Mengukur Kura-kura Brazil - Kura Brazil

Mengukur Kura-kura Brazil

Panjang karapas secara lurus (Straight Carapace Length/SCL) digunakan untuk mengukur kura-kura yang diakui secara internasional. Untuk mengukur panjang kura-kura, gunakan penggaris kemudian tarik garis lurus dari bagian ujung dekat leher ke pangkal dekat ekornya, abaikan kelengkungan pada karapas. Lebih baik menggunakan penggaris yang kaku dibandingkan dengan pita pengukur.


Bayi kura-kura Brazil berukuran panjang sekitar 2,5 cm. Setelah umur 1 tahun akan menjadi 5-7 cm. Kura-kura Brazil jantan yang dewasa berukuran panjang sekitar 10 cm dan betina sekitar 12 cm. Ukuran rata-rata Kura-kura Brazil Jantan dewasa berkisar antara 17,8 cm - 22,8 cm, sementara betina dewasa antara 25 cm - 30,5 cm.

Ukuran tidak selalu mengindikasikan umurnya, kura-kura muda biasanya tumbuh sangat cepat. Hal ini akibat dari pemberian makan yang berlebihan. Pemberian makanan berlebih (overfeeding) dapat menyebabkan penyakit pada pencernaannya atau pertumbuhan karapas yang tidak normal.

Dengan kondisi habitat dan makanan yang tepat, Kura-kura Brazil dalam pemeliharaan bisa hidup lebih lama dari saudara mereka di alam liar. Kura-kura Brazil dalam penangkaran bisa hidup hingga umur 40 tahun, sedangkan kura-kura Brazil liar di alam bebas hanya mencapai usia maksimum 20 tahun.


Sumber gambar:
ARKive.com
RedEarSlider.com

Berlangganan untuk mendapat info artikel terbaru :

0 Response to "Mengukur Kura-kura Brazil"

Posting Komentar