Cara Meninggalkan Kura Brazil - Kura Brazil

Cara Meninggalkan Kura Brazil

Jika sebelumnya kita belajar bagaimana cara membawa kura-kura dalam perjalanan, sekarang kita belajar tentang apa yang harus dilakukan jika kita meninggalkan kura-kura selama beberapa waktu. Hal ini patut kita ketahui jika tiba-tiba kita ada keperluan mendadak ke luar kota selama beberapa hari.
Terkadang kita harus meninggalkan kura-kura tanpa dijaga tapi juga tidak bisa membawanya dalam perjalanan. Satu atau dua hari biasanya masih bisa ditoleransi karena kura yang sehat bisa menahan lapar selama beberapa hari.Tapi bagaimana jika harus meninggalkan kura lebih lama lagi?

Untuk meninggalkan kura-kura Brazil dalam waktu lama maka harus direncanakan dengan baik. Makanan dan air adalah hal utama yang tidak boleh dilewatkan. Pindahkan kura ke akuarium yang lebih besar dengan kapasitas air lebih banyak agar air tidak cepat kotor. Pastikan penyaring air (water filter) bisa menyala sepanjang waktu.

Jika memungkinkan, pasang alat pengatur waktu yang dapat mengatur lampu penghangat sesuai siklus siang dan malam. Hidup saat pagi hingga sore, dan mati saat malam. Jika ada dana tambahan, kami menganjurkan kamu memiliki alat makan otomatis (automatic feeding unit) yang bisa memberikan kura makanan setiap interval waktu tertentu.

Menambahkan tanaman air yang bisa dimakan juga bisa membantu kebutuhan nutrisi kura tetap terpenuhi. Tapi yang paling baik adalah dengan menambahkan ikan-ikan kecil yang aman dimakan kura dalam jumlah cukup karena kura-kura akan mendapatkan makanan tergantung dari kemampuan mereka menangkap ikan.

Dengan cara seperti di atas, kura biasanya masih bisa bertahan dalam rentang waktu maksimal 7 hari tanpa penjagaan. Semakin banyak jumlah kura-kura yang kamu miliki maka akan semakin menyulitkan karena beberapa ekor biasanya lebih agresif dan rakus makan. Jangan pernah meninggalkan kura-kura kecil atau kura-kura yang sakit tanpa pengawasan.

Jika kamu harus meninggalkan kura lebih lama lagi, sebaiknya kamu mencari orang yang bisa memeriksa dan merawat kura-kura kamu setiap hari. Di kota besar kadang bisa kita temui jasa penitipan hewan. Bila kamu yakin ingin menggunakan jasa penitipan hewan, teliti sejauh mana mereka mampu merawat kura-kura kamu. Pastikan mereka telah memiliki pengalaman sebelumnya dan ada fasilitas yang cukup untuk merawat kura-kura Brazil. Hal itu akan sangat membantu.


Image courtesy:
Exo-Terra.com
Pinterest.com

Berlangganan artikel terbaru via email :

Belum ada komentar pada "Cara Meninggalkan Kura Brazil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel