Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Perawatan Habitat dan Dekorasi
#1
Lightbulb 
Membersihkan Aquarium

Membersihkan aquarium wajib anda lakukan sesering mungkin. Cuka putih adalah pilihan yang tepat untuk membersihkan dan menghilangkan noda pada kaca. Pemutih dan sabun harus dihindari. Jangan gunakan bahan pembersih yang mengandung cuka, namun gunakan cuka untuk makanan.

Quote:Meskipun bahan pemutih dan sabun tidak diperbolehkan, gunakan 1 tutup kecil Dettol dalam 1 liter air dan gunakan untuk membersihkan aquarium dan perlengkapannya. Namun jangan sekali-kali mencampurkan Dettol ke dalam aquarium yang telah terisi oleh kura-kura!

[Image: img_prd_python.jpg]
Gunakan perangkat pompa air (filter) untuk mengosongkan aquarium dengan mengalihkan pipa pembuangan air ke ember/tempat yang telah disiapkan sebelumnya. Aksesoris aquarium harus dibilas dengan air bersih, digosok dengan sikat gigi bekas untuk menghilangkan lumut, kemudian keringkan dengan kertas koran bekas.

Menempatkan kura-kura dalam tempat terpisah saat makan akan membantu menjaga kualitas air dalam aquarium tetap bersih. Air bersih mengurangi tumbuhnya ganggang, bakteri dan jamur, tetapi air tetap harus diganti secara periodik meskipun masih kelihatan bersih. Tidak semua kotoran dapat dilihat dengan mata telanjang.

Dekorasi Aquarium/Kolam

Memasang dekorasi adalah upaya mempercantik aquarium/kolam. Satu-satunya persyaratan umum untuk pemasangan dekorasi adalah dekorasi tidak boleh membahayakan kura-kura dengan cara apapun. Dekorasi tidak boleh berupa benda tajam (misal: pisau, gunting, dll), mengandung bahan beracun dan memiliki cat, atau permukaan yang tajam dan kasar. Pemasangan dekorasi seharusnya tidak menghalangi area berenang. Jangan sampai anda memasang dekorasi yang dapat menyebabkan kura-kura Anda tertangkap atau terjebak.

[Image: img_usr_greygoose_04.jpg]
Beberapa dekorasi juga bisa berfungsi sebagai tempat bersembunyi bagi kura-kura anda. Aksesoris aquarium berbentuk boneka yang dapat mengeluarkan gelembung udara (aerasi) juga membantu meningkatkan kadar oksigen dalam air.

Tempat Bersembunyi dan Privasi

Kura-kura Brazil adalah makhluk soliter yang juga memiliki privasi. Kura-kura Brazil mungkin tidak ingin selalu diperhatikan dan berusaha bersembunyi ketika mereka merasa tidak nyaman atau terancam. Beberapa kura-kura Brazil bahkan mudah terkejut sehingga memberikan daerah bersembunyi untuk mereka sangat bermanfaat. menambahkan tanaman air sebagai tempat bersembunyi adalah salah satu langkah tepat. Namun, tanaman hidup kemungkinan akan dimakan, sehingga akan bijaksana untuk memilih tanaman yang aman untuk dimakan oleh kura-kura Brazil.

[Image: img_usr_greygoose_03.jpg]
Membuat gua untuk bersembunyi juga cukup baik dilakukan. Pastikan gua yang dibuat terlihat alami, bebas dari racun dan zat berbahaya, serta tidak memungkinkan kura-kura untuk sampai terperangkap di dalamnya. Untuk kura-kura kecil, pipa PVC siku pas adalah contoh dari gua berbiaya murah. Namun struktur ini dapat mengakibatkan cedera atau tenggelam jika mereka berukuran sedikit lebih besar.

Sarang Bertelur

Jika Anda memiliki kura-kura Brazil betina, Anda akan perlu untuk membuat sarang. Sarang kura-kura Brazil harus cukup lembab dan terdiri dari pasir dan tanah (lebih baik bila dicampur kompos).

Batu-batuan (Substrat)

Menambahkan batu-batuan ke dalam aquarium/kolam adalah hal yang bagus meskipun anda juga bisa membuatnya tanpa batu-batuan sama sekali. Dengan tidak menambahkan batu apapun ke dalam aquarium, filter air lebih efisien dan lebih mudah unutk membersihkan dan mengubah isi aquarium.

Batuan-batuan dalam aquarium dapat berupa pasir, kerikil khusus aquarium, batu sungai, karang laut atau bahan lain yang dibuat khusus. Batu-batuan akan memberi kura-kura Anda sesuatu untuk dijelajahi tetapi dapat meningkatkan frekuensi pembersihan aquarium anda. Substrat bersifat opsional, hindari menggunakan batu-batuan di dalam sebuah aquarium yang airnya dangkal karena ada risiko melukai Plastron.

[Image: img_river_rock.jpg]
Batu-batuan di sungai biasanya halus dan mudah didapatkan. Dengan berbagai macam warna dan pola, batu ini menambahkan rasa alami dan kemudahan pemasangan. Pasir (selain pasir pantai) tidak menimbulkan risiko kesehatan yang serius untuk RES dan tidak akan mencederai cangkang kura-kura. Namun, ini adalah yang paling sulit dibersihkan dan akan berdampak pada efisiensi penyaringan. Meskipun tidak beresiko serius, beberapa kura-kura Brazil kadang memakan pasir ini dan menyebabkan komplikasi di usus. Berhati-hatilah dalam memilih pasir.

[Image: img_gravel.jpg]
Jangan pernah menggunakan kerikil berwarna sebagai batu-batuan dalam aquarium/kolam! Kerikil menimbulkan risiko kesehatan terbesar, terutama untuk kura-kura Brazil muda. Kerikil yang hancur mudah dicerna dan menyebabkan penyumbatan di usus yang dapat mengakibatkan kematian. Batu jenis ini juga memiliki kecenderungan untuk mengendapkan sisa-sisa makanan dan kotoran yang membuat anda harus lebih sering membersihkan aquarium/kolam.

Kelereng plastik/kaca atau manik-manik kecil tidak boleh digunakan dalam aquarium. Barang-barang ini dapat mudah pecah dan meninggalkan serpihan-serpihan yang berbahaya untuk anda dan kura-kura anda.
Reply
#2
Bola2 kecil lucu warna/i sbesar klereng boleh gga ditmbahi sbg dek0rasi aquariumny ?
Reply
#3
(02-26-2010, 09:05 AM)niindh Wrote:  Bola2 kecil lucu warna/i sbesar klereng boleh gga ditmbahi sbg dek0rasi aquariumny ?


klo menurut saya sesuaikan dulu ma ukuran kura nya sis....
pokoknya asesoris jgn sampe yg bisa ketelen.
klo masih baby, pake bola2 sebesar kelereng , tetep aman kok sis...
semoga membantu.....
Reply
#4
Hmm tips yg tidak berguna untuk sy Sad karena ga mampu beli akuarium kaca...jd cuma pk container plastik...jd ga perlulah pake2 hiasan...kasian anak2ku.
Reply
#5
=.= yang warna2 gitu jangan lah. zzz menambah PH =.= pada awal pemakaian, lagian kan lebih bagus river rocks. alami. yang dari ancol itu tuh? cuci jemur 3 hari, segala sesuatu dah hilang, pakai dah.
ini saya pakai batu ancol. besar2. kaya batu di kali. mereka suka dekorasi in lagi. lucu katanya. akwkawkaw
Reply
#6
ternyata msih bnyak kurang nya aquarium buat kura2 gw,
Reply
#7
ad yng bs bikin tmpat angkringan kura2 gaaaa???????????
Reply
#8
(03-14-2011, 12:44 AM)thomasadi Wrote:  ad yng bs bikin tmpat angkringan kura2 gaaaa???????????

Cek:
http://www.kurabrazil.com/konsep-dasar-tempat-baby-res-t-83.html
http://www.kurabrazil.com/basking-area-nan-simple-t-73.html
Reply
#9
Mas Admin,
Klo batu2annya di kasih batu zeoilt gtu aja boleh ga siy? Kan bs bwt filterasi jg tuh..
Oiya, klo batu zeolit itu harus d ganti brp lama?
thx
Reply
#10
(07-25-2011, 12:00 AM)Kuri_rya Wrote:  Mas Admin,
Klo batu2annya di kasih batu zeoilt gtu aja boleh ga siy? Kan bs bwt filterasi jg tuh..
Oiya, klo batu zeolit itu harus d ganti brp lama?
thx

Zeolit tentu saja boleh digunakan sebagai medium filter. Tapi, zeolit tidak efektif jika digunakan untuk hiasan karena selain berujung tajam juga kadang serpihannya rawan dimakan kura. Mengganti zeolit untuk filter cukup 1 bulan sekali tetapi harus dicuci saat mengganti airnya ya..
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
  Habitat... Bos Si Kura 2 861 09-14-2016, 03:52 PM
Last Post: coco00
  Desain Habitat Kura2 Ukuran Medium zart_d 5 2.451 12-24-2010, 09:29 PM
Last Post: zart_d