Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 1 Votes - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tips Saat Membeli Kura-kura Brazil
Penulis Pesan
admin Offline
Administrator
*******

Post: #1
Tips Saat Membeli Kura-kura Brazil
[Image: rio-grande.jpg]

Untuk anda yang berminat memelihara kura Brazil ataupun ingin menambah peliharaan anda di rumah, cobalah ikuti tips singkat di bawah ini untuk mendapatkan kura Brazil yang sehat dan tidak mudah sakit. Semoga bermanfaat.

  1. Yang pertama dan wajib diperhatikan tentu saja kondisi fisiknya. Pilihlah yang tidak cacat, kelihatan aktif, dan tidak menutup matanya.
  2. Perhatikan pada karapas (tempurung atas), jangan pilih kura yang memiliki lubang di tempurung, lecet, bercak-bercak/noda putih, atau kura yang memiliki guratan garis kemerahan seperti luka di tepi scutes (buku-buku).
  3. Lihat juga bagian plastron (tempurung bawah), jangan pilih kura yang bentuk plastronnya tidak simetris (tidak proporsional) atau kura yang memiliki cekungan tidak beraturan di plastronnya.
  4. Pada mulut dan hidungnya, perhatikan jika ada cairan. Jangan pilih kura yang memiliki ingus di hidung atau mulut yang berbusa !
  5. Kepala kura harus dalam keadaan normal, tidak naik-turun layaknya ayam ketika berjalan.
  6. Ekor kura harus cukup panjang dan tidak buntung karena kura berekor buntung biasanya memiliki masalah keseimbangan di air.
  7. Cobalah lihat pada kulit leher, kulit kaki, maupun kepalanya. Jangan pilih kura bila terdapat benjolan baik besar maupun kecil di bagian tubuh tersebut.
  8. Pastikan keempat kaki kura dalam keadaan sehat, tak ada bekas luka, dan tidak ada kuku yang putus. Kedua kaki depan memiliki 10 kuku sedangkan kaki belakang hanya 8 kuku.
  9. Kura Brazil terkenal karena corak karapas dan warnanya yang menarik. Kura muda biasanya berwarna hijau terang maupun gelap, sedangkan bila berukuran lebih dari 15 cm coraknya akan memudar dan warnanya berubah kecoklatan.
  10. Untuk memastikan kesehatan dan reaksinya terhadap lingkungan, cobalah ulurkan jari tangan anda kepada kura. Kura yang sehat dan aktif akan merespon jari anda dan berusaha menggigitnya. Ini adalah wajar dan menjadi indikasi kura dalam keadaan baik.
    Catatan Wrote:Anda tidak perlu khawatir terhadap gigitan tersebut. Kura yang telah dapat beradaptasi dan berinteraksi dengan pemiliknya akan lebih jarang menggigit.
  11. Cobalah pegang kura tersebut, kura yang sehat akan berontak dan mencoba melepaskan diri dari pegangan anda.
  12. Jangan sekali-kali memilih kura yang sedang sakit meskipun anda yakin dapat menyembuhkannya.
  13. Beberapa perbedaan kura seperti jumlah scutes yang abnormal, pilihan warna karapas yang beragam, dan beragam perbedaan lainnya silahkan kembali ke selera masing-masing.

06-01-2010, 04:03 PM
Quote this message in a reply
satria kukuh Offline
Kura Mania
***

Post: #2
RE: Tips Saat Membeli Kura-kura Brazil
Fotonya kyk yang dirumah... agak kekuning2an... bagus tipsnya....

PERTAMAX.....
Maaf apakah kura2 di foto diatas termasuk jenis "RIO GRANDE"?? :huh:Apabila iya.... berarti sya sangat beruntung....Big GrinTongue


Hello
06-01-2010, 04:15 PM
Visit this user's website Quote this message in a reply
Novroz Offline
Kura Lover
****

Post: #3
RE: Tips Saat Membeli Kura-kura Brazil
Hehe sy dulu beli kroten tidak mengikuti tips itu...tp tidak menyesal juga Smile


Perawatan Kura-Kura
Underneath The Shell - Where Turtles Can Blog
06-01-2010, 06:26 PM
Visit this user's website Quote this message in a reply
satria kukuh Offline
Kura Mania
***

Post: #4
RE: Tips Saat Membeli Kura-kura Brazil
Me too!


Hello
06-01-2010, 06:54 PM
Visit this user's website Quote this message in a reply
mrd218 Offline
Kurabie
*

Post: #5
RE: Tips Saat Membeli Kura-kura Brazil
(06-01-2010 06:54 PM)satria kukuh Wrote:  Me too!

