Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Kaki Kura-kura brazil luka, sudah benar belum ya perawatannya?
#1
Sad 
Hai, aku masih newbie nih dalam hal memelihara kura-kura Brazil sebenarnya aku dulu udah pernah piara, tapi karena aku cuma terima beres aja (ada yang ngurus binatang di rumah) jadi ngga tau prosesnya gimana. dulu pelihara dari kecil sampai besar diameter sekitar 18-20cm. cuma karena sekarang yang ngurus udah mudik dan ngga balik jadinya sekarang harus ngurus sendiri.

Beberapa hari yang lalu aku dapet kado sepasang kura-kura brazil dari om ku. lalu aku belikan akuarium kaca dengan design di dalamnya ada jembatan, sehingga bisa untuk berjemur. lalu aku isi dengan air sekitar 5cm. karena terasa sepi, jadi aku kasih teman untuk si kura-kura 5 ekor ikan kecil warna-warni.

[img][Image: C360_2013-11-03-11-37-08-065_zpsac967b22.jpg][/img]

nah awalnya, aku kasih batu krikil warna warni biar lebih hidup kesannya. dan setelah aku baca thread disini ternyata ngga boleh pake itu. pantes aja beberapa hari setelah di pindah ke akuarium kaca, si kura-kura jadi lemes dan banyak ganti kulit, banyak selaput lendir yang rontok. kemudian si betina (Peni) kakinya jadi bengkak dan luka.

[Image: C360_2013-11-08-14-16-53-847_zps39cf48db.jpg]

Kalau yang cowok masih sedikit aktif, tapi terkadang juga lemes. di kasih kangkung ngga mau makan, pelet juga ngga mau makan karena aku selalu ngelit ngga habis. yang ngabisin malah si ikan. oh iya, aku kasih pakan merknya HOKKY dari Japfa, aku beli ini di carrefour.

[img][Image: C360_2013-11-08-15-12-26-130_zps95e6e213.jpg][/img]

Sekarang di Jogja lagi sering musim hujan, jadi aku taro di dalam dengan lampu. oh iya, aku juga selalu ganti airnya dengan air matang hangat, karena udaranya cukup dingin karena sering hujan.

[Image: C360_2013-11-08-15-13-48-232_zps49a16dc1.jpg]

yang mau aku tanyain:

1. Apakah si kura-kura sakit karena dari batu krikil?
2. Apakah ada yang salah dengan pakan? karena si kura-kura ngga mau makan.
3. Kenapa kaki kura-kura bisa luka sampai berdarah seperti itu hingga kukunya mau copot? aku udah kasih betadine, sudah benar belum ya?
4. Untuk lampu, aku gunakan lampu philips 8 watt, sudah benar belum ya?
5. Amankah baby kura-kura di gabung dengan ikan kecil dalam satu akuarium?

Mohon bantuannya yaa.. semoga kawan semua bisa bantu. thank you Smile
Reply
#2
jawaban
1. kemungkinan besar bisa saja
2. mungkin karena sakit jadi kura kura gak mau makan
3. ya itu udah benar karena pertolongan pertama klo bisa dikasih betadine terus biar sembuh
4. saya sarankan pakai lampu reptil aja tpi klo punya lampu itu ya dipakai aja
5. aman kok klo ikan kecilnya gk agresif
Reply
#3
kadang kura-kuraku juga agak rewel makan nya..

kalau udah gitu solusinya kasih yang amis-amis.. biasanya tak kasih daging ikan atau ati ikan.. langsung Lahap makannya...

cobe aja.. mudah-mudahan segera baikan....

Oiya satu lagi.. dari pengalaman saya.. kura-kura itu bisa tahan tidak makan sampe sekitar 3 hari.. jadi gak usah terlalu kuatir selama masih mau makan dua atau tiga hari sekali....

kalau sudah dapet yang amis-amis.. sehari bisa makan tiga kali...
Reply
#4
terimakasiih pencerahannya hehehe.. aku udah kasihin udang sama cacing beku, lahap banget Big Grin keliatan ya ngga makan 3 hr hihihihi Tongue tapi si Peni yang luka itu akhirnya mati Sad trus aku beliin lagi deh sepasang.. sekalian tadi beli obat jamurnya, filter, sama cacing bekunya.. tapi kayaknya besok balik lagi ke tukang jualannya deh.. soalnya nih filter kok berisik banget, apa aku masangnya salah ya? :S tapi gpp deh yg penting kura kuraku sehaaat Big Grin
Reply
#5
jika sebelumnya rutin makan dan tiba2 mogok, hrs dicari tahu sebabnya.
bisa krn bosan atau ada sesuatu.
ada artikel yg menulis mogok makan krn hibernasi, itu tidak berlaku di sini.
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
Sad inilah akhir dari saya memelihara kura kura. :( Nazhmi FFR 1 244 10-05-2016, 04:06 PM
Last Post: coco00
  Kura kura jatuh yohanestheda 3 1.093 03-22-2016, 02:18 PM
Last Post: mulia44
Information Kura kura tidak mau makan dan bergerak dan aneh. Help!! Kuk 2 679 03-18-2016, 10:36 AM
Last Post: belajar44