Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 1 Votes - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Penyakit pada Tempurung
Penulis Pesan
admin Offline
Administrator
*******

Post: #1
Lightbulb Penyakit pada Tempurung
Tempurung/cangkang kura-kura Brazil harus cukup keras dan mulus. Karapas harus berwarna hijau tua dan plastron berwarna kuning cerah. Bayi kura-kura Brazil yang baru menetas biasanya memiliki karapas yang agak lunak dan berwarna hijau muda. Faktor umum yang menyebabkan masalah pada tempurung biasanya berhubungan dengan air (kualitas air yang buruk atau daerah berjemur yang kurang sesuai), diet (kekurangan zat kalsium, kadar protein yang berlebihan), dan pencahayaan (kurangnya sinar UVB yang diterima tubuh).

Tempurung retak atau terluka
Apabila anda mendapati cedera pada tempurung kura-kura anda, kami sangat merekomendasikan anda untuk membawanya ke dokter hewan untuk diperiksa. Jatuh, serangan dari hewan predator, atau trauma lain dapat mengakibatkan kerusakan pada tempurungnya. Hal ini bisa berupa sebuah celah, lubang, atau scutes yang hilang dan merupakan masalah kompleks sehingga memerlukan perhatian segera. Resikonya pada kura-kura biasanya adalah shock, infeksi pada luka, tempurung membusuk, kerusakan pada organ dalam, cacat fisik, rasa sakit yang berlebihan, bahkan kematian. Apabila anda juga menemukan adanya pendarahan atau kerusakan yang cukup besar, situasi ini harus diselesaikan dengan segera dengan menghubungi dokter hewan terdekat.

Kulit atau tempurung berubah kemerahan/pink
Hal ini bisa terjadi pada kulit, di antara scutes, pada karapas, atau di Plastron yang mengindikasikan septicemia (keracunan darah). Jika kura-kura Anda pernah terserang penyakit sebelumnya seperti infeksi, cedera, atau habitat yang salah; hal tersebut mungkin telah berkembang menjadi septicemia. Konsultasikan dengan dokter hewan mengenai pengujian laboratorium dan perawatan yang tepat.
[Image: gejala-septicemia-res.jpg]

Kura-kura anda berlumut
Sebenarnya masih normal jika anda menemukan ada sedikit lumut pada tempurung meskipun sebenarnya itu bukanlah pertanda baik. Hal ini biasanya terlihat pada kura-kura yang dipelihara di luar kolam atau pada kura-kura liar di alam bebas. Biasanya kura-kura Brazil peliharaan jarang atau bahkan tidak ada lumut sama sekali yang menempel di tubuhnya. Lumut mudah dihilangkan dengan mengelapnya menggunakan handuk kering atau digosok dengan sikat gigi yang lembut dan air.

Bintik-bintik/bercak dengan warna berbeda pada karapas
Bintik-bintik berwarna putih maupun warna lainnya seperti kuning bisa menjadi indikasi terjadi infeksi bakteri, jamur, pembusukan pada karapas/plastron, hingga kekurangan mineral penting dalam tubuh. Infeksi bakteri dan jamur dapat berkembang karena kurangnya kualitas air yang bersih dan area berjemur yang tidak memadai. Bintik-bintik atau bercak ini dapat menyebar ke area yang lebih luas secara bertahap bila tak segera diobati. Kondisi ini dapat menular ke kura-kura yang sehat sehingga kura-kura yang sakit harus dipisahkan selama pengobatan.

Jamur
Lapisan seperti kapas putih yang tampak menutupi tempurung kura-kura Brazil mungkin adalah infeksi jamur. Jamur dapat muncul dalam berbagai warna mulai dari agak * Anda dilarang membuat posting/thread ini! * hingga warna kecoklatan. Filtrasi yang tidak memadai dan kurangnya waktu berjemur merupakan faktor utama penyebab kondisi ini. Jika kondisi ini diketahui lebih awal akan lebih mudah untuk mengobatinya. Produk komersial seperti "Repti Turtle Sulfa Dip" (Sodium klorida, sulfisoxazole andneomycin sulfat) memungkinkan Anda untuk mencegah dan mengendalikan bakteri penyebab penyakit dan infeksi jamur. Jika kondisinya tidak kunjung membaik, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter hewan untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.
[Image: infeksi-jamur-kura-brazil.jpg]

Mineral deposit (kelebihan zat mineral dalam air)
Mineral yang menumpuk pada tempurung kura-kura Brazil adalah salah satu kondisi yang berkaitan dengan kualitas air. Penggunaan air keras (air yang tinggi akan mineral larut air seperti kalsium dan magnesium) akan menyebabkan bercak putih pada seluruh bagian tempurung kura-kura. Ini bukan kondisi yang membahayakan kura-kura Brazil anda tetapi tetap harus ditangani. Bacalah tentang penggunaan jenis air yang tepat di bagian lain forum ini.
[Image: mineral-deposit-res.jpg][Image: kura-brazil-mineral-deposit.jpg]

Pyramiding
Pemberian makanan berlebihan (overfeeding) merupakan kesalahan umum sebagian besar pemelihara kura-kura Brazil karena tingginya kadar protein dan lemak. Overfeeding mengakibatkan pertumbuhan yang cepat sehingga dapat menyebabkan karapas berbentuk layaknya piramida. Terlalu banyak protein juga dapat menyebabkan kerusakan organ dalam seperti gagal ginjal. Pada kondisi pyramiding, Scutes pada karapas tidak berbentuk mulus seperti biasanya dan membentuk piramida. Ada berbagai tingkat keparahan, namun biasanya daerah di antara masing-masing scutes kehilangan kekuatannya untuk menopang scutes itu sendiri.
[Image: kura-brazil-pyramiding.jpg][Image: pyramiding-res.jpg]

Ini adalah situasi yang harus dihindari. Diet makanan harus dilakukan dan pemberian makanan berprotein tinggi seperti pelet ikan harus dikurangi. Jika tidak segera ditangani, pyramiding akan menjadi cacat permanen.

