Thread Rating:
  • 3 Vote(s) - 4 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tips Umum Dalam Merawat Kura-kura Brazil
Penulis Pesan
admin Offline
Administrator
*******

#1
Lightbulb  Tips Umum Dalam Merawat Kura-kura Brazil
Saat anda memiliki kura-kura Brazil pertama kali atau kura-kura tambahan untuk koleksi anda, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Sebaiknya anda bawa kura-kura Brazil anda ke dokter hewan terdekat untuk melakukan pemeriksaan awal (medical check-up). Penjual di toko-toko hewan peliharaan biasanya tidak merawat mereka dalam lingkungan yang optimal sehingga mereka mudah mengalami cedera, infeksi, kekurangan gizi dan salmonella. Bila anda ingin menambahkan kura-kura baru di kandang yang sudah terisi kura-kura, akan menjadi ide bagus untuk mengkarantina kura-kura baru selama 3 bulan sebelum mereka akhirnya dikumpulkan. Bayi kura-kura/kura-kura muda tidak boleh ditambah dengan kura-kura dewasa karena bisa mencederai kura-kura muda. Hanya kura-kura dengan ukuran yang sama bisa dikumpulkan bersama dalam satu kandang.

Memiliki habitat yang sesuai dan makanan hidup seperti ikan kecil atau cacing tanah akan membuat transisi kura-kura baru menjadi lebih mudah. Jika ini adalah kura-kura peliharaan maka transisi akan jauh lebih cepat. Mungkin memerlukan waktu hingga beberapa hari bagi kura-kura baru untuk menyesuaikan dan merasa nyaman dengan lingkungannya. Selama masa ini, kura-kura Brazil Anda mungkin tidak akan terlalu aktif, berjemur, atau berinteraksi dengan Anda dan dapat dengan mudah terkejut. Cara terbaik adalah meninggalkan kura-kura sendirian, tetapi secara teratur memberikan makanan dan memastikan kura-kura Brazil anda tidak sakit. Sebagai tambahan, aturlah suhu air pada 24 - 25.5C dan pada area berjemur suhu harus berada sekitar 32.2C. Ingat, sebagian besar jenis penyakit dan cedera dapat dicegah dengan perawatan yang layak.

Anda harus berhati-hati saat memegang kura-kura Brazil. Mereka mungkin terasa licin karena habitat mereka adalah di perairan atau menolak untuk dipegang. Mereka memiliki cakar yang tajam, kaki yang kuat dan gigitan kuat yang dapat menambah kesulitan selama penanganan. Kami menganjurkan agar Anda menggunakan kedua tangan saat mengambil, memindah, dan memegang kura-kura Brazil. Anggota badan kura-kura yang bergerak cepat di udara ketika anda pegang merupakan indikasi stres dan harus segera diminimalkan. Dengan menggunakan kedua tangan maka akan memberikan jaminan tambahan terhadap kecelakaan atau terjatuhnya kura-kura secara tak sengaja dari pegangan anda.

Tangan harus bersih sebelum memegang kura-kura Brazil dan lingkungan mereka. Hal ini penting untuk anak-anak, orang sakit, dan bagi mereka yang menangani makanan atau hewan peliharaan lainnya. Sebuah sabun cair sudah cukup untuk tujuan ini. Anda juga harus menjaga lingkungan tempat tinggal kura-kura Anda dalam kondisi baik untuk meminimalisasi kontaminasi bakteri dan salmonella.

Komentar Wrote:Setiap hewan peliharaan harus dijauhkan dari dapur atau ruang makan. Hindari menggunakan wastafel ketika membersihkan kura-kura anda. Kami juga tidak menggunakan bak mandi atau wastafel kamar mandi. Jika Anda menggunakan air wastafel/bak mandi, pastikan airnya tidak mengandung kaporit dan dibersihkan setelah digunakan.

Siapapun yang ingin menangani kura-kura Anda harus diberitahu tentang cara-cara yang tepat untuk melakukannya. Penanganan yang salah dapat menyebabkan stres, dan pada akhirnya dapat menyebabkan kura-kura mengeluarkan bakteri salmonella dari ususnya. Kami tidak dianjurkan anak-anak untuk menangani atau merawat kura-kura. Mereka harus selalu diawasi ketika berada di sekitar kura-kura dan sebisa mungkin diajari bagaimana bertanggung jawab.

12-29-2009, 05:46 PM,
Reply
putri Offline
Kurabie
*

#2
RE: Tips Umum Dalam Merawat Kura-kura Brazil
kalau cara naikin suhu pake apa?kalau pake lampu philip 40wat bisa gak?

03-29-2011, 04:11 PM,
Reply
admin Offline
Administrator
*******

#3
RE: Tips Umum Dalam Merawat Kura-kura Brazil
(03-29-2011, 04:11 PM)putri Wrote:  kalau cara naikin suhu pake apa?kalau pake lampu philip 40wat bisa gak?

