Thread Rating:
  • 5 Vote(s) - 4.2 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Suplemen dan Vitamin
#1
Lightbulb 
Meskipun memberi makanan sesuai aturan sudah cukup untuk membuat kura-kura anda sehat, anda juga membutuhkan tambahan suplemen dan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh kura-kura agar tak mudah sakit. Apabila anda berniat menggunakan suplemen dan vitamin, gunakan dengan hati-hati. Periksa apa saja yang terkandung dalam suplemen dan pastikan kandungan fosfor sangat rendah.

Kalsium adalah hak yang paling sering direkomendasikan sebagai suplemen untuk menambah diet kura-kura. Setiap kura-kura membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan cangkang. Jumlah kalsium yang diperlukan dalam makanan harus lebih besar daripada fosfor yang biasanya diberi lambang Ca : P (kalsium banding fosfor) adalah 1,5:1 atau 2,5:1. Betina yang sedang bertelur, kura-kura muda, dan kura-kura yang cedera pada tempurungnya harus mendapat tambahan kalsium. Namun harus dicatat bahwa jumlah kalsium yang berlebihan dapat berbahaya. Ginjal menjaga kadar kalsium dalam tubuh dan membuangnya jika berlebih.

[Image: img1495uk.jpg]
Tulang sotong yang dapat diperoleh dengan harga Rp 500,- saja

Berikut adalah beberapa saran untuk tambahan suplemen kalsium dan vitamin:
  • Tulang sotong/tulang cumi-cumi (ikan nus), ini merupakan pilihan paling baik untuk para pencinta kura-kura Brazil. Harganya sangat murah dan mudah di dapat di pasar hewan/pasar burung karena juga digunakan untuk burung berkicau. Buang bagian belakangnya yang keras dan berikan pada kura-kura anda sepotong kecil tulang sotong.
  • Rep-Cal Calcium - Sejenis bubuk bebas fosfor untuk bahan pembuatan pelet. Tidak mengandung suplemen vitamin D3 sehingga anda harus sering menjemur kura-kura Brazil di bawah sinar matahari atau lampu UVB.
  • Rep-Cal Calsium dengan Vitamin D3 - Sama seperti Rep-Cal Calsium namun mengandung banyak vitamin D3. Jangan gunakan jika kura-kura Brazil anda telah mendapat cukup sinar matahari atau sinar UVB.
  • Rep-Cal Herptivite Multivitamin (vitamin A, Asam Amino) - Suplemen beta-karoten yang memungkinkan kura-kura anda secara alami mengubah suplemen menjadi Vitamin A.
  • Tetra Fauna ReptoCal (kalsium, Vitamin D3) - Suplemen vitamin D3 dan kalsium bubuk yang sedikit mengandung fosfor. Jangan digunakan apabila anda memelihara kura-kura Brazil di luar ruangan.
  • Zoo Med's Reptivite Reptil Vitamin (Kalsium, Asam Amino) - Salah satu jenis suplemen bubuk yang mengandung kalsium dan fosfor dengan rasio 2:1.
  • Minyak hati ikan Cod (Vitamin A) - Sebuah suplemen berbentuk kapsul berisi gel lembut yang dapat ditemukan di supermarket, apotek dan toko makanan kesehatan. Minyak ini memiliki kandungan Vitamin A yang cukup tinggi. Hal ini dibutuhkan agar kura-kura anda memiliki mata yang sehat.

Untuk pemesanan atau informasi lebih lanjut tentang suplemen dan vitamin khusus kura-kura Brazil ini anda mungkin bisa mencarinya di Sub-forum Khusus Jual Beli.
Reply
#2
Rainbow 
hadoooooooohh...
disini tulang sotong MAHAL Loh mas admin ConfusedConfused

berkisar 2rb - 5rb rupiah..

huhu
Reply
#3
Wuih, mahal amat.. Sad
Di sini rata-rata dihargai 500 rupiah saja per buah. Dijual di sana 1000/buah untung banyak juga ya.. He..He.. (insting wirausaha mode:on) Big Grin
Reply
#4
(01-22-2010, 07:14 PM)chachichu Wrote:  hadoooooooohh...
disini tulang sotong MAHAL Loh mas admin ConfusedConfused

berkisar 2rb - 5rb rupiah..

