Thread Rating:
  • 2 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Pemeliharaan Dalam Ruangan (indoor)
#1
Lightbulb 
[Image: img_usr_greygoose_01.jpg]
Aquarium adalah media pemeliharaan paling tepat untuk memelihara kura-kura Brazil dalam ruangan. Namun banyak orang yang kurang mendapatkan informasi tentang perawatan kura-kura Brazil. Memilih perlengkapan yang tepat untuk membuat sebuah aquarium kura-kura Brazil adalah kunci untuk mencegah penyakit di masa depan.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi apabila anda berniat membuat sebuah aquarium. Memilih aquarium yang lebih besar akan mengurangi intensitas berapa kali anda harus meng-upgrade aquarium, daerah berjemur, ataupun filter air di masa depan. Aquarium dengan volume 120 galon air memiliki berat lebih dari setengah ton. Jangan pernah mencoba untuk memindahkan aquarium yang telah terisi apapun di dalamnya, bahkan jika hanya sebagian terisi. Hal ini dapat membuat kerusakan pada aquarium ataupun cedera pada kura-kura Brazil anda.

Aquarium yang lebih besar akan memungkinkan kura-kura Brazil Anda menjadi lebih aktif dan berkembang dengan baik. Seekor kura-kura Brazil yang dipelihara di kandang kecil tidak akan tetap kecil. Sebuah aquarium yang terlalu kecil akan membutuhkan penggantian air dan pembersihan aquarium yang lebih sering. Hal ini akan menimbulkan resiko yang cukup besar pada kesehatan, menimbulkan penyakit, dan cedera fisik.

[Image: img_usr_stacey_01.jpg]
Aquarium harus menyediakan air dengan kedalaman yang cukup untuk mencegah kura-kura kesayangan anda tenggelam. Ketinggian air harus lebih tinggi dari karapas mereka dan pastikan mereka tidak mampu mencapai elemen pemanas (lampu UVB/sumber cahaya) ataupun memanjat ke luar. Kura-kura Brazil merupakan salah satu hewan pemanjat yang baik sehingga kemampuan mereka dalam memanjat kandang tidak boleh dianggap remeh. Anda boleh memasukkan batu-batuan ke dalam aquarium sebagai tempat berteduh/bersembunyi ataupun sebagai media memanjat apabila air dalam aquarium cukup tinggi.

Letakkan aquarium di tempat yang jarang dilallui orang dan cukup gelap di malam hari. Hindari menyalakan lampu di aquarium sepanjang hari! Jangan meletakan aquarium di dekat jendela yang memungkinkan sinar matahari masuk ke aquarium secara langsung karena setiap jenis kaca, akrilik, atau wadah plastik dapat mengalami pembiasan cahaya, perbedaan temperatur, atau perubahan suhu yang ekstrim. Sebuah aquarium tanpa penutup juga harus dijauhkan dari jendela karena jendela yang terbuka dapat berbahaya. Sebisa mungkin jauhkan aquarium dari berbagai macam alat pendingan (kulkas, freezer, AC) karena dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan pada kura-kura Brazil.

Ada banyak pilihan untuk memilih sebuah aquarium. Masing-masing aquarium memiliki biaya bervariasi termasuk kemudahan pemasangan peraltan, bahan, dan ukuran yang berbeda-beda. Untuk menggambarkan dimensi aquarium, kita akan mengacu ke panjang (L), lebar (W), dan tinggi (H). Untuk menghitung ukuran aquarium dapat menggunakan rumus: (L x W x H) / 231 atau download kalkulator khusus untuk mengukur kemampuan aquarium di sini.

Keuntungan pemeliharaan indoor Wrote:
  1. Perlindungan yang lebih baik dari predator
  2. Lebih sering interaksi dengan kura-kura
  3. Regulasi berjemur dan suhu air yang lebih baik
  4. Lebih banyak kesempatan untuk melihat atau mengamati kura-kura Anda
  5. Kesempatan lebih besar untuk menemukan kura-kura yang melarikan diri
  6. Lebih mudah dalam mengatur jadwal makan

Kerugian pemeliharaan indoor Wrote:
  1. Pada umumnya memerlukan peralatan yang lebih mahal
  2. Membutuhkan ruang kosong untuk meletakkan aquarium
  3. Lebih besar kemungkinan terjadi kecelakaan
  4. Kura-kura berada di lingkungan yang sempit dengan ruang gerak terbatas
  5. Kemungkinan kura-kura mengalami stres cukup besar
  6. Kura-kura dapat mengalami cedera yang lebih besar ketika melarikan diri
Reply
#2
Rainbow 
mas admin.
beli lampunya dimana??
bilang ama penjualnya lampu apa??
trus 1 nya brp ya??
Reply
#3
Saya pribadi tidak memakai lampu khusus reptil, terlalu mahal. Jalan keluar cuma menggunakan lampu fluorescent biasa dan sering-sering menjemur kura-kura di bawah sinar matahari pagi.

Lampu khusus kura-kura tidak dijual di toko elektronik biasa dan hanya bisa didapatkan di toko-toko hewan peliharaan. Harganya berkisar mulai dari 50rb sampai lebih dari 300rb.
Reply
#4
(01-21-2010, 08:41 PM)chachichu Wrote:  mas admin.
beli lampunya dimana??
bilang ama penjualnya lampu apa??
trus 1 nya brp ya??

Big GrinBig GrinBig Grin saya idem sama bro admin.
klo saya pake lampu biasa yang merk Phil*ps.... yg 40 Watt yg bohlamnya warna putih susu n cahayanya warna kuning. (harga sekitar 5 rbuan)

Klo bisa pittingan ( benar gak ya nulisnyaRolleyesHuh)/dudukan lampunya yg bisa diatur terang redupnya (saya pake lampu belajar merk success, sekitar 50 rb)....
Reply
#5
(01-21-2010, 09:10 PM)admin Wrote:  Saya pribadi tidak memakai lampu khusus reptil, terlalu mahal. Jalan keluar cuma menggunakan lampu fluorescent biasa dan sering-sering menjemur kura-kura di bawah sinar matahari pagi.

Lampu khusus kura-kura tidak dijual di toko elektronik biasa dan hanya bisa didapatkan di toko-toko hewan peliharaan. Harganya berkisar mulai dari 50rb sampai lebih dari 300rb.

oooooooooooo
kirain harus lampu reptil Big Grin

setting nya gmn tuh??
(01-22-2010, 12:53 AM)yoego Wrote:  Big GrinBig GrinBig Grin saya idem sama bro admin.
klo saya pake lampu biasa yang merk Phil*ps.... yg 40 Watt yg bohlamnya warna putih susu n cahayanya warna kuning. (harga sekitar 5 rbuan)

Klo bisa pittingan ( benar gak ya nulisnyaRolleyesHuh)/dudukan lampunya yg bisa diatur terang redupnya (saya pake lampu belajar merk success, sekitar 50 rb)....

bohlam yang bulet itu ya??

trus gapapa pake lampu belajar??

nyalainnya kapan aja??
Reply
#6
Question 
kalo di akuarium mau dikasih tanaman, ngga usah kayak mau maen acquascape gitu Om. dikit aja tanamannya yang penting ada ijo2nya gitu biar lebih sedep dipandang, Rolleyes gitu pake tanaman apa yah yang cocok, yang ngga dimakan/dirusak sama tuh kura.
katanya kalo tanaman yang daunnya gede2 bisa dipake? Undecided
Reply
#7
Huh Huh Huh
Kura-kura Brazil adalah makhluk omnivora (pemakan segala) jadi tanaman apapun yang dimasukkan ke dalam aquarium akan coba dimakannya. Tanaman plastik pun kadang suka dimakan jadi anda harus berhati-hati dalam meletakkannya.

Tanaman berdaun lebar seperti teratai bisa digunakan di kolam outdoor yang cukup luas sebagai tanaman peneduh.
Reply
#8
(01-22-2010, 01:55 PM)admin Wrote:  Huh Huh Huh
Kura-kura Brazil adalah makhluk omnivora (pemakan segala) jadi tanaman apapun yang dimasukkan ke dalam aquarium akan coba dimakannya. Tanaman plastik pun kadang suka dimakan jadi anda harus berhati-hati dalam meletakkannya.

Tanaman berdaun lebar seperti teratai bisa digunakan di kolam outdoor yang cukup luas sebagai tanaman peneduh.

waaah... ngga bisa yah? gagal deh rencana ngasih taneman.. ah, dont worry tetep happy! Tongue
Reply
#9
mas admin saya baru piara kura brazil nih.............. kalo aquriumnya dalem apa g bakalan kelelep tuch kura 2 nya, truz kenapa ya kura2 saya ga mau ke darat pengennya di aer teyus
Reply
#10
Tenang saja, kura-kura Brazil (RES) tidak akan tenggelam hanya karena airnya dalam (kecuali terlalu dalam). RES adalah perenang yang sangat baik jadi disarankan ketinggian air minimal sekitar 2,5 kali tinggi badan kura-kura.

Banyak sebab kenapa RES tidak mau naik ke daratan. Yang umum terjadi adalah karena suhu air terlalu hangat atau suhu daerah berjemur terlalu dingin. Silahkan periksa suhunya terlebih dahulu. Untuk informasi selengkapnya silahkan baca thread "Perilaku-perilaku yang Tidak Normal".
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
Lightbulb Pemeliharaan Luar Ruangan (outdoor) admin 14 5.365 12-10-2014, 01:49 PM
Last Post: Darwis J
Shocked Bingung memilih tempat pemeliharaan kura kura Darwis J 5 590 12-10-2014, 01:30 PM
Last Post: Darwis J