Bisa menggunakan lampu khusus reptil, bisa juga dengan lampu biasa, atau dengan pemanas air (water heater) khusus untuk akuarium Cool

03-29-2011, 08:44 PM,
Reply
alvian Offline
Kurabie
*

#4
RE: Tips Umum Dalam Merawat Kura-kura Brazil
lampu reptil kira-kira berapaan ya? soalnya d kuningan cuma jual lampu aquarium n termometer buat ngukur suhu air belinya dimana? d apotek ada ga?

06-14-2011, 12:47 PM,
Reply
admin Offline
Administrator
*******

#5
RE: Tips Umum Dalam Merawat Kura-kura Brazil
(06-14-2011, 12:47 PM)alvian Wrote:  lampu reptil kira-kira berapaan ya? soalnya d kuningan cuma jual lampu aquarium n termometer buat ngukur suhu air belinya dimana? d apotek ada ga?

Lampu khusus reptil biasanya dijual dengan rentang harga antara 50rb-250rb tergantung merk dan jenisnya. Untuk tempat belinya silahkan coba melihat-lihat di forum sebelah yang lumayan lengkap.

06-16-2011, 08:13 AM,
Reply
Radius Offline
Kurabie
*

#6
RE: Tips Umum Dalam Merawat Kura-kura Brazil
kk senior smua
kurabie mau tanya nih
cara ilangin stress res itu gimana ??
punyaku kalo kupegang pasti gerak" ga mau diem kek ketakutan gitu
NB : udah ampir full 5 bulan melihara

10-20-2011, 09:58 PM,
Reply
pug_doll Offline
Kura Lover
****

#7
RE: Tips Umum Dalam Merawat Kura-kura Brazil
(10-20-2011, 09:58 PM)Radius Wrote:  kk senior smua
kurabie mau tanya nih
cara ilangin stress res itu gimana ??
punyaku kalo kupegang pasti gerak" ga mau diem kek ketakutan gitu
NB : udah ampir full 5 bulan melihara

apakah plihara di tempat yang ramai / sering dilalui orang?
kl iya, pindah ke tempat yang tenang.
gejala stres biasanya nafsu makan menurun.

gerak2 pada saat dipegang, biasanya wajar di kebanyakan kura.
sering2 dibelai pada tempurung atas dan bawahnya dan pegang dengan posisi yg nyaman untuk kuranyaSmile

10-25-2011, 11:27 PM,
Reply
adiebro Offline
Kurabie
*

#8
RE: Tips Umum Dalam Merawat Kura-kura Brazil
admin, mau tanya nih..
Proses ganti kulit (pengelupasan sisik karapas) pada res biasanya berapa lama sampai sisiknya terlepas sendiri?

menurut saya kurang bijak apabila kita ikut membantu dengan cara mengupas sisik yang mati pada karapas, lebih baik menunggu sampai sisiknya terlepas sendiri..
Tetapi dulu saya pernah melihat pemilik kios ikan hias di dekat rumah saya melakukan pengelupasan sisik mati pada karapas res dewasa yang sedang ganti kulit.. Waktu saya tanya sih katanya ga apa2..
pertanyaan saya apakah boleh kita mengupas atau membantu melepaskan sisik mati pada res yang sedang ganti kulit..?
Terima kasih..

05-30-2012, 07:36 PM,
Reply
pug_doll Offline
Kura Lover
****

#9
RE: Tips Umum Dalam Merawat Kura-kura Brazil
ga sama tiap kura.
semakin dewasa, akan semakin lama.
kl mnrt sy, sangat tidak boleh batu melepas kulit mati, krn bisa saja kulit yg blm siap lepas akan menyebabkan luka kulit bawahnya.
spt saat kita menarik kulit mati di tubuh kita, kadang kl terlalu semangat, akan sebab'in luka jg.
biarkan saja lepas dgn alami atau sedikit bantu dgn sikat pelan2

05-31-2012, 08:26 PM,
Reply
TingTing Offline
Kurabie
*

#10
RE: Tips Umum Dalam Merawat Kura-kura Brazil
sebaiknya kura-kura itu di tempatkan di tempat yang banyak air atau hanya sedikit air?

06-01-2012, 08:40 AM,
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
  kura-kura di tempat kering Lygia 3 69 12-10-2014, 01:53 PM
Last Post: Darwis J
  benjolan di leher kura-kura Lygia 0 41 11-28-2014, 08:14 PM
Last Post: Lygia
Information Kura kura tidak mau makan dan bergerak dan aneh. Help!! Kuk 1 205 10-07-2014, 10:50 AM
Last Post: Kuk


Return to Top