Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Perawatan Kura Brazil
#1
Rainbow 
Cara merawat kura-kura brazil (RES)
Red-Eared Slider


RES (Red-Eared Slider) merupakan nama lain dari kura-kura brazil ini atau nama latinnya trachemys scripta , kura-kura jenis ini hidup di air tawar dan semi akuatik. Kura-kura jenis ini termasuk yang paling populer di kalangan hobbies nya, karena selain hewan ini mudah di dapat , juga dari segi keuangan untuk memeliharanya tidak terlalu besar.Pada dasarnya untuk syarat hidup hewan ini sangatlah mudah, hanya memerlukan tempat hidup yang mencakup perairan dan daratan di dalamnya, karena dalam habitatnya hewan ini sering juga dijumpai sedang berjemur. Meskipun demikian selama hidupnya lebih banyak berada di air, karena hewan ini termasuk perenang yang handal.

Media Pemeliharaan

Untuk pemeliharaan , biasanya media atau tempat yang digunakan adalah akuarium kaca atau akrilik, yang diberi batu-batuan sebagai daratannya yang nantinya berfungsi untuk tempat berjemur, dan perairan. Untuk kedalaman air jika kura-kura masih baby biasanya tidak lebih dari tinggi karapasnya, sementara untuk kura-kura yang sudah dewasa, sebaiknya kedalaman air lebih tinggi dari karapasnya, hal ini dikarenakan untuk memudahkan kura-kura berenang dan bergerak.
Karena hewan ini lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam air, kura-kura brazil ini tidak mempunyai liur untuk memudahkan menelan makanannya, sehingga mereka membutuhkan air untuk memudahkan menelan makanannya , terlebih lagi mereka membuang kotoran didalam air, mengingat hal itu maka kualitas air menjadi sangat penting. Untuk itu diperlukan filter sebagai alat untuk menjaga kebersihan air, biasanya filter yang digunakan adalah filter internal, namun bisa juga digunakan filter atas(top filter) dengan media filter berupa kapas, spons atau matt.
selain itu untuk kesehatan karapasnya, dan membantu pembentukan vitamin D, kura-kura ini harus dijemur terkena sinar matahari langsung paling tidak 1 kali seminggu meski sebaiknya dilakukan setiap hari dalam waktu 15-30 menit antara jam 06.00-09.00 karena sinar matahari pada jam tersebut masih sangat baik dan tidak terlalu panas untuk kura kura. Jika memang rumah anda sulit untuk mendapat sinar matahari pagi langsung, bisa disiasati dengan menambahkan perangkat lampu UVA atau UVB, yang bisa dibeli di pet shop, namun harus berhati2 beberapa lampu UV jika penggunaanya tidak tepat terkadang bisa menyebabkan kebutaan pada kura-kura.

[b]Makanan[/b]

makanan merupakan hal yang sangat penting mengingat pertumbuhan dan kesehatan hewan tergantung kepada makanan yang dikonsumsinya,
Makanan kura brazil yang dianjurkan :

A. Untuk kura – kura brazil yang umurnya <7 bulan ( 2,5cm – 7 cm ) :

* Cacing darah
* Jentik nyamuk ( untuk yang masih bayi )
* Cacing beku atau cacing kering ( untuk yang kecil )
* Pelet kusus kura kura ( ukauran kecil )
* Udang kecil dipotong – potong
* Ikan mas kecil
* Ikan gatul
* Cacing tanah di potong
* Serangga kecil seperti nyamuk, lalat, dll


