Thread Rating:
  • 2 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Yang Perlu Diperhatikan Saat Kura-kura Sakit
#1
Lightbulb 
[Image: veterinarian%20logo.jpg]
Perilaku yang tidak biasa dan gejala sakit dini

Waspada dan kenali tanda-tanda sakit dini yang mungkin memerlukan perawatan medis segera. Perlu dicatat bahwa kebanyakan penyakit dan cedera dapat dihindari dengan memberikan diet yang baik dan lingkungan habitat yang bersih. Lebih baik mencegah sebelum mengobati. Beberapa perilaku dan gejala yang harus diperhatikan adalah:
  • Hilangnya nafsu makan
  • Lebih sering berjemur
  • Jarang menyelam
  • Lendir yang berlebihan
  • Berenang tidak menentu
  • Tempurung yang melunak
  • Bintik-bintik di tempurung atau kulit
  • Luka dan goresan pada kulit
  • Mata bengkak
  • Adanya pendarahan, atau
  • Adanya bengkak pada anggota badan.

Apa yang harus dilakukan ketika anda mengetahui adanya gejala sakit?

Lakukan langkah dasar yang dapat anda lakukan yakni mengkarantina (memisahkan dengan kura-kura lainnya) dan meningkatkan suhu daerah berjemur dan suhu air sekitar 3-5 derajat celcius. Kura-kura adalah hewan berdarah dingin (ectothermic) sehingga suhu tubuh mereka sama dengan lingkungannya. Sistem kekebalan tubuh kura-kura Brazil akan lebih aktif dan efisien dengan adanya peningkatan panas. Namun yang perlu diingat, suhu yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan hipertermia dan bahaya serius. Jangan lupa untuk segera mengganti air di aquarium dan membersihkan kotoran-kotoran di dalamnya.

Apabila kura-kura anda mengalami kesulitan berenang, kurangi volume air di aquarium/kolam untuk mencegah kemungkinan tenggelam. Kura-kura Brazil yang berenang tidak beraturan menunjukkan gejala penyakit atau cedera. Hal ini sangat serius dan Anda perlu untuk melakukan perawatan yang tepat. Selalu pisahkan dan karantina kura-kura yang sakit atau terluka.

Kapan anda harus membawa Kura-kura Brazil anda ke dokter hewan

Dengan memelihara kura-kura Brazil, maka anda harus menyiapkan biaya tambahan untuk perawatan seperti obat-obatan dan layanan kesehatan dari dokter hewan. Hal ini penting untuk memastikan kesehatan kura-kura anda. Hindari menunda waktu membawa kura-kura anda ke dokter hewan karena hal ini dapat membuat pengobatan dan perawatan menjadi lebih sulit. Jika Anda mencurigai adanya infeksi parasit atau kotoran yang tidak biasa, ambillah sampel untuk diperiksa.

Quote:Cedera fisik dan perubahan perilaku yang drastis menjadi tanda-tanda penyakit serius. Anda harus segera memberi perawatan hewan dalam situasi ini. Keterlambatan pengobatan secara signifikan dapat memperburuk situasi. Hindari merawat kura-kura anda dengan menebak jenis penyakitnya atau memberikan ramuan/obat untuk manusia karena dapat memperburuk situasi.

Membawa kura-kura anda ke dokter hewan


Buatlah janji di muka apabila memungkinkan. Dalam keadaan darurat, telepon dulu untuk memastikan dokter hewan Anda ada dan beritahukan kondisi dan penyebab kura-kura anda sakit. Ini akan memungkinkan dokter hewan memiliki waktu untuk mempersiapkan diri. Sebagai contoh, kura-kura yang tenggelam membutuhkan oksigen dan kura-kura yang terluka mungkin memerlukan pembedahan.

Siapkan kotak/kontainer yang bersih atau wadah plastik untuk membawa kura-kura anda. Tutup kotak bagian luar dengan kertas koran atau kain tak terpakai untuk membuat suasana gelap dalam kotak. Bersihkan dan keringkan kura-kura Anda sebelum meletakkannya di kotak. Ajukan pertanyaan pada dokter hewan jika anda tidak mengerti apa yang sedang dibicarakan. Jika ada obat yang ditawarkan, pastikan Anda memahami fungsinya, dosis dan waktu pemberian obat. Tanyakan tentang efek samping dan berapa lama kira-kira untuk kura-kura anda sembuh.

Memilih dokter hewan

Gunakanlah jasa dokter hewan yang berpengalaman dan bersertifikasi dalam menangani kura-kura Brazil (spesialis kura-kura aquatik). Banyak dokter hewan kurang mengerti dan memahami karakteristik kondisi fisik kura-kura Brazil (RES) sehingga mereka menganggapnya sama dengan kura-kura darat lainnya. Hal inilah yang menyebabkan banyak dokter hewan memberikan diagnosis yang salah pada penyakit kura-kura anda yang pada akhirnya justru berakibat fatal.
Reply
#2
res saya di tempurungnya ada item-item gitu. saya lupa waktu beli udah ada atau belum. terus yang satu lagi bercaknya warna putih. itu penyakit bukan ya ?
Reply
#3
mungkin yg putih itujamur , klo yg item gk tau
Reply
#4
(12-17-2012, 08:43 AM)LoveOnikiiri Wrote:  mungkin yg putih itujamur , klo yg item gk tau

kalo benjolan putih di kulit itu jamur kalo bercak putih di karapas itu mineral deposite kalo bercak hitam di karapas atw plastron itu shell root (pembusukan)
Reply
#5
kalo kura" yg g mw mkan gmn y?
kura" gua bru gua beli tpi kok g mau mkan
dia juga g bab
tlg di blez
Big Grin
;(
Reply
#6
dikasih makan apa?
coba ganti menu
ga makan ya ga bisa bab
Reply
#7
apakah ada yg tau disini dokter yg dapat menangani masalah RES ?

mohon bantuannya klo ada yg tau....karena dokter hewan yg sy temui lebih ahli untuk anjing atau kucing.....

thank you
Reply
#8
di daerah mana?
Reply
#9
kura-kura saya akhir ini suka diem terus di darat,ga mau makan,terus kalau ditenggelemin ke air kura-kuranya malah mengambang.
kira kira kura-kura saya kenapa?
Reply
#10
wkwkwk.. coba aku jawab... dlu kura2 aku yg udh almarhum juga persis sama.... kemungkinan kura2nya kena masalah pencernaan ato pernafasan...karena selalu ngambang itulah.. mereka jadi terus berjemur ga mau ke air...coba aja konsultasi ke dokter.. karena pas itu aku nganggep remeh sehingga kedua kura kura aku mati...
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
  merawat kura berjamur adisaidabout 5 2.917 03-22-2016, 02:10 PM
Last Post: mulia44
Exclamation ass. mohon bantuan, kura kura saya pilek.. Nazhmi FFR 1 202 03-15-2016, 03:53 PM
Last Post: ulfa44
Information Obat-obatan untuk Kura Anda admin 54 20.081 11-28-2014, 08:22 PM
Last Post: Lygia