Top Ad unit 728 × 90

Diet Untuk Kura-kura Brazil

Kura-kura Brazil butuh diet? Tentu bukan agar kura menjadi kurus dan langsing, tapi diet tepat untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Kualitas makanan yang kamu berikan ke Kura Brazil sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatannya.

Zat terpenting yang dibutuhkan Kura-kura Brazil adalah kalsium, terutama untuk bayi kura-kura dan betina yang sedang bertelur. Pola makan yang buruk dapat mengganggu penyerapan kalsium. Jika kebutuhan kalsium tidak terpenuhi, kalsium diambil dari tulang dan tempurungnya. Hal ini menyebabkan penyakit metabolisme tulang (Metabolic Bone Disease / MBD) dan pelunakan karapas.

Fosfor dan yodium juga zat yang penting untuk proses metabolisme tubuh kura-kura. Kura yang kekurangan zat yodium bisa terkena penyakit gondok. Makanan yang kaya akan yodium seperti rumput laut diyakini dapat memenuhi kebutuhannya.

Kura-kura Brazil juga bisa terkena penyakit asam urat; radang sendi yang disebabkan penumpukan kristal asam urat di persendian. Umumnya kerang, ikan laut, dan jamur mengandung zat pencetus asam urat sehingga batasi penggunaannya ke kura-kura Brazil kamu.

Banyak orang hanya memberikan pelet ikan untuk makanan kura-kura Brazil. Pelet bukanlah makanan yang lengkap nutrisi dan tidak boleh digunakan berlebihan. Memberi pelet dalam jumlah besar setiap harinya (overfeeding) berarti memberi zat protein secara berlebihan.

Jumlah protein yang berlebihan menyebabkan pertumbuhan cepat yang tidak sehat dan memberikan beban ekstra pada organ dalam terutama ginjal. Resiko lainnya dari protein berlebih dapat mengakibatkan obesitas, pertumbuhan yang terlalu cepat, pyramiding, kematangan seksual terlalu dini, serta kegagalan fungsi hati dan ginjal.

Masalah lain terkait diet adalah kurangnya kalsium yang dapat menyebabkan penyakit pada tulang dan masalah-masalah tempurung seperti pelunakan karapas. Vitamin D3 juga dibutuhkan untuk membantu penyerapan kalsium. Biasanya seekor Kura Brazil dapat menghasilkan sendiri vitamin D3 dari matahari atau lampu khusus reptil.

Jika kolam kura sulit mendapat sinar matahari langsung atau kamu tidak punya lampu khusus reptil, berikan suplemen vitamin D3 tambahan untuk membantu mencukupi kebutuhan hariannya.

Image courtesy Pets4homes
Diet Untuk Kura-kura Brazil Reviewed by Safril Adi on 12/31/2009 Rating: 5

Tidak ada komentar:

© Hak Cipta Kura Brazil 2011 - 2017
Desain oleh Aping

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.