Thread Rating:
  • 3 Vote(s) - 4 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tips Umum Dalam Merawat Kura-kura Brazil
#11
kl maksudnya kura brazil, lbh baik banyak air dgn ada daratan yg mudah diakses untuk berjemur.
krn res suka berenang dan meluncur ke air,
Reply
#12
Butuh saran nih. Aku masih newbie. Kura2ku kayaknya susah beradaptasi sama tempat baru, napsu makannya kurang. Ada trik khusus nda? Biar si RES ini mudah beradaptasi dan nda terlalu stres
Reply
#13
tp masih mau makan?

byk faktor kl kura baru.
kondisi habitat dan air bgmn?
kondisi kura sudah pasti sehat? krn byk yg beli ternyata kurang sehat.
pakan harus dicari tahu apa yg disuka.

udah dicoba kasih pakan apa?
baby cenderung karnivora, dikasih pakan daging2an, spt udang, ulat hongkong, jangkrik kecil atau ikan kecil. biasanya suka menu itu
Reply
#14
Iya. Q kasi pelet masi mau. Apa kura2 itu tdk suka berisik y? Oh ya kalo ngasi udang, gimana caranya?
Makasi infonya. Q baru tau kalo baby cenderung karnivora
Reply
#15
kl mslh berisik, spt nya tergantung masing2 kura.
tp lbh baik plihara di tempat yg tenang (jdn deket tv)

kasih udang dagingnya aja, kupas kulit, kepala dan ekor
Reply
#16
admin, newbie mau tanya ni.
saya punya kura ukuran 10 cm, udah sktr 5 bulan saya piara.
Hari ini baru beli kura lagi ukuran 6 cm, pas di gabungin kok mereka kayak berantem yah ?
yang besar nantangin yang kecil an. Cara biar mereka akur gimana ya ?

thanks.
Reply
#17
kura lama, apalagi lbh besar akan merasa superior di teritorinya.
apalagi terhadap kura baru yg lbh kecil.

tip saja, lbh baik plihara terpisah dahulu untuk memastikan kura baru benar2 sehat.
setelah itu coba dicampur dan diawasi, jika ada penolakan dr kura lama, segera dipisah.
bisa diulang camput besoknya dan pisah lagi jika ada penolakan.
diulang terus sampe akur.
res umumnya kura yg dpt hidup berkelompok apalagi sejenis.

1 lg, kura beda ukuran yg dicampur hrs diawasi saat memberi pakan, krn yg kecil akan kalah berebut
Reply
#18
met sore teman2
salam knal...

mw nanya nih kalo kita ngasih air anget2 kuku ke akuariumnya si baby res gpp yah?
soalnya kemaren cuacanya mendung, trus dingin gitu
si winnie jadinya kasihan
trus aku keluarin si winnie, aku kurangin airnya, trus aku tambahin air panas dikit, jadi airnya jadi anget2 gitu trus baru deh si winnie aku masukin lagi

gpp kan?
abis nya setelah itu dia jadi lahap bgt maemnya
Reply
#19
baik juga kl menaikkan suhu air di sekitar 3-4° dr suhu normal habitat.
krn byk artikel yg mengatakan kl kura sakit, perawatannya spt itu.
tp cara yg dianjurkan dgn memberikan heater yg umum dipakai utk akuarium.
tdk salah memberikan tambahan air hangat, tp mnrt sy kurang valid, krn hangat mnrt manusia, bisa saja kepanasan utk kuranya dan sifat hangatnya cm sementara trs balik dingin lagi.

kl cuaca sedang ekstrem, plihara di dlm rumah saja (indoor, tanpa ac), kasih basking area yg disorot lampu (saat kuranya merasa dingin akan naik utk mencari hangat).
cara ini mnrt sy akan lbh aman.
dan diusahakan rutin jemur saat pagi antara jam 8-10, kena sinar matahari secara langsung, selama 10-20 menit dengan wadah yg diberi air sedikit.
Reply
#20
(05-28-2013, 08:25 PM)pug_doll Wrote:  baik juga kl menaikkan suhu air di sekitar 3-4° dr suhu normal habitat.
krn byk artikel yg mengatakan kl kura sakit, perawatannya spt itu.
tp cara yg dianjurkan dgn memberikan heater yg umum dipakai utk akuarium.
tdk salah memberikan tambahan air hangat, tp mnrt sy kurang valid, krn hangat mnrt manusia, bisa saja kepanasan utk kuranya dan sifat hangatnya cm sementara trs balik dingin lagi.

kl cuaca sedang ekstrem, plihara di dlm rumah saja (indoor, tanpa ac), kasih basking area yg disorot lampu (saat kuranya merasa dingin akan naik utk mencari hangat).
cara ini mnrt sy akan lbh aman.
dan diusahakan rutin jemur saat pagi antara jam 8-10, kena sinar matahari secara langsung, selama 10-20 menit dengan wadah yg diberi air sedikit.

iya sih...
kmaren juga tak kasih lampu (lampu biasa bukan yg untuk reptil karena darurat)
kalo pagi jarang bgt bisa jemur karena kuliah masuk jam 7 pulang udah jam 1 an
tapi di dlm kamar aku tiap pagi naruh akuariumnya di dket jendela kamar, jadi tetep bisa kna sinar matahari meskipun dikit
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
Heart Hari Pertama Merawat RES anne 1 1.024 10-09-2017, 01:49 PM
Last Post: nagita
  benjolan di leher kura-kura Lygia 2 1.149 09-13-2017, 11:00 AM
Last Post: garage
  Kura brazil sakit terus, help !! sadakiyo 5 2.855 08-29-2017, 08:59 AM
Last Post: mariettaua11