Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
halooo....
#1
halooowww..... Q dina..... Smile sng bgd bisa bergabung di komunitas ini....
Turtlelover
Q mau tnya nih, Q pnya kura brazil yang umurnya belum ada 1tahun.... belakangan ini dia gk mau makan, trus mulut perut n kukunya memerah gtu.... kira2 dia kenapa eah???
Q bingung... Huh sebelumnya Q pnya 2 kura-kura yang pnya gejala sama n akhirnya mati.... Q gk pngen kura-kuraQ yang ini mati lg.... Sad
beberapa orang uda Q tnyain, saran mereka d.suru jemur tuh kura... mslhnya skrg musim ujan, pagi2 lbh sering mendung, selain itu Q juga ngampus....
tlg bantuannya ya.... Q hrus gmn???? dia sakit apa n obat apa yng hrus Q kasi ke dia????? mksh.....
Reply
#2
bisa dijelaskan cara pliharanya?
habitat, pola makan dan menu, apakah ada perubahan perlakuan ke kura sebelum sakit.

apakah ada gejala2 lain, spt mulut mangap2, batuk, bersin, muntah, mata menutup, luka, bengkak atau yg lain?
lebih baik jika bisa ditampilkan fotonya.

kura mmg butuh rutin dijemur krn termasuk hewan berdarah dingin dan untuk proses metabolismenya.
krg berjemur rentan infeksi pernapasan, air kotor juga efeknya buruk ke kesehatan spt infeks
Reply
#3
Coba buka ini dulu aja siapa tau bisa ngebantu: http://www.kurabrazil.com/Thread-penyakit-pada-tempurung
Reply
#4
saya coba menjawab pertanyaan kak dina Big Grin
kura nya kl malam ada di kasih lampu gk?
kl bisa saat di kasih makan, jgn beri makanannya ke dalam aquarium
taruh kura nya di satu wadah, trus kasih makan deh di sana
jadi kan airnya lbh tidak terkontanminasi
tar kl kura nya uda eek
di ganti airnya
gw jg baru" belajar tips" memelihara kura
untung ada forum ini
hehehehe
jadi lbh banyak tau dan tau banyak
Big Grin
Salam kenal dina Smile
Reply
#5
(01-11-2012, 08:43 PM)pug_doll Wrote:  bisa dijelaskan cara pliharanya?
habitat, pola makan dan menu, apakah ada perubahan perlakuan ke kura sebelum sakit.

apakah ada gejala2 lain, spt mulut mangap2, batuk, bersin, muntah, mata menutup, luka, bengkak atau yg lain?
lebih baik jika bisa ditampilkan fotonya.

kura mmg butuh rutin dijemur krn termasuk hewan berdarah dingin dan untuk proses metabolismenya.
krg berjemur rentan infeksi pernapasan, air kotor juga efeknya buruk ke kesehatan spt infeks


sblmnya kura-kuraQ neh Q taruh akuarium tp krn akuariumx bocor jd Q truh d.baskom gde, ada batux jg bwd dya naik2........
airnya jg gk bnyk n krn gk bisa njemur dya, baskomnya Q truh d.dekat lampu neon....
kalopun bisa Q jemur cm siang hr aj d.atas jm 12, tp cm sbntr 5menit ajah gt....
truz makananya Q kasih palet, kdg kuning telur, tp blakangan gk mw maem pale n kuning telur ntu....
2hr kmrn bru Q kasi ikan kecil2, dya mau mkan ikan2 ntu.....
tp gk ada gjala mutu mangap, batuk, ato bersin gmn, cm kdg dya ngluarin suara gmnaaa gtoooo.....
kalo luka ada sdkt d.perutnya, daerah dekat kaki..... tp luka itu bru2 ne aja stlh bdan dy memerah.....
soal airnya, krn belakangan air sering mati, n keruh, mungkin air yg Q kasi dya, jd krg bgus ea.....
maksih ea kak......
(01-15-2012, 04:53 PM)Chandra Wrote:  saya coba menjawab pertanyaan kak dina Big Grin
kura nya kl malam ada di kasih lampu gk?
kl bisa saat di kasih makan, jgn beri makanannya ke dalam aquarium
taruh kura nya di satu wadah, trus kasih makan deh di sana
jadi kan airnya lbh tidak terkontanminasi
tar kl kura nya uda eek
di ganti airnya
gw jg baru" belajar tips" memelihara kura
untung ada forum ini
hehehehe
jadi lbh banyak tau dan tau banyak
Big Grin
Salam kenal dina Smile


