Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 3 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Kura brazil sakit terus, help !!
#1
Halo, saya masih baru di forum ini. Mau minta nasehat nya nih.
Saya udah miara lebih dari 3 baby RES. tapi akhir akhirnya selalu aja mereka kena RI (respiratory infection). Padahal pas beli keliatan sehat dan active. Dan anehnya selalu kenanya pas minggu ke 3 dari dibeli.

Settingan aquarium saya adalah :
40 liter aquarium (diisi 1/2nya)
Aer sumur
Corner filter yang ada bio balls
Heater di set 28 celcius
Heating lamp di basking area
basking platform
dijemur tiap hari dari jam 9 sampe jam 10
ganti aer total seminggu 3 kali.

Setau saya, kura2 tuh kena RI /pilek gara2 kedinginan kan? tapi kayanya ini dah anget tetep aja kena pilek. Saya udah berkunjung ke forum2 kaya austinsturtlepage. Dan mereka bilang kalo RES yg diimpor ke asia banyak yg mati tuh udah ga aneh. SOalnya mereka menempuh perjalanan yg jauh (dari amrik ke Indo) dalem kondisi yang kurang bagus ditambah stress. Jadi menurut mereka, emang RES yg mati tuh kemungkinan besar emang dah dari tokonya udah sakit.
Apa bener kaya gini? Terus terang saya cukup stress, soalnya kayanya sya udah melakukan sesuai anjuran para profesional tapi tetep aja RES ku sakit dan mati. dan sakitnya selalu kena RI mulu.

Coba minta tolong tips and tricknya biar baby RES ku bisa selamat sampe gede hehehe. Dan kayanya buat saya yang berlokasi di bandung, maslahnya selalu ga ada dokter! jadinya sedih banget kalo liat dia sakit dan sayanya cuma nunggu tanpa bisa berbuat apa2.
Thanks ya buat infonya
Reply
#2
Menurtku, kalau ktinggian air jgn trlalu tnggi. Kira2 5cm ato sesuai karapasnya (tggi an sdkt). Trus airny walaupn air sumur lbh baek diendapkan, kta g taw zat2 logam yg da di aer.

Dari pada biobal mending pake kapas filter aja!

Mgkn kalo dah ada basking area yg + lmpu UV ny mending g sah djmur dibwh matahari. Coz trkdng baby res kalo sering diangkt dpt stres.

Kalo pndapt ttg res sring mati di asia (gara2 impor), bisa saja. Tapi / mgkn di Indo sndri dah ada prternakn sndiri, jadi tdk smua toko2 resny tdk hwn impor, jdi kmungknan sakit kcl! Kcuali pemeliharaan di toko / prternkn yg kurang, salah.

Maaf kalo kurang sesuai
Reply
#3
heating lampnya bukan uv bro satrio. Cuma lampu bohlam biasa. Itu bisa kan dipakai? Soal logam berbahaya itu juga udah kepikir sama saya, makanya airnya dikasih aquasafe yg warna biru itu. Kan dibilangnya "remove chlorine and harmful metal". Boleh tanya gak bro, kalo pake filter kapas ganti aernya brapa lama sekali?
Reply
#4
Kalo masalah lmpu maaf saya kurang bgitu mengerti, tpi kykny kurang efktif saja dbndingkn yg uv, tpi entah saya juga blum pasti. Trus masalah kpas, tu trgntg tingkt kekotorany bsa 2minggu skali ato 1bulan skali kdang lbh! Tpi kalo pke bioball, apbila bolany dah trlhat kotor brlumut tu g sah dbersihkn. Coz tu bkteri yg bkerja menguraikan kotoran dan amoniakny!
Reply
#5
(06-04-2010, 09:04 PM)sadakiyo Wrote:  Settingan aquarium saya adalah :
40 liter aquarium (diisi 1/2nya)
Aer sumur
Corner filter yang ada bio balls
Heater di set 28 celcius
Heating lamp di basking area
basking platform
dijemur tiap hari dari jam 9 sampe jam 10
ganti aer total seminggu 3 kali.

Sementara ini tidak ada masalah yang bisa saya temukan selain penggunaan heater. Bila sudah menggunakan lampu pemanas, buat apa memakai heater?

(06-04-2010, 09:04 PM)sadakiyo Wrote:  Setau saya, kura2 tuh kena RI /pilek gara2 kedinginan kan? tapi kayanya ini dah anget tetep aja kena pilek. Saya udah berkunjung ke forum2 kaya austinsturtlepage. Dan mereka bilang kalo RES yg diimpor ke asia banyak yg mati tuh udah ga aneh. SOalnya mereka menempuh perjalanan yg jauh (dari amrik ke Indo) dalem kondisi yang kurang bagus ditambah stress. Jadi menurut mereka, emang RES yg mati tuh kemungkinan besar emang dah dari tokonya udah sakit. Apa bener kaya gini? Terus terang saya cukup stress, soalnya kayanya sya udah melakukan sesuai anjuran para profesional tapi tetep aja RES ku sakit dan mati. dan sakitnya selalu kena RI mulu.

Tidak selalu karena udara dingin, udara yang lembab juga dapat menjadi salah satu penyebabnya. Tampaknya dari gabungan heater dan lampu pemanas yang dipakai, tingkat kelembabannya meningkat melebihi batas normal. Di thread saya sebelumnya saya memang menyarankan tidak membeli kura yang sakit, tapi banyak kura sehat yang akhirnya mati di tangan pemelihara yang kurang berpengalaman.

(06-05-2010, 01:14 PM)sadakiyo Wrote:  heating lampnya bukan uv bro satrio. Cuma lampu bohlam biasa. Itu bisa kan dipakai? Soal logam berbahaya itu juga udah kepikir sama saya, makanya airnya dikasih aquasafe yg warna biru itu. Kan dibilangnya "remove chlorine and harmful metal". Boleh tanya gak bro, kalo pake filter kapas ganti aernya brapa lama sekali?

Sebaiknya pakai fitting lampu yang bisa difokuskan untuk menghindari terhamburnya cahaya. Lampu bohlam biasa juga bisa dipakai, meskipun sebenarnya tidak direkomendasikan. Untuk mengganti air bila menggunakan kapas/busa bisa 1-2 hari sekali.

Overall: Sebaiknya tidak perlu menggunakan heater bila memang telah ada lampu pemanas. Ketinggian air sebaiknya tidak melebihi 15cm untuk kura muda. Dan jangan lupa untuk memberi asupan makanan bergizi yang cukup.
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
Sad inilah akhir dari saya memelihara kura kura. :( Nazhmi FFR 1 245 10-05-2016, 04:06 PM
Last Post: coco00
  Kura kura jatuh yohanestheda 3 1.094 03-22-2016, 02:18 PM
Last Post: mulia44
Information Kura kura tidak mau makan dan bergerak dan aneh. Help!! Kuk 2 681 03-18-2016, 10:36 AM
Last Post: belajar44