Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Membawa Kura-kura dalam Perjalanan
#1
Lightbulb 
Suatu saat anda mungkin perlu membawa kura-kura kesayangan anda dalam perjalanan. Jika anda melakukan perjalanan dengan mobil dan didampingi oleh Anda, berikut adalah beberapa saran yang bisa anda coba:
  1. Gunakan kotak plastik/mika maupun wadah dari bahan lain yang cukup keras. Lilitkan koran, handuk, atau kain kering di sekeliling kotak sebagai peredam goncangan dan membuat suasana gelap dalam kotak. Jangan sekali-kali menambahkan air ke dalam kotak berisi kura-kura.
  2. Pastikan ada penutup pada kotak mencegah kura-kura anda kabur dan menjaga kotak agar tetap dalam kondisi gelap. Kura-kura biasanya akan tidur dalam kotak apabila suasana gelap terjadi namun nda masih perlu memastikan sirkulasi udara dapat masuk ke dalam kotak dengan baik.
  3. Akan lebih baik bila anda menggunakan kotak khusus yang memang disediakan untuk keperluan ini. Anda dapat membelinya di supermarket atau toko hewan peliharaan.
  4. Jaga temperatur udara sekitar 26C-32C dan bawalah termometer untuk keperluan ini. Sebuah kabel termometer digital memungkinkan Anda untuk memeriksa suhu tanpa membuka kotak.
  5. Secara teratur memeriksa untuk memastikan mereka tidak terbalik dan membersihkan kotoran apapun yang mungkin muncul.

Jika temperatur udara melebihi 32C dan Anda tidak dapat menyalakan AC di kendaraan, berikut adalah beberapa saran yang bisa dicoba:
  1. Letakkan termometer dengan kura-kura dan periksa setiap 15 menit.
  2. Jauhkan kotak dari sinar matahari secara langsung.
  3. Gunakan sprayer (penyemprot air untuk tanaman) pada kura-kura Brazil anda jika suhu udara dalam kotak tidak juga mendingin. Anda juga dapat menyeka dinding kotak dengan handuk yang telah dibasahi dengan air dingin.
  4. Jika Anda hendak bepergian jarak jauh dalam cuaca panas, usahakanlah untuk melakukan perjalanan di malam hari.

Sebaliknya jika temperatur udara turun di bawah 26C, berikut adalah beberapa ide yang dapat dicoba:
  1. Simpanlah termometer dengan kura-kura dan memeriksa setiap 15 menit.
  2. Letakkan kotak ke dalam bak plastik yang besar atau wadah styrofoam. Tambahkan air hangat ke celah antara kotak dan wadah plastik/styrofoam (tidak kontak langsung dengan kura-kura). Pastikan suhu udara tidak menjadi terlalu panas atau timbul kebocoran.

Jika Anda bepergian dengan pesawat, Anda perlu mempersiapkan dengan baik sebelumnya.
  1. Periksa maskapai penerbangan anda sebelum Anda melakukan perjalanan. Beberapa maskapai penerbangan mengijinkan Anda untuk membawa kura-kura ke dalam kabin penumpang. Apabila anda diijinkan membawanya, pastikan anda mendapatkan konfirmasi verbal dari pihak maskapai penerbangan. Jika semuanya berjalan dengan baik, Anda akan mendapatkan tas binatang yang sesuai di bawah kursi dan disetujui oleh maskapai. Pastikan Anda memiliki informasi yang relevan untuk perjalanan pulang juga.
  2. Jangan mencoba menyelinapkan mereka ke dalam kabin penumpang. Ada risiko yang harus anda tanggung ketika mencoba untuk membawa mereka sebagai barang bawaan di bagasi. Mereka tidak dapat ditempatkan di check-in bagasi karena mereka akan mati lemas kekurangan oksigen, membeku, atau mati karena lingkungan yang bertekanan tinggi. Jika disita oleh pihak maskapai penerbangan, Anda dapat kehilangan hewan peliharaan Anda, denda yang harus ditanggung, atau hukuman lainnya.