baskom kuraQ sering Q taruh didekat lampu neon, cz gk bisa njemur, pagi2 sring mendung....
bisa njemur pun siang diatas jam 12 siang gtu... tp cuma 5 menit.....
kalau makannya palet, ikan atau jangkrik kn butuh d.taruh air???????
tp stlh dy mkan, airnya lgsg Q ganti kok.....

slam knal jg....
mkch ea kak.....
Reply
#6
iya mmg butuh air jg kl pas dia makan
w lupa tulis
hahahaha
sorry"
lampunya pake lampu spot aja
sorotin ke kandang si kura
soalnya w jg buat gitu
Hehehe

sorry berantakan relpy nya
hahaha
newbie
Reply
#7
lampu biasa (neon, bohlam dll) cuma untuk menghangatkan saja (hanya memancarkan panas).
untuk penngganti jemur sinar matahari harus menggunakan lampu khusus reptil yg memancarkan spektrum uv-a dan uv-b.

air kotor sangat rentan membuat kura menjadi sakit.
lebih baik variasikan pakan untuk kuranya, selain tidak bosan dan untuk melengkapi nutrisi.
kuning telur menurut sy terlalu tinggi proteinnya
Reply
#8
(01-15-2012, 09:55 PM)pug_doll Wrote:  lampu biasa (neon, bohlam dll) cuma untuk menghangatkan saja (hanya memancarkan panas).
untuk penngganti jemur sinar matahari harus menggunakan lampu khusus reptil yg memancarkan spektrum uv-a dan uv-b.

air kotor sangat rentan membuat kura menjadi sakit.
lebih baik variasikan pakan untuk kuranya, selain tidak bosan dan untuk melengkapi nutrisi.
kuning telur menurut sy terlalu tinggi proteinnya


emangnya harus seberapa proteinnya? and dari makanan apa aj? Q slama ini kasi ikan kecil n jangkrik.
kuraQ gk mau Q kasi syur ato buah. Q jg uda jarang kasi palet ama kuning telur. terus waktu pemberian makan ke kura tuh harusnya gmn sih?
cz Q ngasi kuraQ jangkrik ato ikan ntu 3-4 hari sekali.... mkanan kura tuh ap aj seh sbnrnya????

lampu khusus tuh harganya berapa ya.....?????
(01-15-2012, 06:17 PM)Chandra Wrote:  iya mmg butuh air jg kl pas dia makan
w lupa tulis
hahahaha
sorry"
lampunya pake lampu spot aja
sorotin ke kandang si kura
soalnya w jg buat gitu
Hehehe

sorry berantakan relpy nya
hahaha
newbie


ok kak..... mksih bnyk ya buat saranny Smile
Reply
#9
iya, sama" belajar kok kita semua di sini Big Grin

w juga dpt banyak pengetahuan dari forum ini

hehehe
Reply
#10
@Maydina protein ga ada takaran pastinya,tp jgn terlalu banyak.
protein yg tinggi ada di telur dan pelet.
sudah bagus dikurangi, tp pelet untuk selingan jg bagus.
kura kl msh baby makan sehari 2-3x, medium sehari 1-2x, dewasa 1x tiap 2 hari.
jangkrik yg akan diberikan di gutload dahulu (digemukin), bisa dengan sayur yg bergizi (spt wortel dll).

@Chandra lampu spot hanya memancarkan panas.
jika sebagai pengganti matahari, hrs pakai lampu khusus reptil yg memancarkan spektrum uv
Reply