Top Ad unit 728 × 90

Tips Merawat Kura Brazil

Jika kamu baru pertama kali memiliki Kura-kura Brazil, bawalah kura ke dokter hewan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan awal. Banyak penjual kura-kura tidak merawat hewan peliharannya dengan baik sehingga rawan mengalami cidera, kekurangan gizi, bahkan infeksi penyakit.

Jika kamu ingin menambahkan koleksi kura-kura di kandang atau akuarium yang sudah terisi kura, sebaiknya karantina kura-kura baru minimal 1 bulan. Memisahkan kura baru dengan kura yang lama akan memastikan tidak ada bibit penyakit yang bisa menular ke kura kamu yang lain. Biarkan kura baru beradaptasi dengan lingkungan baru sebelum kamu mencampur dengan kura lainnya.

Pastikan kamu hanya mengumpulkan kura dengan usia atau ukuran yang sama. Jika tidak, kurang yang lebih besar dan tua bisa melukai kura muda jika ada dalam 1 kandang yang sama.

Kura-kura baru umumnya lamban dalam beradaptasi dengan lingkungan baru. Kura biasanya hanya diam, makan sedikit, berjemur terus menerus, dan mudah terkejut. Hal ini adalah wajar dan kamu tidak perlu khawatir. Cara terbaik adalah meninggalkan kura-kura sendirian, tetapi tetap teratur memberikan makanan dan pastikan kura-kura Brazil kamu tidak sakit.

Pada kura baru, berikan pilihan pakan hidup seperti udang kecil, cacing tanah, atau ikan kecil untuk merangsang nafsu makannya. Pakan hidup akan membuat proses transisi dan adaptasi kura menjadi lebih cepat.

Kamu harus berhati-hati saat memegang kura-kura Brazil. Kura mungkin terasa licin akibat lumut atau memberontak saat dipegang. Kura-kura memiliki cakar yang tajam, serta kaki dan gigitan kuat. Gunakan kedua tangan saat mengambil, memindah, dan memegang kura-kura Brazil. Itu akan memberi jaminan jika sewaktu-waktu kura-kura jatuh dari pegangan kamu.

Tangan harus bersih sebelum memegang kura-kura Brazil. Kamu juga harus menjaga lingkungan tempat tinggal kura-kura dalam kondisi bersih untuk meminimalkan kontaminasi bakteri dan salmonella.

Setiap kura-kura harus dijauhkan dari area dapur dan ruang makan. Hindari menggunakan wastafel dan bak mandi saat membersihkan kura-kura. Jangan memakai air PDAM untuk mengisi akuarium atau kolam karena kadar kaporit yang tinggi. Jika terpaksa, tampung air PAM dalam ember selama 1 malam kemudian hanya ambil 2/3 bagian atasnya saja.

Penanganan kura yang salah bisa menyebabkan stres, dan pada akhirnya dapat membuat kura-kura mengeluarkan bakteri salmonella dari ususnya. Jauhkan kura dari anak-anak kecuali dalam pengawasan.

Image courtesy:
WikiHow
Animal-World
Tips Merawat Kura Brazil Reviewed by Safril Adi on 12/29/2009 Rating: 5

Tidak ada komentar:

© Hak Cipta Kura Brazil 2011 - 2017
Desain oleh Aping

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.