Thread Rating:
  • 2 Vote(s) - 4.5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Perilaku Makan dan Pencernaan
#1
Lightbulb 
Sebagai panduan umum, kura-kura Brazil (RES) di bawah satu tahun biasanya diberi makan pelet setiap hari dan yang lebih dari satu tahun diberi makan sehari sekali. Sayuran harus ditawarkan setiap hari sementara mangsa hidup seperti jangkrik atau cacing tanah diberikan minimal sebulan sekali (atau bahkan lebih sering).

Darah dari kloaka
Dalam situasi apa pun, munculnya darah dalam kotoran kura-kura Brazil (feses) atau dari kloaka harus mendapatkan perhatian segera. Darah tersebut dapat muncul akibat dari gigitan atau cedera yang terjadi sebelumnya. Bawalah ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan tindak lanjut medis dan ambil sampel kotoran untuk dianalisis lebih lanjut.

Mengeluarkan materi asing saat batuk / muntah
Mengeluarkan sesuatu saat batuk atau muntah-muntah tidak boleh dianggap remeh. Jika saat muntah kura-kura mengeluarkan sesuatu yang sebelumnya tidak dia makan, ambillah sampelnya dan bawa ke dokter hewan untuk dianalisis. Jika hal tersebut sering terjadi, ada kemungkinan gejala infeksi pernapasan yang serius. Ambil langkah-langkah dasar segera hubungi dokter hewan terdekat.

Bahaya sembelit / susah buang air
Jika kura-kura Brazil anda tidak mengeluarkan kotoran sama sekali, periksa dengan apa anda memberi makan kura-kura dan seberapa sering Anda melakukannya. Menempatkan kura-kura dalam air hangat selama 30 menit dan meningkatkan kandungan makanan berserat seperti sayuran dalam dietnya dapat mengatasi masalah ini.

Jika Anda meletakkan pasir, batu-batu kecil, atau kerikil di dalam aquarium, bisa jadi kura-kura Brazil anda telah menelannya. Hal ini biasa terjadi bila jika kura-kura anda menelan batu, pasir, atau kerikil namun tak dapat mengeluarkannya kembali. Jika kondisi ini tidak mengalami perubahan, Anda harus membawanya ke dokter hewan untuk diperiksa lebih lanjut. Pembedahan mungkin perlu dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Ingat, apa pun yang ada di dalam aquarium memiliki potensi untuk dimakan kura-kura anda; singkirkan material berbahaya yang sesuai dengan ukuran mulutnya agar tidak ditelan.

Parasit
Munculnya sesuatu yang tidak biasa pada tinja mungkin merupakan tanda infeksi parasit berbahaya. Parasit sering muncul dalam bentuk serabut atau cacing dalam kotorannya. Gejala lain mungkin ada dan sampel kotoran bisa dibawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan, identifikasi dan pengobatan. Seekor kura-kura yang terluka sangat mudah dihinggapi parasit. Bagian yang luka/cedera perlu diperiksa dengan teliti untuk memastikan bahwa mereka telah mengalami penyembuhan. Periksa kondisi aquarium/kolam dan kualitas airnya. Parasit biasanya muncul dari ikan atau kura-kura lain yang telah terinfeksi sebelumnya. Parasit memiliki sifat yang unik, sehingga sangat penting untuk mengidentifikasi dengan tepat jenis parasit yang menyerang kura-kura sebelum pengobatan diberikan.

RES menolak makan
Ada banyak alasan mengapa kura-kura Brazil tidak mau makan. Kura-kura Brazil yang baru menetas biasanya tidak makan selama beberapa hari, meskipun mereka mendapatkan nutrisi dari cadangan persediaan makanan dari sisa-sisa telur. Suhu yang terlalu dingin membuat metabolisme tubuhnya melambat sehingga dia mogok makan. Air harus konstan pada suhu 32-35 derajat C. Penyakit dan infeksi dapat menekan nafsu makan dan jika timbul gejala lain, mereka harus diselidiki secara menyeluruh. Kura-kura Brazil kadang merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja dan menginginkan variasi. Kura-kura betina biasanya akan menolak untuk makan jika dia bersiap-siap untuk bertelur. Stres juga dapat membuat kura-kura Brazil mogok makan; hal ini biasanya sering terjadi saat anda membeli kura-kura baru.

Pencahayaan dan suhu harus diperiksa dengan teliti. Cobalah memberikan mangsa hidup seperti jangkrik untuk memancingnya agar makan. Bau dari makanan atau makanan yang warna-warni biasanya dapat meningkatkan selera makannya. Daging ayam rebus (tanpa bumbu) atau pelet tuna kaleng juga biasanya cukup disukai. Jika Anda memberi makan kura-kura Anda di tempat terpisah, mereka mungkin merasa lebih nyaman jika makan di aquarium biasanya. Beberapa kura-kura kadang merasa enggan untuk mengambil makanan langsung dari tangan anda. Setelah kura-kura Anda mulai makan kembali, Anda harus mencoba untuk perlahan-lahan beralih ke diet yang lebih tepat.
Reply
#2
kura2 aku punya kebiasaan buruk nii.. masa dia suka makanin feses'y sendiri.. kalo kita liatin c mending, langsung aku ambil feses'y.. tapi kan ga setiap waktu aku liatin.. d'apain ya biar ga gitu lagi? makasih ya info'y..
Reply
#3
Hal trsbt sih wajar bgi res, anda ckp ganti air sesering mgkn
Reply
#4
yup bener apa saran dari bro satria...lebih abik lagi klo aquariumnya dikasih filter bro, biar fesesnya kesaring, n air selalu bersih..waktu kasih makan, dimatikan dulu gak papa... baru selesai , dinyalakan lagi filternya..semoga membantu...
Reply
#5
Mau tanya donk...Kura q itu nafsu makannya bagus, bahkan dy makannya banyak banget, tp kenapa udh 2 hari ini dy ga pup ya?Apa baby kura itu klo pup g tiap hari?

Makasih..
Reply
#6
ga pup atau ga liat dia pup?? kura2 suka makan pupnya sendiri loh
Reply
#7
Aduhhh kurang tau dahh...
kynya sihhh emang blm pup..Soalnya biasanya q liat..Trz klo kemakan gmn?
Reply
#8
gapapa...jijik sih tapi ga masalah
Reply
#9
Sekarang RES q udh pup. Tp Qo pup trz sihh?Sehari ini aja aq udh bersihin pup nya 3x. Klo diliat dari pupnya sih ga ada hal yg aneh, kynya masih normal. Emg RES itu klo pup sehari brp kale ya?
Reply
#10
Wink 
teman2, saya mau tanya donk,,,
kura2 q kl d kasih sayur selalu g dimakan.Huh mw na mkn pelet aj. pdhl tempurung na udh agak jd piramid bentuk na.Sad ad yg punya tips?Big Grin
thanks b4,,,
salam kenal,,, Smile
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
Question Mata Kura-Kura Nutup Terus dan gk mau makan juga berlendir berwarna putih matanya pigletpiglet 9 3.522 11-06-2014, 09:25 PM
Last Post: pigletpiglet
  Kura mata tertutup dan ga makan Magnumjr 3 552 10-14-2014, 06:31 PM
Last Post: Magnumjr
  kura-kura mata tertutup dan ga mau makan pandu 12 9.626 09-07-2014, 07:37 PM
Last Post: dea_light25