Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Temperatur dan Kualitas Air
#1
Lightbulb 
[Image: img_prd_thermometer.jpg]
Termometer mudah digunakan, murah. dan mutlak diperlukan untuk dapat mengukur temperatur air. Anda disarankan menggunakan 2 termometer berbeda, satu di dalam air untuk memonitor suhu air dan lainnya memantau suhu di daerah berjemur. Termometer digital memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi daripada termometer air raksa.

[Image: img_prd_heater.jpg]
Suhu air harus dipantau dan pastikan suhu berkisar 25-27 derajat celcius untuk bayi kura-kura dan kura-kura muda serta 24-26 derajat celcius untuk kura-kura Brazil dewasa. Air yang terlalu dingin dapat menyebabkan kura-kura tidak aktif, kurang responsif, bahkan hilangnya nafsu makan. Apabila suhu lebih dingin, tambahkan pemanas air (water heater) yang khusus dirancang untuk aquarium. Suhu air yang terlalu hangat dapat meningkatkan potensi munculnya bakteri penyakit. Saat ini pendingin aquarium tersedia namun dengan harga relatif mahal. Alternatifnya adalah dengan meletakkan aquarium dalam ruangan ber-AC. Pilihan lain mungkin dengan membungkus filter air dengan styrofoam pendingin atau es yang dibungkus dalam kantung kecil meskipun cara ini hanya efektif untuk aquarium kecil.

Kura-kura Brazil Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu di dalam air, upayakan menjaga air tetap bersih. Kura-kura Brazil akan makan, tidur, dan membuang kotorannya dalam air sehingga air perlu dibersihkan dan diperhatikan. Air yang kotor adalah sumber utama penyakit dan infeksi untuk kura-kura Brazil.

Air ledeng biasanya baik untuk digunakan kura-kura Brazil. Air ledeng harus diperhatikan tingkat kandungan klorin dan pH. Air ledeng biasanya memiliki pH 8,0 yang cukup bersifat basa. Buka keran air selama satu menit sebelum digunakan. Jangan gunakan air PAM untuk mengisi aquarium anda! Air PAM mengandung banyak mineral yang berbahaya bagi kura-kura anda seperti kaporit dan klorin dalam jumlah besar. Bila terpaksa, gunakan air PAm yang telah diendapkan semalaman dalam wadah untuk mengisi air aquarium/kolam.
Reply
#2
admin tau ga tempat jual heater? dan lampu UVB?
Reply
#3
Heater banyak dijual di supermarket. Di Jogja (di kota lain mungkin juga ada) heater juga dijual di Carrefour pada bagian perlengkapan hewan peliharaan. Lampu UVB bisa diperoleh di toko-toko hewan peliharaan. Harganya berkisar mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 250.000 per itemnya (tergantung merk dan daya yang dihasilkan). Smile
Reply
#4
eh?? ada ya di carefour...okeh deh nnt dilirik2.

Kalo yg UVB sering sy temuin cuma UVB2an...ga benar2 menghasilkan UV...pengen yg benarannya
Reply
#5
Gw bingung neh,, gw tggal di k0st, yg ada tuh cuma aer pam.. Aer tanah ato sjnisny susah nemu nya.. Jadii Res nyah gw kasi aer mineral asli cnt0hnya aer aqua gitu.. Boleh gag? Ato ada efek sampgnya ?
Reply
#6
Air aQua boleh diberikan (tapi menguras kantong buat beli segalon). Dari kandungan kimia aQua sepertinya tidak ada masalah untuk diberikan ke kura-kura Brazil.

Air PAM ("Perusahaan Air Mentah") bisa digunakan namun harus diendapkan dulu kira-kira 1 malam dan jangan gunakan air yang berada di dasar wadah. Hal tersebut dilakukan untuk mengendapkan zat-zat berbahaya dalam air PAM seperti kaporit dan tawas.
Reply
#7
Gapapah dee nguras kant0ng,, yg pnting ga mngganggu kshatan kuya gw.. Hehehe.. Thenkyuww admin Smile
Reply
#8
(02-11-2010, 12:10 PM)niindh Wrote:  Gapapah dee nguras kant0ng,, yg pnting ga mngganggu kshatan kuya gw.. Hehehe.. Thenkyuww admin Smile

wah hebat!!! salut!! emang kl buat piaraan gapapa menguras kantong
Reply
#9
Orang kya! Bda sama klas mnengah! Hha!
.just kidding!

.maw nny, kalo wktu pmrian rid-all anti ich [biru] dcmpur/dpadukan dgn air hgat, pa kah tdk pa2! Thanks
Reply
#10
(02-11-2010, 12:10 PM)niindh Wrote:  Gapapah dee nguras kant0ng,, yg pnting ga mngganggu kshatan kuya gw.. Hehehe.. Thenkyuww admin Smile
selamat datang buat sis niindh...... yupy, salut ma sis, lebih amannya emang pake air mineral kagak masalah sis.... semangat terus ya..... sering2 maen ke forum sekedar berbagi ilmu n pengalaman, okee.....!!!!

(02-11-2010, 09:30 PM)satria kukuh Wrote:  Orang kya! Bda sama klas mnengah! Hha!
.just kidding!

.maw nny, kalo wktu pmrian rid-all anti ich [biru] dcmpur/dpadukan dgn air hgat, pa kah tdk pa2! Thanks
klo menurut saya sih gak papa bro... ya semuanya asalkan dalam ukuran yg pas...maksudnya, cairan birunya juga sesuai takaran n hangatnya air juga sesuai, jgn panas2 ....ok bro.....Big Grin
@all :
oiya...saya punya pengalaman yg konyol ttg heater ini.... ya semoga temen2 gak niru kebodohan yg saya lakukan TongueCool

beberapa waktu lalu saya pake heater...tiba2 suatu saat gak sengaja kaki kesandung kabel heater, alhasil heater meloncat dari pegangan karetnya n keluar dari air.... saya panik..langsung mencabut stop kontaknya.... karena rada panik, n bingung...saya pegang kacanya, uihhhAngry panas.... gmn nih.... heaternya masih fungsi gak yah... saya coba tetesi pake air(masih dalam keadaan panas)..terdengarlah suara cesss.......Shy, oh masih bisa.....Big Grin
akhirnya tanpa babibu...heater langsung kumasukkan air seperti posisi semula..
duaaaarrr.....HuhConfusedDodgy aduuuhhhh heater meledak n kaca pecah.....
aseeemmmmm... heater blm ada seminggu dah pecah...Big Grin

wah fisika dulu dapet nilai berapa nih....ckckck...

yah semoga bisa pelajaran bagi temen2 yah...Cool
Reply