Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Pernapasan dan perilaku lainnya
#1
Lightbulb 
Di bawah ini adalah daftar gejala pernapasan yang harus Anda perhatikan. Pernapasan tidak teratur jarang terjadi tapi bisa menjadi tanda telah terjadi infeksi pernapasan. Jenis pernapasan harus dipantau dan tidak boleh diabaikan. Berikut ini adalah beberapa penyakit pernapasan dan cara mengatasinya:

Gelembung udara yang keluar dari hidung atau mulut
Hal ini biasa terjadi ketika berada di dalam air. Namun berhati-hatilah jika gelembung terjadi saat Kura-kura Brazil keluar dari air karena hal ini besar kemungkinan adalah infeksi saluran pernafasan; ambil langkah-langkah perawatan dasar dan amati secara cermat.

Suara mendengkur
Hal ini dapat terjadi jika kura-kura anda kelebihan berat badan (overweight) atau setelah melakukan aktifitas yang mengeluarkan banyak energi. Jika terdengar keras dan sering terjadi, hal itu bisa menjadi indikasi kesulitan bernapas. Ini juga dapat merupakan gejala infeksi saluran pernapasan hinga radang paru-paru; ambil langkah-langkah dasar dan amati secara cermat.

Batuk
Batuk-batang hanya kadang terjadi, tapi jika sudah parah atau sering, maka kemungkinannya infeksi saluran pernapasan. Pastikan bahwa kura-kura Anda tidak sedang tersedak. Jika ada sesuatu yang dimuntahkan dari mulutnya namun bukan berupa makanan, cobalah mengumpulkan dan memeriksanya. Dalam hal apapun, ambil langkah-langkah dasar dan amati secara cermat perilaku atau gejalanya. Jika gejala batuk ini dibiarkan, pada beberapa kasus dapat menyebabkan pembusukan pada mulut kura-kura Anda.

Pernapasan mulut
Hal ini cukup jarang terjadi, dan biasanya terjadi hanya selama berjemur. Namun jika hal ini sering terjadi atau disertai dengan suara seperti sedang sesak napas atau lendir, maka kemungkinan kura-kura Anda terkena infeksi saluran pernapasan. Lakukan perawatan dasar dan tetaplah diawasi seksama. Jika sakit berlanjut segera hubungi dokter hewan.

Bersin
Hal ini kadang-kadang terjadi, bahkan di bawah air. Bersin biasa terjadi dan tidak bermasalah apabila tidak disertai lendir/ingus. Apabila bersin disertai lendir semakin parah, maka kemungkinan terjadi infeksi pada saluran pernapasan. Lakukan perawatan dasar dan amati dengan cermat. Jika sakit berlanjut segera hubungi dokter hewan terdekat.

Menguap
Hal ini biasa terjadi ketika kura-kura sedang berjemur, meskipun kadang dapat terjadi di bawah air. Sama seperti gejala-gejala lain di atas, apabila terjadi cukup sering dan ada gejala lain yang mencurigakan, maka kemungkinan terjadi infeksi saluran pernapasan. Lakukan perawatan dasar dan amati dengan cermat. Bawalah ke dokter hewan bila diperlukan.


Berikut adalah contoh penyakit yang seringkali menyerang pernapasan kura-kura Brazil:

  1. Infeksi Saluran Pernapasan (RI/Respiratory Infection)
    Infeksi saluran pernafasan adalah penyakit umum dan mematikan. Gejala yang paling jelas diketahui adalah dari cara berenang. Cara berenang yang tidak teratur misalnya berenang berbentuk lingkaran, berat sebelah, bahkan berenang terbalik. Gejala ini disebabkan oleh cairan berlebih di paru-paru. Anda memerlukan bantuan dokter hewan apabila mereka menunjukkan gejala ini. Semakin cepat diperiksa, semakin besar kesempatan mereka dapat pulih. Gejala lain yang sering terjadi mencakup sesak napas, batuk, bersin, sering buka mulut, menguap, mendesah-desah, sering berjemur dan jarang bergerak, kehilangan nafsu makan, atau munculnya semacam gelembung lendir dari hidung dan mulut. Jika Kura-kura Brazil Anda menunjukkan gejala-gejala tersebut, naikkan suhu aquarium, karantina yang sakit, dan ganti air aquarium. Suhu udara dan air harus dinaikkan antara 3-5 derajat celcius.
  2. Pneumonia (Radang paru-paru)
    Ini juga salah satu penyakit pernapasan yang paling mematikan. Biasanya kura akan mati bila tidak diobati dalam 3 hari. Ciri-ciri umum pneumonia adalah:
    • Mulut terbuka dan menutup untuk bernafas.
    • Leher memanjang dan sedikit mengangguk karena kesulitan bernafas.
    • Terdapat cairan lendir pada lubang hidung dan mulut, bisa terlihat kasat mata, bisa juga tidak karena lendir terlalu kental.
    • Kaki lemah untuk masuk ke dalam tempurung.
    • Mulut dan mata terlihat kering (dehidrasi)
    • Stress/depresi.
    • Menolak untuk makan dan lebih sering berjemur.
    Bila semua gejala tersebut terpenuhi, maka kura anda dipastikan positif mengalami Pneumonia. Pertolongan secepatnya untuk menyelamatkan kura-kura yang terkena pneumonia sangatlah penting, penanganan pertama adalah dengan menyuntikkan antibiotik Enrofloxacyn karena penundaan beberapa jam saja bisa berakibat fatal. Bila tidak yakin, segeralah bawa ke dokter hewan terdekat.
  3. Pilek
    Penyakit ini cukup berbahaya karena bila dibiarkan seringkali berkembang menjadi penyakit mematikan "Runny nose Syndrome". Gejala yang umum adalah munculnya gelembung-gelembung udara keluar dari hidung yang kadang disertai suara-suara. Pengobatan dasarnya adalah dengan menyedot lendir (ingus) di hidung dengan alat sedot ingus untuk bayi (tersedia di supermarket) kemudian oleskan Gentamycin/Terramycin salep ataupun Baytril ke bagian luar hidungnya secara konstan sekali sehari.
Reply
#2
mau ane tambahin.

Dulu si Musa.. sakit ini nih.. masi ane inget.

Kelakuannya jadi berjemur terus.. pas ane liat lebih deket lagi matanya ketutup. padahal ane dah deket gitu seharusnya dia bangun dong, harus ane angkat dulu baru dia bangun Sad

gua stress banget pada saat itu, begitu gua cemplungin dia ke air.. ga tau kenapa reaksi dia ga berenang di air tapi malah ngambang bro.. dah ngambang begitu balik lagi ke basking area Sad

Terus ane dah keliling forum kemana-mana
akhirnya ane ketemu http://www.redearslider.com (greates site's ever)

ampe akhirnya gua telepon 108 dan melakukan apa yang di katakan dr. Rotoro serta orang-orang forum sana. Smile (forum turtle's talk)
Yah skrg dia sudah sehat.
Namun sayangnya aku mempunyai 1 problem.
Mineral deposit Sad

Help...

Jadi gini nih, kalo lagi sakit ini kasi makannya Ikan Tuna (kaleng). Kaya akan protein, serta amis nya luar biasa. Hati hati dengan minyaknya ya. Minyaknya jg parah banget di kalengnya.
Jadi kasi makannya di pisahkan dengan aquarium yang besar.
Misalnya.. di toilet. kan ada tempat buat lu sikat gigi.
Kalo aku sih disitu.
Gitu deh.. dia pasti makan kok kalo ama yang amis banget walaupun dia lagi flu.
Ya jadi sehabis itu.. di suntik ama Dr Rotoro.

baru 2 hari gan.. sembuh Smile
padahal RI nya dah parah ini. gua kira padahal dah ga ada harapan.
OMG at that day, dia keluar dari air and matanya kebuka.
Gua kerasa bangga gan kaya mau nangis Smile
terus gua angkat dia tinggi-tinggi.
Gua cuci badannya, reaksinya kaya ngelawan gua.
Hahahaha dah sehat Smile

Gitu aja deh gan. supaya jadi contoh apa yang harus dilakukan agan-agan ketika kura kura sakit RI.
Reply
#3
@ jameshermanto : dr. rotoro itu sapa bro???
trus ikan tuna tuh biasanya dijual dalam kemasan kaleng merk apa? klo gak bisa sebutin merk disini....lewat pm gak pap bro...
thanks yah....Smile
Reply
#4
(03-21-2010, 10:19 AM)yoego Wrote:  @ jameshermanto : dr. rotoro itu sapa bro???
trus ikan tuna tuh biasanya dijual dalam kemasan kaleng merk apa? klo gak bisa sebutin merk disini....lewat pm gak pap bro...
thanks yah....Smile

Pemberian Tuna bisa mengakibatkan Sallamoneal g????
Bro n Sist, maw nanya nich.
W br bli RES baru.
Tapi mua na pada berenang n g ad yg berjemur.
Ap karea Basking area w g laku y????Dodgy
padahal daerah na mudah di naiki.

Truz maw nanya age, kura w berhenti di pinggiran basking(Badan di aer) tapi nafas na kayak orang cikukan (Nae turun kepala na).
Tu karena ap y???
Thx....Big Grin
Reply
#5
(03-21-2010, 05:12 PM)Tinton Nugraha Wrote:  Bro n Sist, maw nanya nich.
W br bli RES baru.
Tapi mua na pada berenang n g ad yg berjemur.
Ap karea Basking area w g laku y????Dodgy
padahal daerah na mudah di naiki.