Scutes rontok/mengelupas
Selama periode waktu tertentu, scutes akan mulai berguguran/mengelupas. Hal ini adalah normal dan Anda akan melihat scutes baru tumbuh dengan warna yang lebih cerah atau berwarna keemasan. Hal ini disebabkan oleh udara yang masuk melalui celah antara scutes lama dan scutes yang baru. Anda tidak perlu membantu mencabut atau memaksa scutes lama agar terlepas, terutama ketika kura-kura berada pada daerah berjemur. Hal ini penting bagi kura-kura Anda untuk dapat mengeringkan scutes sepenuhnya. Tanpa kondisi yang tepat, kura-kura anda tidak akan bisa melepaskan scutes (dysecdysis), yang dapat menyebabkan infeksi.
[Image: shedding-res-ganti-kulit-1.JPG][Image: shedding-res-ganti-kulit-2.JPG]

01-16-2010, 09:54 PM
Quote this message in a reply
chachichu Offline
Kura Junior
**

Post: #2
RE: Penyakit pada Tempurung
scutes itu bagian mananya dari tempurung ya??

01-18-2010, 10:14 AM
Quote this message in a reply
admin Offline
Administrator
*******

Post: #3
RE: Penyakit pada Tempurung
Scutes itu buku-buku pada karapasnya, biasanya berjumlah 12 atau lebih.. Smile

01-21-2010, 07:43 AM
Quote this message in a reply
Novroz Offline
Kura Lover
****

Post: #4
RE: Penyakit pada Tempurung
Kame dulu kena pyramiding Sad memang sebaiknya riset dulu di internet sebelum punya peliharaan


Perawatan Kura-Kura
Underneath The Shell - Where Turtles Can Blog
01-21-2010, 04:44 PM
Visit this user's website Quote this message in a reply
chachichu Offline
Kura Junior
**

Post: #5
RE: Penyakit pada Tempurung
(01-21-2010 04:44 PM)Novroz Wrote:  Kame dulu kena pyramiding Sad memang sebaiknya riset dulu di internet sebelum punya peliharaan

wew
pyramiding itu karena apa ya??
trus cara nanggulanginnya cuma dengan diet atau apa??

01-22-2010, 08:16 AM
Quote this message in a reply
admin Offline
Administrator
*******

Post: #6
RE: Penyakit pada Tempurung
Pyramiding disebabkan karena overfeeding (pemberian makan berlebihan) terutama dari golongan lemak dan protein. Untuk mencegahnya cukup dengan diet, sedangkan untuk penyembuhan sampai saat ini belum ditemukan caranya. Namun dengan diet yang tepat, bekas pyramiding akan menghilang seiring waktu.

01-22-2010, 02:44 PM
Quote this message in a reply
Novroz Offline
Kura Lover
****

Post: #7
RE: Penyakit pada Tempurung
(01-22-2010 02:44 PM)admin Wrote:  Pyramiding disebabkan karena overfeeding (pemberian makan berlebihan) terutama dari golongan lemak dan protein. Untuk mencegahnya cukup dengan diet, sedangkan untuk penyembuhan sampai saat ini belum ditemukan caranya. Namun dengan diet yang tepat, bekas pyramiding akan menghilang seiring waktu.
tapi lama loh ilangnya...perlu waktu bertahun2


Perawatan Kura-Kura
Underneath The Shell - Where Turtles Can Blog
01-22-2010, 05:13 PM
Visit this user's website Quote this message in a reply
satria kukuh Offline
Kura Mania
***

Post: #8
RE: Penyakit pada Tempurung
@admin: nanganin Bintik-bintik/bercak dengan warna berbeda pada karapas [warna putih] gmn??? help

01-22-2010, 08:05 PM
Visit this user's website Quote this message in a reply
admin Offline
Administrator
*******

Post: #9
RE: Penyakit pada Tempurung
Bintik-bintik putihnya permanen atau tidak? Maksudnya apakah bintik tersebut sampai mengeruk karapas? Jika permanen, hal itu disebabkan karena sebelumnya kura-kura berjemur terlalu lama dan tiba-tiba langsung masuk ke air. Apabila tidak permanen, bisa diakibatkan oleh jamur atau parasit ich yang mudah diobati.

01-22-2010, 09:35 PM
Quote this message in a reply
satria kukuh Offline
Kura Mania
***

Post: #10
RE: Penyakit pada Tempurung
kalo tidak permanen pengobatan pake pa boz??? pa kah garam??

01-23-2010, 07:55 PM
Visit this user's website Quote this message in a reply
Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  [INFO] penyakit RUNNY NOSE SYNDROME kijangijo 3 1.612 11-08-2014 10:02 AM
Last Post: anatumbuan
  bercak hitam di tempurung atas adisaidabout 3 903 10-25-2014 11:35 AM
Last Post: imleh
  noda hitam di tempurung kura kura Bora 2 132 09-23-2014 12:38 PM
Last Post: giselle


Return to TopReturn to Content