Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Pengukuran, Pertumbuhan, dan Umur Kura-kura
#1
Lightbulb 
[Image: ani_scl.gif]
Panjang karapas secara lurus (Straight Carapace Length/SCL) digunakan untuk mengukur kura-kura Brazil secara pasti. Untuk mendapatkan pengukuran ini, Anda lakukan peregangan garis antara cangkang bagian depan dan belakang dengan mengabaikan kelengkungan pada karapas. Lebih baik menggunakan penggaris yang kaku dibandingkan dengan pita pengukur untuk mengukurnya.

Bayi kura-kura Brazil berukuran panjang kira-kira 2,5 cm. Setelah tahun pertama akan menjadi sekitar 5-7 cm. Kura-kura Brazil dewasa berukuran panjang sekitar 10 cm dan betina sekitar 12 cm. Panjang rata-rata kura-kura Brazil dewasa dapat bervariasi antara 17 cm hingga 30 cm. Jantan dewasa berkisar antara 17,8 cm - 22,8 cm, sementara betina dewasa antara 25 cm - 30,5 cm.

Catatan Wrote:Ukuran tidak selalu mengindikasikan usia, kura-kura muda biasanya tumbuh sangat cepat. Hal ini biasanya akibat dari pemberian makan yang berlebihan dan kurangnya periode hibernasi. Pemberian makanan berlebih dapat menyebabkan isu bahaya kesehatan (fisik dan usus) isu dan kura-kura dalam penangkaran tidak perlu hibernasi.

Dengan kondisi habitat dan diet yang baik, seekor kura-kura Brazil dalam penangkaran dapat hidup lebih lama dari saudara mereka di alam liar. Kura-kura Brazil dalam penangkaran dapat hidup hingga 40 tahun sedangkan kura-kura Brazil liar di alam bebas hanya mencapai usia maksimum 20 tahun.
Reply
#2
thanks Om, cara ngukur ini juga yah yang digunakan buat ngukur tortoise? Smile
Reply
#3
Lho, memang ini cara mengukur panjang kura-kura yang paling tepat.. Big Grin
Reply
#4
semoga Kame n Kroten bisa hidup lebih dr 20tahun...amin.

dulu pernah baca kalo mereka dirawat dgn sgt baik bisa sampe 50tahun...aga jarang sih
Reply
#5
Rata-rata usia maksimal RES peliharaan adalah 40 tahun. Kalau bisa lebih ya bagus deh,. Ada teman seumur hidup.. Big Grin
Reply
#6
hahaha iya bgt!! teman seumur hidup yg paling setia.

Ada tetangga teman gw, udah kakek2 trus kura2nya mati...dia nagis berhari2 saking sayang pdhl pas istrinya mati dia ga seheboh itu nangisnya
Reply
#7
(01-24-2010, 07:50 AM)admin Wrote:  Rata-rata usia maksimal RES peliharaan adalah 40 tahun. Kalau bisa lebih ya bagus deh,. Ada teman seumur hidup.. Big Grin

hehe..iya.. bisa buat teman seumur hidup, Blush
atau kalo mau yang bisa sampe ke anak cucu juga nyambi miara kura2 darat, kan umurnya puanjang2.. Big Grin
Reply
#8
(01-24-2010, 12:44 PM)ndorokaskus Wrote:  hehe..iya.. bisa buat teman seumur hidup, Blush
atau kalo mau yang bisa sampe ke anak cucu juga nyambi miara kura2 darat, kan umurnya puanjang2.. Big Grin

wah gak boleh ngomongin kura lain di forum ini...hehheBig GrinBig GrinBig Grin
moga memang bisa awet umurnya, bgtu juga pemiliknya amin...AngelAngel
n bisa menghasilkan keturunan yg yg soleh n soleha..walaah....Tongue
Big Grin
Reply
#9
@mbk n0vros: smangat trus. Jdikan mreka partner seumur hdup! Coz tmenku jga pny RES dah smpe umur 16an. Kalo kame brp?
Reply
#10
@Satria Kame br 3,5thn Kroten sebentar lg 2thn...tp itu semua diitung dr mereka mulai dtg ke rumah
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
Photo Berbagi Info Merawat Kura Kura kongkalikong 3 3.092 04-07-2016, 10:31 AM
Last Post: priotas
Lightbulb Perbedaan Kura-kura Brazil Liar dan dari Penangkaran admin 17 5.758 11-14-2014, 06:35 AM
Last Post: Cleeon
Lightbulb Anatomi Kura-kura Brazil admin 5 2.859 11-13-2014, 09:09 PM
Last Post: Cleeon