B. Untuk kura kura brazil yang berumur >7 bulan ( < 7 cm ) :

* Udang hidup/segar ( di ambil durinya )
* Ikan mas kecil ( ikan komet )
* Ikan guppy/ ikan cere
* Ikan lele kecil
* Keong air ( mengandung kalsium )
* Jangkrik ( mengandung seluruh vitamin ) the best one
* Cacing tanah
* Pelet kura kura yang banyak dijual
* Beberapa sayuran segar seperti sawi,

makanan tersebut diberikan dengan batas protein 35 %, jangan terlalu banyak memberikan makanan yang berprotein tinggi dan berlemak , karena bisa menyebabkan kegemukan yang berakibat fatal karena bisa mengganggu fungsi kerja ginjal dan jantungnya yang berujung pada kematian.
Untuk pemberian makan dianjurkan sesuai pengalam saya:
umur kurang dari 2 tahun ( 8cm ) 1-2 hari sekali
umur lebih dari 2 tahun ( 8cm ke atas ) 3 kali seminggu atau
2 kali seminggu dengan komposisi sayur-sayuran dan diselingi dengan yang berprotein
Dibawah ini beberapa makanan yang tidak dianjurkan untuk RES :

* daging ayam, kambing, karena mengandung lemak yang tinggi yang membahayakan kesehatan dan menimbulkan adanya microbakteri di dalam usus RES atau bisanya cacingan
* ikan laut : karena kadar garam yang ada di dalm ikan laut sangat tinggi, selain itu, ada beberapa spesies ikan laut yang beracun
* kacang polong/ kacang ijo yang lain
* Bayam : karena mengandung asam oksalat yang membahayakan bagi RES
* udang hidup : karena udang hidup mempunyai senjata di kepalanya yang dapat melukai RES, sebaiknya dianjurkan udang yang mati dan dibuang kepalanya
* beberapa buah buah- buahan yang asam, seperti jeruk, kiwi, mangga, peach, dll

Buah dan sayuran

Umumnya banyak penjual kura-kura yang mengatakan bahwa hewan ini karnivora karena memang lebih suka memakan serangga atau ikan, namun bukan berarti hewan ini tidak membutuhkan sayuran sebagai sumber vitamin yang menyehatkan. Mereka tidak mendapat vitamin A yang cukup jika hanya makan serangga dan makanan komersial saja. Anda perlu memberinya sayuran yang kaya dengan vitamin A seperti wortel, tomat. Beberapa kura-kura juga menyukai lettuce, pepaya, cantaloupe atau pisang. Tapi perlu di ingat banyak orang yang memberi mereka bayam yang sebenarnya tidak dianjurkan untuk diberikan karena dapat menyebabkan komplikasi pencernaan.
Jika kura-kura menolak dan tidak mau sama sekali memakan sayuran atau buah-buahan yang anda berikan, maka solusinya dengan memberikan suplemen vitamin yang banyak terdapat di toko-toko akuarium atau petshop yang nantinya di campur dengan makanan atau pelet, atau bisa juga dilarutkan ke dalam air akuariumnya. Beberapa kura-kura juga dijumpai hobbi makan tanaman air, maka jika anda mau mendekorasi aquarium anda dengan tanaman air, pastikan tanamannya tidak beracun untuk mereka. Beberapa tanaman yang kura-kura akan makan diantaranya adalah water hyacint, water lili, elodia, duckweed. Memberi makan kura-kura anda dengan tanaman air adalah ide yang bagus karena tanaman ini banyak mengandung vitamin A dan juga memberi tempat sebagaimana habitat aslinya di perairan.

Jenis-jenis sayuran dan buah yang baik dan dianjurkan untuk kura-kura

* sawi
* kol
* ubi jalar
* dandelion (banyak mengandung vitamin D baik untuk kekuatan karapas)
* wortel
* green mustard
* tanaman air ( water hyacint, duckweed, water lili, elodia)
* tomat
* pepaya
* anggur

[u][u]Penyakit dan masalah yang sering menyerang serta cara penanggulangannya[/u][/u]

kurangnya nafsu makan
kemungkinan masalah ini yang paling banyak dijumpai oleh para hobbies (termasuk saya sendiri) hehe, masalah ini biasanya awal dari beberapa penyakit yang parah, disebabkan karena banyak faktor , bisa karena gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, gangguan penglihatan, sembelit, diare, bosan karena makanan tidak variatif, atau makanan tidak enak(palsu).

Diare
Bisa diakibatkan oleh kualitas air yang buruk, sehingga kura2 terjangkit bakteri E.coli dari kotorannya(feses) sendiri.
ciri-ciri yang biasa muncul adalah kura2 terlihat lunglai dan lemas tidak se-aktif biasanya, dan feses berbentuk cair dan berbuih.
untuk pencegahannya, rutin mengganti air(bagi yang tidak menggunakan filter), bila terlanjur parah bawalah segera ke dokter hewan.

Sembelit
Kemungkinan diakibatkan karena makanan terlalu banyak mengandung serat atau bahkan terlalu kurang mengandung serat, dan kekurangan cairan.
ciri-cirinya kura-kura tidak puff selama lebih dari 2 hari, dan terlihat menendang2 bagian kloakanya karena kesulitan mengeluarkan feses.
penanggulangannya bisa dengan cara penjemuran dengan air setinggi karapasnya atau perendaman dengan air hangat, ini bisa sangat membantu(pengalaman pribadi) CMIW :
Untuk pencegahannya jangan berikan kura-kura makanan saat didarat mengingat hal tadi di atas yang saya jelaskan, bahwa kura-kura tidak memiliki air liur untuk mempermudah menelan makanannya sehingga diperlukan air untuk melakukan itu.

Muntah
Ini terjadi bisa diakibatkan kura-kura tersedak makanan atau substrat pasir, atau bisa juga karena makanan tidak enak, mengingat jaman sekarang banyak produk yang di palsukan tidak terlewatkan makanan kura2 pun begitu.

Tekena jamur atau parasit
Ini terjadi karena mungkin kualitas air yang tidak baik, atau mungkin untuk parasit biasanya terbawa bersama pakan hidup yang tidak steril,
ciri-cinya bila terkena jamur terdapat bintik2 putih tidak biasa dibagian tubuh kura, dan hati2 jamur ini bisa membuat lubang pada rahang ataupun karapas kura-kura anda (pengalaman teman), pencegahan dini sangat membantu untuk mempercepat pemulihan biasanya dengan perendaman menggunakan antibiotik atau metyl blue untuk ikan, atau bisa juga ditetesi oleh cairan yang mengandung iodine seperti B*t**ine.


Obesitas
Biasanya disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak dan protein berlebih, ciri-cirinya karapas terlihat seperti piramida(tidak aerodinamis heheBig Grin
[/font] pesawat kaleee), terjadi penimbunan lemak disekitar pangkal lengan dan selakangan kaki2 kura2,
dan kesulitan untuk mengambang pada saat mengambil nafas langsung di udara. Untuk pencegahannya bisa dengan memberikan makanan yang tidak sejenis kepada kura-kura contohnya diselingi dengan sayur dan buah minimal 1 minggu sekali, dan hentikan memberi makan dengan kadar lemak dan protein yang berlebih pada kura2




Mungkin sekian yang bisa saya bahas mengenai kura-kura brazil, sesuai pengalaman saya dan dari beberapa sumber yang saya baca dan percaya. semoga bermanfaat untuk yang membacanya. Tetaplah sayangi kura-kura anda, Big GrinBig Grin
Reply
#2
iodine itu mksud nya betadine kan?
Reply
#3
@hadama :betadine tuh klo gk salah mengandung iodine.@vera makasih infonya ya Big Grin
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
  merawat kura berjamur adisaidabout 5 2.922 03-22-2016, 02:10 PM
Last Post: mulia44
Exclamation ass. mohon bantuan, kura kura saya pilek.. Nazhmi FFR 1 202 03-15-2016, 03:53 PM
Last Post: ulfa44
Information Obat-obatan untuk Kura Anda admin 54 20.108 11-28-2014, 08:22 PM
Last Post: Lygia