Thread Rating:
  • 5 Vote(s) - 3.4 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Pelet untuk Makanan Kura-kura Brazil?
#1
Lightbulb 
[Image: img_reptomin.jpg]
Ada banyak opini dan saran mengenai jumlah makanan yang tepat untuk kura-kura Brazil. Bayi kura-kura atau kura-kura di bawah umur satu tahun harus diberikan pelet setiap hari. Tawarkan juga sayuran setiap hari - meski mereka pada awalnya menolak. Anda mungkin harus mencoba berbagai variasi sayuran untuk melihat jenis sayuran apa yang disukai kura-kura Brazil anda. Kura-kura Brazil yang berusia lebih dari satu tahun harus diberikan pelet setiap hari atau dua hari sekali.

Ada berbagai gagasan tentang jumlah pelet yang harus anda berikan pada kura-kura Anda. Kura-kura muda harus mendapatkan lebih banyak protein dalam diet mereka - kira-kira 50% dari keseluruhan diet. Setiap butir pelet dapat berisi lebih dari 40% protein (biasanya Reptomin). Cobalah sekali-kali menambahkan laron (rayap terbang), ikan Guppy, atau cacing tanah untuk melengkapi diet mereka. Untuk kura-kura Brazil yang lebih tua, pelet harus memiliki porsi 10-25% dari kebutuhan diet.

Catatan Wrote:Pelet komersial harus tetap menjadi makanan pokok kura-kura Anda. Pelet ini diformulasikan secara khusus, namun anda tetap tidak boleh menjadikan satu-satunya makanan yang Anda tawarkan untuk kura-kura anda. Kandungan protein yang tinggi dalam pelet membuat anda harus memberikan pelet dalam jumlah yang lebih kecil. Seringkali terjadi saran penyajian dalam sebuah label produk pelet komersial berbeda dengan yang sebenarnya dibutuhkan kura-kura Brazil anda. Perhatikan dengan seksama porsi pelet untuk kura-kura Brazil untuk memastikan kura-kura Brazil Anda menerima makanan yang seimbang dan tidak makan terlalu banyak.

Sebagian besar kura-kura Brazil sehat yang agresif selalu meminta-minta makanan dan banyak pemelihara yang tak tega kemudian memberikannya makanan yang berlebih (overfeeding). Jumlah protein yang berlebihan menyebabkan pertumbuhan yang sangat cepat, kematangan seksual terlalu dini, pyramiding (bentuk karapas yang menguncup), dan bahkan kegagalan fungsi organ dalam. Beberapa pemelihara memberikan makanan kepada kura-kura Brazil setiap dua hari sekali namun saya memberikan mereka makanan sehari dua kali dengan porsi yang sangat sedikit.

Info Penting Wrote:Beberapa pelet komersial tidak mencantumkan bahan penyusun pelet jadi berhati-hatilah! Apabila tercantum, pastikan pelet memiliki kandungan zat-zat berikut:
  1. Crude Protein (Min.) 40%
  2. Crude Fat (Min.) 10%
  3. Phosphorus (Min.) 1.3%
  4. Calcium (Min.) 2.0%
  5. Moisture (Min.) 10%
Reply
#2
Salam kenal...

kura2 saya berusia 10 tahun, makanan yg selama ini saya berikan pellet ikan hias. diberi sayuran gak mau & makannya slalu di air (di dlm ember), klw di darat ia gak mau makan. dulu pernah kejatuhan genting, pernah luka tp skr udh sehat kembali..
Reply
#3
Salam kenal juga, Mas Yusuf.. Smile

Wow, umur 10 tahun tergolong hidupnya panjang.. Kura-kura Brazil (RES) tergolong hewan akuatik (bergantung pada air) sehingga dia lebih senang melahap makanannya di air. Bila sewaktu-waktu dia menemukan makanan di darat, dia akan segera membawanya ke air untuk ditelan..

Untuk sayuran/buah-buahan yang bisa Mas tawarkan ke kura-kura anda bisa dilihat di forum ini pada bagian "Sayuran dan Buah-buahan".
Reply
#4
Tpi kura2 saya prnah jatuh dri pgar 2m. Wktu saya jmur tba2 hlang. Trnyta dah dbwh untgny kena tanah lempung yg empuk. GOD BLESS ME!
Hha
Maw tny, di akuariumku trdpt 3 RES. Ktika dberi mkan pasti yg brukurn lbh bsar pasti lbh bnyk. Bgtu jga yg kecil psti dpt yg dikit.

Supaya adil, pa kah hrs dpsahkn ketmpat laen wkt pmbriany? Supaya mrata. Ato da cra laen?
Reply
#5
Para senior, maw nanya nich!!!

Kalo maw kasi pelet ke anakan bgsan gmn ya???

Soal na tiap dikasi pelet bulet2 gitu, g dimakan langsung, melainkan cara makan kyak kita makan lolipop!!! (ud msk mulut, truz dikeluarin age, trus di masukin mulut ade n bgt seterus na!!!)

Ap pelet na mesti di ancurin dolo??

Kalo di ancurin, ntar jd na kayak bubuk.

kalo bubuk, di tarok di aer langsung ancur (tak menyatu bubuk na), bikin aer cepat keruh age.

solusi na gmn y???
Reply
#6
Langsung saja diberikan tanpa dihancurkan. Bila dihancurkan menjadi remah-remah, biasanya kura-kura Brazil tidak mau memakannya dan membuat air cepat keruh. RES biasa melakukan hal tersebut (mengunyah kemudian memuntahkannya) disebabkan bentuk pelet yang cukup liat dan keras untuk ukuran mereka. Namun hal tersebut bukanlah masalah serius. Alternatif yang bisa digunakan adalah memberi pelet di wadah (aquarium) lain sehingga aquarium awal tetap bersih dari serpihan makanan. Semoga membantu.
Reply
#7
ok, thx brother admin!!!
Reply
#8
beli dimana ya bro? reptomin @.@
Reply
#9
W puna pelet merk SANYU.

Bahan: White Fish meal, Shrimp meal, tepung gandum, corn meal, ragi(yeast), Enzyme, Calcium, Magnesium, Biotio, Vit. A,C,E, Etc.

Kadar: Crude protein 35%, Crude fat 4%, Crude Fiber 3%, Mouister 10%.

Kira2 ni bagus g y????
ad yang pake B.Ing, jd na kurang taw ap nama yang cocok ke B.Ind.Tongue

Oh y, Enzym, Mouisture, n Fiber guna na ap y????
Reply
#10
(03-23-2010, 01:41 PM)jameshermanto Wrote:  beli dimana ya bro? reptomin @.@

Biasanya dijual ti toko-toko hewan peliharaan. Mm, di thread ini Admin "tidak sengaja" memakai foto Reptomin karena saat mencari foto contoh pelet yang ketemu hanya Reptomin padahal waktu penulisan thread sudah mepet. Big Grin Harap dimaklumi Angel

(03-23-2010, 02:09 PM)Tinton Nugraha Wrote:  Bahan: White Fish meal, Shrimp meal, tepung gandum, corn meal, ragi(yeast), Enzyme, Calcium, Magnesium, Biotio, Vit. A,C,E, Etc.
Kadar: Crude protein 35%, Crude fat 4%, Crude Fiber 3%, Mouister 10%.
Oh y, Enzym, Mouisture, n Fiber guna na ap y????

Dari kandungan (%) protein, fat, fiber, dan moist sepertinya sudah cukup baik namun memang kadar proteinnya terlalu sedikit.
  • Enzym untuk mempercantik tampilan warna (karapas/scutes) dan membuat proses pencernaan berjalan lebih baik.
  • Moist untuk memberikan kelembaban alami pada permukaan kulit dan karapasnya agar tidak mudah kering serta mempercepat proses penggantian kulit.
  • Fiber untuk memperlancar buang air besar (BAB) dan meningkatkan daya serap ususnya.
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
  Makanan yang cocok? prasetyangga 2 986 09-14-2016, 04:01 PM
Last Post: coco00
Heart kura kura ga mau makan apa yang di kasih? Nazhmi FFR 3 522 06-21-2016, 02:20 PM
Last Post: jojon00
  apa yang harus dimakan kura kura? Nazhmi FFR 1 334 06-21-2016, 02:16 PM
Last Post: jojon00