Iya dulu beli kuranya asal (itu jg karena dibeliin) hehe..N yg beli g begitu tau tentang kura (meskipun udh q kasih tau, harus diliat n dipilih yang lengkap). Sebelumnya q dibeliin 2, yg satu udah mati karena ya itu ! Aq sempet curiga sm kura yg satu itu :
1. ada putihnya di karapas n tubuhnya
2. ga aktif
3. ga mau makan dari pertama kali dy smpe k tangan aq...
Akhirnya bener aja cuma 2 hari di tangan q langsung mati...

Sad Huh

06-02-2010, 09:37 AM
Quote this message in a reply
yoego Offline
Kura Mania
***

Post: #6
RE: Tips Saat Membeli Kura-kura Brazil
mungkin ini tambahan dari saya....
Bagi yang masih awal memelihara apalagi tidak cukup waktu buat kuranya..misal buat ganti air, menjemur, dsb..yaitu...

Belilah yg udah agak gede sekitar 6cm ke atas dengan memperhatikan spesifikasi dan tips dari bro admin juga..karena kura brazil dengan ukuran seperti itu biasanya udah tahan banting. Klo masih uk. 3-5 cm biasanya rawan sakit bahkan kematian...dan yg masih awam kadang kapok untuk memeliharanya lagi....

Semoga membantu....Smile

06-06-2010, 01:01 AM
Quote this message in a reply
mrd218 Offline
Kurabie
*

Post: #7
RE: Tips Saat Membeli Kura-kura Brazil
(06-06-2010 01:01 AM)yoego Wrote:  mungkin ini tambahan dari saya....
Bagi yang masih awal memelihara apalagi tidak cukup waktu buat kuranya..misal buat ganti air, menjemur, dsb..yaitu...

Belilah yg udah agak gede sekitar 6cm ke atas dengan memperhatikan spesifikasi dan tips dari bro admin juga..karena kura brazil dengan ukuran seperti itu biasanya udah tahan banting. Klo masih uk. 3-5 cm biasanya rawan sakit bahkan kematian...dan yg masih awam kadang kapok untuk memeliharanya lagi....

Semoga membantu....Smile

IYa sih bener tp kynya kurang greget gitu klo beli yg udh gedean..Ga ada tantangannya...

06-07-2010, 09:56 AM
Quote this message in a reply
satria kukuh Offline
Kura Mania
***

Post: #8
RE: Tips Saat Membeli Kura-kura Brazil
Yuph, bener tu! Rasanya kyk anak angkt, kalo kcl kan sprti pny ank sndri!


Hello
06-07-2010, 12:41 PM
Visit this user's website Quote this message in a reply
mrd218 Offline
Kurabie
*

Post: #9
RE: Tips Saat Membeli Kura-kura Brazil
(06-07-2010 12:41 PM)satria kukuh Wrote:  Yuph, bener tu! Rasanya kyk anak angkt, kalo kcl kan sprti pny ank sndri!

betul betul betul...

Big Grin

06-07-2010, 10:59 PM
Quote this message in a reply
yoego Offline
Kura Mania
***

Post: #10
RE: Tips Saat Membeli Kura-kura Brazil
hehe....ini cuma buat yg masih awam dan mau memulai melihara bro....yg belum pernah memelihara serta belum memiliki pengalaman... Smile

3-5cm dengan 6cm ke atas klo dilihat gak terlalu berbeda lo bro.....hehe,,,

pokoknya biar semangat aja meliharanya...klo dah berpengalaman, baru deh melihara yg dari bayi....kayak punya si bro admin tuh menurut saya dah 5cm....udah lumayan kuat...

Ciri2 yg masih kecil banget(klo manusia tuh masih bayi merah Tongue) :
1) ukurannya dibawah 5cm
2) jarak antar scute belum begitu jelas/ tidak ada warna hitamnya....
3) masih keliatan lemah/ belum lincah....

waktu yg dibutuhkan untuk menambah 1 cm bisa 3bln lebih loh....Big Grin

06-10-2010, 03:41 PM
Quote this message in a reply
Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
Lightbulb Bolehkah Melepaskan Kura-kura Brazil ke alam? admin 47 6.604 10-10-2014 01:54 PM
Last Post: Cleeon
Lightbulb Anatomi Kura-kura Brazil admin 2 2.068 10-08-2014 10:34 AM
Last Post: Cleeon
  Kesehatan kura-kura SamanthaMS 1 128 08-11-2014 03:15 PM
Last Post: nagita


Return to TopReturn to Content