

huaaa , musti diapain tuh TT.TT
padahal umurnya udah 1 taon 5 bulan tapi aku masi gga gitu ngerti cara ngerawatnya .

sorry my little honey Sad
Reply
#3
gyahaha Kame lebih gendut dr itu...jd sedih, tp susah turunnya pdhl dah cuma makan sayur aja
Reply
#4
Klo gitu sebaiknya brp porsi yg harus dikasih?Trz brp kali sehari..Aq punya masih baby bgt...

Tq
Reply
#5
Cukup ksh makan sehari sekali aja!! kl masih bayi cuma dikasih pelet...kl dah gedean hrs lbh banyak sayur
Reply
#6
Ooo gitu..Ok dehh. Makasih.
Smile
Reply
#7
ternyata kura2 nubie makan pelet berlebih om.. karena nubie selalu menaruh pelet lebih dari 15 butir untuk 2 ekor kura.
dan nubie blm pernah kasih variasi makanan om.. setiap hari cuma pelet, kemarin sempet ada kasih jangkrik & ulat hongkong.
besok si kuya harus diet nih, hehehee..


salam...... Smile Smile
Reply
#8
kak, mw nanya dong,,,
masalah ciri" kura yg obesitas,,
bs lbh spesifikasi ga ciri"nya?
aku kurang bs bedain,,
maaf yha kak,, hehehe,,
Reply
#9
Obesitas, dapat diketahui dri lekukan kulitnya saat kepalanya disembunyikan, kemudian pada paha kaki belakangny terlihat besar. Trus biasanya obesitas, berpengaruh pada pyramiding / tempurung yg tdk rata
Reply
#10
Hehe mau tau kura2 obesitas? gampang! liat aja foto kame di http://kamekroten.wordpress.com Wink ada yg dia lagi tidur dgn lemak meleber kemana2 ;p
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
  Makanan yang cocok? prasetyangga 2 979 09-14-2016, 04:01 PM
Last Post: coco00
Heart kura kura ga mau makan apa yang di kasih? Nazhmi FFR 3 513 06-21-2016, 02:20 PM
Last Post: jojon00
  apa yang harus dimakan kura kura? Nazhmi FFR 1 330 06-21-2016, 02:16 PM
Last Post: jojon00