Membedakan Jenis Kelamin - Kura Brazil

Membedakan Jenis Kelamin

Cara mengetahui jenis kelamin Kura-kura Brazil cukup mudah. Kura-kura betina secara fisik lebih besar tapi memiliki ekor lebih kecil. Ekor pejantan lebih panjang, tebal, dan memiliki kuku cakar yang lebih panjang. Posisi kloaka Kura Brazil jantan juga lebih dekat ke ujung ekor.

Tingkat kematangan seksual Kura Brazil tampak berdasarkan ukurannya. Sangat sulit menentukan apa jenis kelamin kura-kura kamu jika ukurannya kurang dari 10 cm. Umumnya, Kura-kura Brazil sudah bisa dilihat jenis kelaminnya saat berusia 2-4 tahun. Pada kasus tertentu seperti pemberian makan yang berlebihan (overfeeding), kematangan seksual akan lebih cepat terjadi.

Jika kamu teliti, Kura-kura Brazil jantan dewasa akan memiliki moncong atau hidung yang lebih panjang. Bagian bawah plastron jantan juga mungkin sedikit melengkung ke dalam atau tampak cekung. Hal ini memungkinkan pejantan memiliki kestabilan yang lebih baik selama proses perkawinan. Ada juga cara membedakan jenis kelamin berdasarkan pola/motif warna pada plastron. Meskipun masih diragukan ketepatannya, ini bisa jadi salah satu alternatif untuk mengetahui jenis kelamin kura-kura kamu.


Sumber gambar:
Alamy.com
RedEarSlider.com


Artikel Membedakan Jenis Kelamin Selesai!

Demikian posting Kura Brazil pada kategori Pengenalan Kura Brazil kali ini. Jika kamu merasa tulisan tentang Membedakan Jenis Kelamin ini bermanfaat, mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar atau bagikan artikel ini ke media sosial 🙏

Berlangganan artikel terbaru via email :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada komentar pada "Membedakan Jenis Kelamin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel