Mengumpulkan Kura-kura - Kura Brazil

Mengumpulkan Kura-kura

Mengumpulan beberapa kura-kura dalam satu akuarium yang sama bisa menjadi masalah atau tantangan tersendiri. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika kamu berniat menggabungkan beberapa ekor kura-kura baik dari satu jenis yang sama ataupun yang berbeda jenis.

Hal paling utama yang harus kamu perhatikan adalah ukuran akuarium. Ada lebih banyak kura-kura berarti ukuran akuarium yang lebih besar, air yang lebih banyak, dan alat penyaring air (water filter) yang lebih kuat. Hal ini memastikan semua kura-kura masih bisa melakukan kegiatan rutinnya dengan nyaman.

Jika kamu sudah punya kura-kura sebelumnya, pisahkan atau karantina kura yang baru minimal selama 1 bulan sebelum digabungkan dengan kura-kura yang sudah ada. Proses karantina ini bertujuan agar bibit penyakit dan bakteri dari tempat penampungan sebelumnya tidak menular ke kura-kura yang sehat.

Saat kamu berniat menggabungkan beberapa kura-kura sekaligus, kamu bisa mengumpulkan dari jenis yang sama atau berbeda jenis. Pastikan mereka memiliki ukuran atau umur yang sama. Kura yang lebih kecil rawan disakiti dan dimusuhi kura yang lebih besar. Hal ini berbahaya karena mereka bisa saling menggigit.

Pada Kura-kura Brazil, kamu bisa mengumpulkan mereka dengan Kura Ambon (Cuora amboinensis), Kura Daun (Cyclemys dentata), Kura Matahari (Heosemys spinosa), Byuku (Orlitia borneensis), Kura Pipi Putih/Piput (Siebenrockiella crassicolis), Kura Dada Merah/Damer (Emydura subglobosa).

Hindari penggabungan dengan Bulus, Labi-labi, Chinemys reevesii, Kura Moncong Babi, Kura Leher Ular, Penyu laut, dan semua jenis kura darat (torto). Menggabungkan mereka akan membuatnya jadi mangsa bagi Kura-kura Brazil.

Masalah utama saat kamu mengumpulkan beberapa kura sekaligus dalam satu tempat adalah agresi atau perkelahian. Kura-kura yang merasa terkurung bisa berperilaku dominasi pada penghuni akuarium lainnya. Kura-kura bisa saling melukai. Si jantan mungkin tanpa henti mengejar betina.

Persaingan antar kura-kura di tempat yang terbatas ini akan sangat sering terjadi. Agresi yang lebih serius dapat mengakibatkan luka, kehilangan anggota badan, atau bahkan kematian. Kamu harus selalu memperhatikan segala tingkah laku mereka.

Solusinya adalah dengan memperbesar ukuran akuarium atau memindahkannya ke kolam besar. Kamu juga bisa memberi makan masing-masing kura di tempat terpisah untuk mengurangi keganasannya. Tapi jika tidak ada perubahan signifikan, mungkin kamu harus mempertimbangkan untuk memisahkan tempat tinggalnya.

Berlangganan artikel terbaru via email :

Belum ada komentar pada "Mengumpulkan Kura-kura"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel