Resiko dan Bahaya Salmonella - Kura Brazil

Resiko dan Bahaya Salmonella

Setiap hewan peliharaan bisa membawa berbagai kumpan penyakit yang bisa menular kepada kita. Sekarang kita akan mengetahui tentang salah satu resiko dan bahaya dari Salmonella yang kerap menjangkiti kura-kura Brazil.

Salmonella adalah jenis bakteri yang ditemukan di Amerika pada 1899 (Dharmojono, 2001). Jika bakteri ini masuk ke dalam tubuh akan menimbulkan gejala yang disebut salmonellosis. Beberapa jenis Salmonella juga bisa menimbulkan gejala penyakit gastroenteritis, demam tifoid, demam paratifoid, dan infeksi lokal.

Salmonella bisa menjangkiti semua jenis hewan. Maraknya perdagangan kura-kura bisa memicu terjadinya penularan bibit penyakit seperti Salmonella. Terutama kura-kura yang diternakkan tanpa kebersihan yang baik.

Penularan bakteri Salmonella ke manusia salah satunya melalui mulut, misalnya saat kamu menciumnya. Atau secara tidak sengaja kotorannya masuk ke tubuhmu. Kura-kura bisa mengidap Salmonella dan menyebarkannya, tetapi mereka tidak akan sakit karena itu.

Oleh sebab itu yang terbaik adalah selalu menjaga kebersihan. Pastikan kamu selalu mencuci tangan sebelum dan setelah beraktifitas dengan kura-kura Brazil. Untuk mengethaui apakah kura-kura kamu terinfeksi Salmonella, cara terbaik adalah dengan memeriksanya ke dokter hewan. Jika kura-kura kamu positif memiliki salmonella, segera karantina atau pisahkan dari kura lain dan ikuti instruksi dari dokter hewan.


Sumber:
peternakan.litbang.pertanian.go.id
Image courtesy:
FoodPoisonJournal.com

Berlangganan artikel terbaru via email :

Belum ada komentar pada "Resiko dan Bahaya Salmonella"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel