Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 1 Votes - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Jenis-jenis Filter dan Perlengkapannya
Penulis Pesan
admin Offline
Administrator
*******

Post: #1
Lightbulb Jenis-jenis Filter dan Perlengkapannya
Kura-kura Brazil Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu di dalam air jadi upayakan air selalu bersih. Kura-kura Brazil akan makan, tidur, dan membuang kotorannya dalam air sehingga air perlu dibersihkan dan diperhatikan. Air yang kotor adalah sumber utama penyakit dan infeksi untuk kura-kura Brazil.

Air ledeng atau sumur biasanya baik untuk digunakan kura-kura Brazil. Air ledeng harus diperhatikan tingkat kandungan klorin dan pH-nya. Air ledeng biasanya memiliki pH 8,0 yang cukup bersifat basa. Buka keran air selama satu menit sebelum digunakan.

Quote:
  • Jangan gunakan air PAM untuk mengisi aquarium anda! Air PAM mengandung banyak mineral yang berbahaya bagi kura-kura anda seperti kaporit dan klorin dalam jumlah besar. Bila terpaksa, gunakan air PAm yang telah diendapkan semalaman dalam bak mandi untuk mengisi air aquarium/kolam.
  • Jangan pernah memasukkan "Abate" (obat pembasmi jentik-jentik nyamuk) karena dapat menyebebkan komplikasi serius di usus kura-kura anda.

Pada aquarium ada beberapa tipe media penyaringan yang bisa digunakan, yaitu:

[Image: img_prd_foam2.jpg]
  1. Mekanis, Filtrasi mekanis adalah filter utama dari seluruh rangkaian filter. Media ini sangat penting untuk membantu menyaring puing-puing atau kotoran kasat mata dalam air. Busa/spons adalah alat media yang paling tepat untuk keperluan ini dan harus secara berkala dibersihkan atau diganti. Biasanya busa/spons dapat menghambat aliran air sehingga anda perlu berhati-hati apabila menggunakan 2 pompa air dalam aquarium/kolam.

    [Image: img_prd_bioballs.jpg]
  2. Biologis, filtrasi biologis merupakan kebutuhan penting media penyaringan. Tujuan utamanya adalah untuk menguraikan amonia yang bersifat racun. Media penyaring biologis seperti bio-balls (lihat gambar di atas) dirancang khusus untuk mendorong pertumbuhan koloni bakteri yang menguntungkan. Media ini juga memungkinkan lebih banyak oksigen dan nutrisi dalam air. Bakteri yang muncul membantu memecah amonia melalui proses nitrifikasi (siklus nitrogen). Limbah dan sisa-sisa makanan diuraikan menjadi nitrit yang kemudian dipecah oleh bakteri jenis lain untuk membentuk nitrat.

    [Image: img_prd_carbon2.jpg]
  3. Kimiawi, penyaringan secara kimia dapat dipilih untuk menghilangkan polutan tertentu dalam air. Karbon aktif umumnya digunakan untuk menghilangkan organik beracun dan berbahaya yang mungkin ada di dalam air. Filtrasi kimiawi mengikat bahan-bahan beracun yang berbahaya. Ada juga media kimiawi lainnya yang digunakan untuk mencegah pertumbuhan ganggang, menyerap amonia, menghilangkan bau, atau menyesuaikan pH. Penyaringan kimia biasanya tidak perlu diberikan apabila kura-kura Brazil anda sehat dan kualitas air sudah cukup baik.


Media penyaringan membutuhkan filter pompa air untuk mensuplai air kotor. Ada berbagai macam filter yang bisa anda gunakan. Kebutuhan filter bergantung pada ukuran dan jumlah kura-kura Brazil anda, ukuran aquarium/kolam, lokasi, dan jenis media penyaringannya. Filter perlu dibersihkan secara teratur untuk efisiensi maksimum, mencegah munculnya lumut, dan memastikan tidak ada penyumbatan pada motor penggerak. Berikut adalah jenis-jenis filter untuk aquarium/kolam anda:

[Image: img_prd_fluvalplus.jpg]
  1. Filter internal, adalah filter yang paling umum digunakan serta menawarkan filtrasi mekanis yang cukup untuk aquarium kecil dan mudah dibersihkan. Ada 2 jenis filter internal yakni filter yang sepenuhnya tenggelam dalam air dan filter yang setengah terendam. Meskipun harganya murah dan mudah didapatkan, filter internal akan mengambil cukup ruang dalam aquarium anda.

    [Image: img_prd_aquaclear2.jpg]
  2. Hang On Tank (HOT) atau Power Filters, memiliki filtrasi mekanik yang sangat baik, mudah dibersihkan dan mudah digunakan. Filter ini menggantung di sisi aquarium dan mungkin menghalangi penutup aquarium. Power filter output tidak memiliki tabung dan nozel tetapi bergantung pada air yang mengalir keluar layaknya air terjun, hal ini tidak menghasilkan sirkulasi air yang optimal dalam aquarium. Karena permukaan air dalam aquarium tidak terlalu tinggi, filter ini menghasilkan lebih banyak percikan air dan kebisingan.

    [Image: img_prd_xp3.jpg]
  3. Filter Kanister/tabung, adalah pilihan paling tepat untuk aquarium kura-kura Brazil anda. Meskipun lebih mahal daripada jenis filter lain, filter tabung menyediakan filtrasi mekanis dan biologis yang sangat baik. Tabung filter yang lebih besar memiliki 3 atau 4 kompartemen berbeda untuk menyimpan berbagai jenis media. Beberapa tabung memiliki pilihan output yang berbeda seperti nozel dan bar penyemprotanyang bisa diubah. Filter biasanya juga memiliki tabung fleksibel yang dapat melekat ke aquarium di lokasi sulit.

    [Image: Hagen-Laguna-PT1500-Pond-Filter.jpg]
  4. Filter kolam, ada berbagai desain filter kolam di pasaran. Untuk penggunaan dalam ruangan, Anda harus mempertimbangkan filter eksternal. Filter ini mirip dengan filter tabung dan menawarkan multi-tahap penyaringan tetapi memerlukan pompa terpisah.

    [Image: image002.jpg]
  5. Filter basah/kering, filter ini tersedia dalam berbagai desain dan prinsip dasarnya adalah proses nitrifikasi maksimum dengan bio-media berputar antara air dan udara. Dengan menginjeksikan lebih banyak oksigen ke media biologis, filter memiliki kemampuan untuk menguraikan amonia dan nitrit lebih cepat. Namun filter ini tidak menuajikan efisiensi yang baik dan mungkin tidak sebanding dengan sebuah filter tabung, selain itu anda juga harus membersihkan filter ini lebih sering.

    [Image: undergroundfilter1.jpg]
  6. Undergravel filter/filter bawah pasir, filter ini merupakan jenis filter untuk filtrasi biologis namun tidak cocok untuk kura-kura Brazil karena mereka cukup bergantung pada pasir. Filter jenis ini tidak menyediakan filtrasi mekanis yang memadai dan kura-kura mungkin akan menggali dan mengganggu koloni bakteri yang tumbuh di bawah pasir.

01-08-2010, 01:13 PM
Quote this message in a reply
Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
Lightbulb Jenis-jenis Aquarium dan Perlengkapannya admin 68 19.409 02-12-2014 01:10 PM
Last Post: aliem
  jenis lampu jemur suwandy 3 1.798 02-03-2013 09:00 PM
Last Post: bambang22


Return to TopReturn to Content