huhu

Cha tinggal dimana sih?? kok muahal amat begitu!!

di dkt rumah sy macem2 ada yg 500-1000 ... yg 500 lebih kecil dr yg seribu.

tambahan
buang bagian keras/punggung tulang sotongnya harus tabah...kalo beruntung bisa dpt yg gampang dicongkel kalo susah yah hrs tabah bgt. Paling aman dicongkel pake pisau yg dah tumpul...jd kl kena tangan ga luka parah. DAN TULANG SOTONG INI WAJIB LOH!!!
(setidaknya begitu kata forum 1 lg yg gw ikutin)

Sy dah pernah menulis ttg hal persotongan di blog Smile kame n kroten SANGAT SUKA tulang sotong.
Reply
#5
wahhh,thanks admin,ampe ada gambarnya segala Big Grin ...
mahal ya tulang sotong?ya sekali-kali aja ngasinya,masak kita aja yang makan enak :p ,kan kura sehat=kita gak stres=kita sehat ,hahaha Big Grin
(01-22-2010, 10:00 PM)Novroz Wrote:  tambahan
buang bagian keras/punggung tulang sotongnya harus tabah...kalo beruntung bisa dpt yg gampang dicongkel kalo susah yah hrs tabah bgt. Paling aman dicongkel pake pisau yg dah tumpul...jd kl kena tangan ga luka parah. DAN TULANG SOTONG INI WAJIB LOH!!!
(setidaknya begitu kata forum 1 lg yg gw ikutin)

Sy dah pernah menulis ttg hal persotongan di blog Smile kame n kroten SANGAT SUKA tulang sotong.

sis Novroz *bener sis kan?* hehehe
yang di congkel itu apa? duri/tulang ya?duri/tulang tsb gak boleh kemakan ya?
maaf ya tanya banyak Sad ,gak pernah bantu nyokap potong2 sotong :p ,ane tukang bawa belanjaan doank,hehhehe...
Reply
#6
(01-23-2010, 01:33 AM)kijangijo Wrote:  wahhh,thanks admin,ampe ada gambarnya segala Big Grin ...
mahal ya tulang sotong?ya sekali-kali aja ngasinya,masak kita aja yang makan enak :p ,kan kura sehat=kita gak stres=kita sehat ,hahaha Big Grin

sis Novroz *bener sis kan?* hehehe
yang di congkel itu apa? duri/tulang ya?duri/tulang tsb gak boleh kemakan ya?
maaf ya tanya banyak Sad ,gak pernah bantu nyokap potong2 sotong :p ,ane tukang bawa belanjaan doank,hehhehe...

Tulang sotong murah kok!!!

untuk lebij jelasnya silakan liat disini http://bokunosekai.wordpress.com/2009/04/15/perawatan-kura-kura-pola-makan/

di situ ada foto Tulang sotong sebelum dan sesudah di congkel.

PS. tulang sotong itu bukan yg dr belanjaan ibu2 loh!! di tukang pakan burung dah dijual yg kering2 dan lumayan gede2
Reply
#7
eh tulang sotong tuh paan yak ???
Reply
#8
Tulang sotong (klik fotonya untuk liat arti nomor2nya)

[Image: tulang-sotong.jpg]
Reply
#9
(01-24-2010, 01:39 PM)Novroz Wrote:  Tulang sotong (klik fotonya untuk liat arti nomor2nya)

gilleee ni mbak novroz, mantebbss banget inpohnya,,,,
thanks ya.....
td gue nyari di penual burung, eh kagak tau apaan tuh tulang sotong,malah suruh nyari di pasar ikan....HuhHuhHuh
besok hunting lagi cari tulang sotong ah.....Cool

oiya , dikasih udang juga gak papa kan???
Reply
#10
Tapi kalo beli tulang sotong nyebutiny pa'an y? Coz ak blg gtu pnjualny bgung!
.
Kak novros mnta email Facebook dnk!
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
Information Mau beli vitamin/ suplemen untuk bayi kura-kura brazil BlueEyes8 4 2.434 03-20-2014, 11:20 AM
Last Post: priotas