Pengiriman kura-kura dengan jasa ekspedisi adalah jalan terakhir dan namun hanya bisa mengirimkan kura-kura yang sehat. DHL adalah pilihan yang populer namun anda juga bisa mencari informasi lebih lanjut mengenai proses pengiriman kura-kura anda dan pengalaman mereka dalam pengiriman reptil hidup.
Reply
#2
Mauu nanya nehh,, kalo prginy naik mobil,aC dim0bil ny bleh dinyalain ga siih,truz kotak kura nya di isi air gag? Thx
Reply
#3
Mnurt saya. Ac mbl blh2 saja dhdupkan. Asal kotak kurany jgn trlalu dkt dgn Acny. Lbh baik dksh air tpi jgn2 tggi2. Y kra2 smpe ujg krapasny
Reply
#4
Sangat disarankan menyalakan AC di mobil untuk memastikan kura-kura mendapatkan suplai oksigen yang cukup dan mengurangi kelembaban. Untuk masalah air, saya rasa poin 1 di bagian paling atas thread sudah cukup jelas.

Quote:..Jangan sekali-kali menambahkan air ke dalam kotak berisi kura-kura..

Mobil dan kendaraan bermotor lainnya sangat rawan terhadap guncangan dimana hal ini bisa menyebabkan cedera (misalnya air masuk ke paru-paru RES) atau tumpahnya air keluar dari kontainernya secara tak sengaja.
Reply
#5
O. Gitu to. Terima kasih admin. Tpi ak prnah baca. Tmpat / Res jgn didekatkan kulkas, sama AC. Knpa y?
Reply
#6
Habitat kura-kura Brazil memang tidak boleh didekatkan dengan kulkas/AC ruangan karena terkadang suhunya terlalu dingin bagi kura-kura Brazil. Untuk kulkas/AC ruangan, jauhkan habitat minimal 3 meter kemudian pastikan suhu AC tidak terlalu dingin dan pemanas di aquarium sudah tepat. Pada mobil ber-AC memang cukup sulit menentukan lokasi peletakan kontainer yang tepat, namun yang biasa dilakukan adalah dengan meletakkan kontainer RES di kursi belakang atau maksimal di kursi tengah (untuk mobil dengan 3 baris kursi).
Reply
#7
Ohh gtu toh... Oiah kura quwh mulutnya ko sering mangap2 gtu ya? Kaia ksakitan gitu .. Tapi aq ga tw sakitny di daerah yg mna.. Sad
Reply
#8
(02-18-2010, 07:54 PM)niindh Wrote:  Ohh gtu toh... Oiah kura quwh mulutnya ko sering mangap2 gtu ya? Kaia ksakitan gitu .. Tapi aq ga tw sakitny di daerah yg mna.. Sad

itu infeksi saluran pernapasan sis....
solusinya seperti yg sudah2, yaitu rajin jemur tiap pagi sekitar 10-15menit.
air harus bersih n bebas zat kimia.....
moga cepet sembuh ya sis.....
Reply
#9
Yuph bnar skali. Tu karna infksi salurn pernafasan. Mgkn karna kena ac trlalu lama dan dkat.! Mgkn kakak2 yg laen bsa bntu!
Reply
#10
Dari gejalanya, kura tersebut memang terkena infeksi saluran pernapasan (RI/Respiratory Infection). Bawalah segera ke dokter hewan khusus reptil terdekat untuk mendapatkan pengobatan medis.
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
Sad inilah akhir dari saya memelihara kura kura. :( Nazhmi FFR 1 243 10-05-2016, 04:06 PM
Last Post: coco00
  Kura kura jatuh yohanestheda 3 1.092 03-22-2016, 02:18 PM
Last Post: mulia44
Information Kura kura tidak mau makan dan bergerak dan aneh. Help!! Kuk 2 674 03-18-2016, 10:36 AM
Last Post: belajar44