Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tugas Akhir buat Akuarium Otomatis Mengatur Suhu Akuarium Kura-kura
#1
Information 
ConfusedIdea Bikin akuarium yang udah otomatis pengaturan suhu dan proses jemurnya. Help me!!!
Mayan galau ni.Jadi 2 hari sebelum maju sidang proposal, ide2 saya sebelumnya ditolak. Alasan mekanik terlalu rumit, apalagi saya salah satu cewe di teknik komputer kontrol. Tiba2 dpt ide buat akuarium khusus kura2 Brazil nih, dimana akuariumnya nanti bisa ngatur suhu air dan suhu udara. Semua alat udah komplit. Tinggal ganjel di lampunya aja nih. Bantu dong para admin dan kurabie.!

Jadi saya udah cari2 referensi di toko perlengkapan akuarium dan ikan masalah lampu UV, itu ada yang murah, jenis neon. Tapi saat saya cari referensi kandungan lampunya, UV nya bukan untuk kebutuhan reptil. Lalu saya buka thread di forum, cm dikit yang nemuin bohlam lampu yang sesuai buat kura2, jarang n mahal. Nah kebetulan teman saya ada yg dari komunitas kura2 nih, kata dia sih kura2nya diterangin lampu UV B itu sebanyak 2 kali dalam sehari yaitu pagi hari dan sore hari.
Nah sedangkan referensi yg dikasi admin Kurabrazil.com ini waktu berjemur yang ideal itu 1 jam.

Coba kasi saran ya, akuarium yg saya rencanakan ini ukuran 60.45, tinggi 30cm. Pake heater 50 watt untuk pemanas airnya. Filternya pake yg jenis sponge. Lalu kipas pendingin 1 buah (bneran bisa buat nurunin suhu sampe 2-4 derajat ga sih ini?). Yg terakhir kayanya bakal pake lampu penghasil sinar UV B 40 watt yg 65 rb an. Kalopun jadi pake lampu itu, minta saran dong nanti itu masa jemurnya dalam sehari jam berapa aj dan suhu yg diinginkan/dibutuhkan kura2 ukuran 3cm ini seberapa?? Thx.
#newbie nih di sini. Mohon bantuannya sangat ya Sad Blush
Reply
#2
hai kak utiepic.,. karena aku masih sma, jadi maapyah klo gak gitu bisa ngebantuuuu... klo kura2 brazil berjemur paling bagus pada saat pagi jam 8-11 pagi untuk menjaga agar cangkangnya sehat... untuk lampu, boleh pake lampu khusus, tapi, aku juga pernah liat klo pake lampu bohlam yg warna kuning juga cukup... suhu air perlu sekitar 24-25,5 celcius dan suhu daerah jemur sekitar 32,2 derajat (info koko admin)... itu aja sih kak yang bisa aku kasih tau....
Reply
#3
(02-14-2014, 06:24 PM)pochatobi Wrote:  hai kak utiepic.,. karena aku masih sma, jadi maapyah klo gak gitu bisa ngebantuuuu... klo kura2 brazil berjemur paling bagus pada saat pagi jam 8-11 pagi untuk menjaga agar cangkangnya sehat... untuk lampu, boleh pake lampu khusus, tapi, aku juga pernah liat klo pake lampu bohlam yg warna kuning juga cukup... suhu air perlu sekitar 24-25,5 celcius dan suhu daerah jemur sekitar 32,2 derajat (info koko admin)... itu aja sih kak yang bisa aku kasih tau....

uhm,, moga proposalnya d terima dlu ini. smentara ak ajuin 1 jam dlu. Di artikel si 2 jam umumnya. Tapi berhubung bayi ak coba dlu 1 jam, nnti klo udah ak coba secara manual, bru tau deh ntr si kura kepanasan endanya. Klo kepanasan ntar d akalin aja program atur suhunya. hhe. Makasi ya sarannya. Big Grin
Reply
#4
iya kak.. sukses yahh
Reply
#5
sudah adakah perkembangan skripsinya.
lampu uv yg dipake apakah yg khusus utk reptil, krn setau saya di pasaran harga 100rb+.
dijemur lampu kl baby, cukup 2 x 30 menit saja.
kl plihara indoor, tdk diperlukan heater. heater jg sebenarnya utk menjaga suhu spy stabil.
kl indoor, cenderung sudah stabil tdk dingin dan panas. dibutuhkan jika indoor dan terjadi perubahan suhu yg tinggi antara siang dan malam.
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
  kura kura ingin bertelur rian 3 563 08-09-2016, 04:13 PM
Last Post: ulfa44
Smile (ASK) tempat kura-kura yang simpel Rara_Min 5 1.606 12-24-2014, 12:36 PM
Last Post: imleh
Shocked Bingung memilih tempat pemeliharaan kura kura Darwis J 5 581 12-10-2014, 01:30 PM
Last Post: Darwis J