Truz maw nanya age, kura w berhenti di pinggiran basking(Badan di aer) tapi nafas na kayak orang cikukan (Nae turun kepala na).
Tu karena ap y???
Thx....Big Grin

wah lagi banyak uang nih bro tinton....Smile
klo menurut saya nih bro... kura yg aktif di air malah tandanya sehat, daripada yg berjemur trus,,,
yg bagus sih, jemur , yah renang....
mungkin punya bro tinton belum terbiasa aja, nanti klo tidur pasti naek ke atas basking....
klo yg cegugan tuh saya kurang tau bro,,,, mungkin makannya keburu2 ato kepedasan,,,,Tongue..bcanda bro...
mungkin yg lain bisa jelasin...
Reply
#6
Pemberian Tuna bisa mengakibatkan Sallamoneal g????

kaga bro santai aja

dr. rotoro itu sapa bro???
trus ikan tuna tuh biasanya dijual dalam kemasan kaleng merk apa? klo gak bisa sebutin merk disini....lewat pm gak pap bro...
thanks yah....Smile

Merk nya lupa gan. yang jelas begitu di buka kaleng nya. amisnya kemana mana. terus airnya mengandung minyak banyak banget gan.
aku kasi porsi nya 1/2 sendok teh dalam 1 minggu sekali.
kalo pas flu 1/2 sendok jg tapi usahakan tiap hari sampai sembuh.
Jauhkan cairan minyak di dalam tuna karena bisa membuat air menjadi bau amis dan berminyak.

Dr rotoro itu. Dr buat reptile nih gan.

Klinik Hewan Drh. Cucu Kartini Sajuthi, dkk. Jalan Panjang, Ruko Green garden. Blok I-9 No.35 Jakarta Barat Alamat nya itu. Tel: (021) 583-02918 / 583-02919
ADa lagi yang di sunter nih gan.
jl.sunter Permai Raya Ruko Nirwana Sunter Asri Tahap III blok J-1 no.2 telp.021.6515261/62

Gitu gan.
Prakteknya ya.
Kamis dan sabtu di sunter. dari pagi ampe sore jam 6
hari Jumat di Green Garden. dari pagi ampe sore jam 6
ada lagi nih gan


Klinik/Drh.: S. R. Rotoro,Drh.
Jl Dr. Sutomo No 2
Phone: 0283 - 332771. 08151658867
Fax:
Tegal - Jawa Tengah

udah deh. di tegal pada hari senin - rabu.

Ok deh gan. Smile
Reply
#7
@ bro james : wah sangat membantu bro.. thanks banyak..
oiya yg dikasih makan tuh, punya bro,,,, ukuran berapa cm? msih baby or dah dewasa? thanks...Smile
Reply
#8
@kak james: kalo penanggulangan mineral deposit tu gmn y?

.gunany ikan tuna tdi pa? Kok sampe flu.flu sgala? Wink

.dr.rotoro kalo tnya ttg hwan via sms bsa g? Mumpg hemat pulsa. Hha Smile
Reply
#9
(03-22-2010, 09:03 PM)satria kukuh Wrote:  @kak james: kalo penanggulangan mineral deposit tu gmn y?

.gunany ikan tuna tdi pa? Kok sampe flu.flu sgala? Wink

.dr.rotoro kalo tnya ttg hwan via sms bsa g? Mumpg hemat pulsa. Hha Smile

pake simpati yah bro..?
saya baru tau kemarin klo ada bonusnya, eh pas dicek ada bonus sms ,,,hehe
-----> saya tunggu jawabannya bro james...Smile
Reply
#10

wah lagi banyak uang nih bro tinton....Smile
klo menurut saya nih bro... kura yg aktif di air malah tandanya sehat, daripada yg berjemur trus,,,
yg bagus sih, jemur , yah renang....
mungkin punya bro tinton belum terbiasa aja, nanti klo tidur pasti naek ke atas basking....
klo yg cegugan tuh saya kurang tau bro,,,, mungkin makannya keburu2 ato kepedasan,,,,Tongue..bcanda bro...
mungkin yg lain bisa jelasin...
[/quote]

G ah bro, pake duit utang.
Mumpung masi bisa utang.
Hehehe..........
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
Lightbulb Perilaku Makan dan Pencernaan admin 61 13.248 06-13-2016, 10:19 AM
Last Post: CXdsfervga
Lightbulb Perilaku-perilaku yang Tidak Normal admin 77 16.206 07-09-2014, 04:11 PM
Last Post: hyde758