Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 4 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Gimana ya cara mengetahui umur kura-kura
#1
Smile 

Aku baru punya Kura2 tapi udah lumayan gede, aku pngen tau nih tu kura2 udah umur brapa ya....
Reply
#2
Nyimak... Big Grin
Hehehehe, barusan googling juga. Nemu info bagus neh:
MENENTUKAN UMUR KURA-KURA
1. Perhatikan sisik punggung (karapaks?? CMIIW), bila memungkinkan hitung sisik tersebut. Makin banyak sisik dan makin jelas garis yang tampak maka semakin tua kura kura itu.
2. Perhatikan cangkang atau punggungnya. Cangkang dengan sedikit goresan atau luka menandakan kura kura yang relatif masih muda. Sebaliknya bila banyak goresan artinya kura kura itu sudah berumur.
3. Warna cangkang. Kura kura yang berumur memiliki warna cangkang yang lebih tua daripada yang muda.
Ada yang bisa nambahin? bener gak sih kayak di atas tadi?
Reply
#3
kalo cara mengkawinkan kura-kura brazil gmna bro?
Reply
#4
(04-27-2011, 01:00 PM)PapaJustin Wrote:  Nyimak... Big Grin
Hehehehe, barusan googling juga. Nemu info bagus neh:
MENENTUKAN UMUR KURA-KURA
1. Perhatikan sisik punggung (karapaks?? CMIIW), bila memungkinkan hitung sisik tersebut. Makin banyak sisik dan makin jelas garis yang tampak maka semakin tua kura kura itu.
2. Perhatikan cangkang atau punggungnya. Cangkang dengan sedikit goresan atau luka menandakan kura kura yang relatif masih muda. Sebaliknya bila banyak goresan artinya kura kura itu sudah berumur.
3. Warna cangkang. Kura kura yang berumur memiliki warna cangkang yang lebih tua daripada yang muda.
Ada yang bisa nambahin? bener gak sih kayak di atas tadi?

Untuk tahu umurnya kira2 berapa tahun, ada patokannya gak. Soalnya saya beli 2 RES setaun lalu. Dulu sih ukurannya nyaris sama, tapi sekarang kok lumayan jauh ukurannya. Rocky, diameter cangkangnya depan-belakang sekitar 7cm. Sementara Vicky cuma 5cm.
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
Photo Berbagi Info Merawat Kura Kura kongkalikong 3 3.073 04-07-2016, 10:31 AM
Last Post: priotas
Lightbulb Perbedaan Kura-kura Brazil Liar dan dari Penangkaran admin 17 5.739 11-14-2014, 06:35 AM
Last Post: Cleeon
Lightbulb Anatomi Kura-kura Brazil admin 5 2.849 11-13-2014, 09:09 PM
Last Post: Cleeon