Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Perlengkapan Outdoor
#1
Lightbulb 
Kura-kura Brazil memiliki sifat selalu ingin tahu sehingga mereka senang berkeliaran di sekitar daerah kolam. Yang pasti, kolam di luar ruangan (outdoor) tidak mungkin dapat anda awasi sepanjang hari. Sebuah pagar yang rendah atau dinding bata adalah pilihan yang baik untuk memastikan bahwa kura-kura Anda tidak akan bisa memanjat keluar. Kura-kura Brazil kecil yang sedang berjemur di atas kolam sangat mudah dimangsa predator sehingga anda mungkin membutuhkan semacam penutup kolam, misalnya yang terbuat dari kawat kasa sebagai perlindungan. Kolam di daerah berhutan biasanya memerlukan perlindungan yang lebih besar. Burung, anjing hutan, dan rakun merupakan predator hutan yang harus diwaspadai.

[Image: img_usr_tinkersumx_02.jpg]
Tanaman air dapat anda tambahkan ke dalam kolam untuk membantu mengoksidasi air dan menghilangkan kontaminan seperti nitrat yang berasal dari kotoran. Tanaman air menawarkan keteduhan dalam air dan juga membantu menurunkan pertumbuhan alga. Kura-kura Brazil bisa memanfaatkan tanaman air untuk bersembunyi ataupun sebagai tambahan makanan. Tanaman air terdiri dari jenis tanaman air terapung dan tenggelam. Beberapa tanaman seperti enceng gondok melayang dengan bebas di permukaan air dan beberapa tanaman yang tenggelam mungkin sebagian berakar.

[Image: img_anacharis.jpg]
Apabila anda hendak meletakkan tanaman air di kolam, masukkan akarnya ke dalam pot kecil untuk kemudian diletakkan di dasar kolam. Hal ini memastikan akar tanaman tidak merusak pondasi kolam. Tanaman air yang aman untuk digunakan dan dapat dimakan kura-kura Brazil antara lain Anacharis, Duckweed, Nasturtium, Water Hyacinth, Selada Air, enceng gondok, dan Water Lilies.

Layaknya aquarium, semakin besar kolam akan semakin baik. Desain kolam menawarkan lebih banyak variasi seperti panjang dan kedalaman yang lebih luas dibandingkan akuarium. Tergantung pada jenis kolam yang Anda membangun, Anda mungkin harus membangun kolam beberapa sentimeter di atas tanah untuk menghindari bahaya banjir. Batu dapat digunakan untuk membantu menciptakan sebuah perbatasan di tepi kolam.

Daerah berjemur harus menerima banyak sinar matahari, bagian lain dari kolam seharusnya memiliki tempat berteduh permanen. Beberapa daerah berjemur dapat dibuat sendiri dengan harga murah. Tanah, batu, dan kayu datar dapat memberikan lebih banyak daerah alami untuk berjemur. Tanaman air seperti duckweed, eceng gondok dan selada air dapat memberikan beberapa tambahan tempat berteduh yang menarik untuk kura-kura anda. Memberikan air terjun buatan atau air mancur mini dapat meningkatkan kadar oksigen dalam air.
Reply
#2
wah bagus banget infonya,kebetulan saya punya kura yang gede Big Grin
Reply
#3
Wink 
Big Grin good post kbetulan aku punya 7 ekor RES dewasa..Mudah2 an dgn saran td bisa beranak
Reply
#4
kan kura bertelor, tidak beranak Big Grin
Reply
#5
Kalau banyak tanaman air bisa menyebabkan sarang ter nyamuk loh!
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
Lightbulb Pemeliharaan Luar Ruangan (outdoor) admin 14 5.348 12-10-2014, 01:49 PM
Last Post: Darwis J
  Toko Perlengkapan Kura - Kura (HELP) ninogunawan 4 2.116 09-23-2014, 12:21 PM
Last Post: giselle