Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 1 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tolong, RES ku berdarah
#1
Sad 
tolong, res ku luka di kepalanya, gak tau apa penyebabnya, 4 hari yang lalu waktu dia main ke dalem rumah, kepalanya sudah berdarah-darah.
sebelumnya, lehernya yang luka, karena berantem dan sudah sembuh. tapi kenapa lehernya jadi robek ya? dan bengkak di leher sebelah kiri.
sebelumnya kura-kuraku yang hilang (namanya: ndu) juga pernah luka di leher dan seperti bolong gitu lukanya, bahkan sempat di kerubunin semut, tapi setelah dikarantina dan di kasih betadine beberapa hari, lukanya sembuh total walaupun ada bekasnya.
ini pic RES ku yang sakit, namanya: nse

[Image: img2012020900276.jpg]
ini luka di kepalanya

[Image: img2012020900267.jpg]
[Image: img2012020900274.jpg]
ini luka di lehernya. hanya kering seperti itu, gak berdarah. tapi tetep aja gak tega.

mohon banget bantuan semuanya. aku newbie di forum ini dan belum pernah gabung di forum manapun, jadi mohon bimbingannya Sleepy
Reply
#2
kl spt itu jelas luka fisik, bisa karena kebentur atau dilukai binatang lain.
habitatnya gimana? ada sesuatu yg tajam (batu, besi dll)? indoor / outdoor?

obatin dengan betadine sehari 2-3x dan dirawat keringan.
direndam air saat pagi dan sore hari selama 1-2 jam sekalian kasih makan, krn res tidak bisa makan di darat.
dan saat pagi dijemur matahari juga 20-30 menit.

dikerubutin semut bisa karena ada luka yang terbuka.

semoga cepat sembuh.
Reply
#3
habitatnya di kolam luar rumah. ada batu bata untuk dia naik ke pinggiran kolam.
di rendamnya di air bersih dalam baskom, atau masukin ke kolamnya aja?
terus sisa waktunya di taro di dalem rumah aja? sekarang sih lukanya agak mendingan, kemarin sudah kering. dan ternyata lukanya itu kejedot sama cangkangnya sendiri, jadi cangkangnya aku kasih lakban kabel biar gak tajem.
Reply
#4
kl sudah kering, ga perlu treatment di atas.
itu hanya untuk kondisi luka masih basah, spy ga busuk krn berendam trs.
tp sudah ada basking area sudah baik jg, kura yg terluka akan berjemur sendiri.

sepertinya kura kebentur / kegesek tempurungnya sendiri koq jarang ya....
mungkin benda lain juga....
bagus juga antisipasinya, tp jgn sampai bikin kuranya tidak nyaman
Reply
#5
dari kolamnya dikasih tangga, karena kolamnya agak tinggi, tapi kuraku gak mau lewat tangga, malah loncat langsung, jadi waktu loncat itu tempurungnya menekan kepala. karena udah gede juga makin berat kali ya tempurungnya...
kayaknya dia gak masalah sama selotipnya, cuma gak suka kalo lukanya di pegang atau di obatin
Reply
#6
kedalaman air brp?
apakah saat loncat, membentur sesuatu?
kl loncat ke air saja, harusnya ga sampe lukain.
mgk kerasa sakit saat diobatin. sabar saja rutin dioles betadine.
semoga cpt sembuh
Reply
#7
loncat keluar kolam maksudnya, bukan loncat ke dalam air, tapi loncat ke keramik.
ini fotonya waktu lukanya mengering:
[Image: img2012022200300.jpg]
By vitaernadie at 2012-02-23
[Image: img2012022200301.jpg]
By vitaernadie at 2012-02-23
apa itu batok(tempururng/tengkorak) kepalanya? karena saat mengering memang mengelupas gitu, kayak luka manusia, seperti koreng.
Reply
#8
spt sih kulitnya yg luka.
sering2 dioles obat luka dan ttp diplihara kering (rendam air pagi dan sore aja)
dr kolam ke keramik lbh baik dikasih jalan, misal dr kayu atau tumpukan gabus atau yg lain.
krn kl sering lompat dan tempurung kebentur keramik, lama2 bisa luka atau bahkan retak.
jika retak dan terendam air, tempurungnya bisa busuk (shellrot), apalagi kl kondisi air kotor akan lbh mempercepat.

moga cpt sembuh..
Reply
#9
oooh gitu. makasih banyak yah nasihatnyah Big Grin
nanti kalo udah sembuh di post fotonya hahahha
Reply
#10
selama kita perhatian, kuranya bakal cpt sembuh koq.
ditunggu potonya Smile
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
Exclamation tolong bantu, plizz baca Nazhmi FFR 8 559 12-10-2014, 07:47 PM
Last Post: Nazhmi FFR
  admin n kawan2 tolong aq donk ! Kurrel 2 334 09-26-2014, 01:13 PM
Last Post: adzana
  admin ato siapapun, tolong.... SamanthaMS 2 322 09-10-2014, 01:01 PM
Last Post: SamanthaMS