Top Ad unit 728 × 90

Jenis Filter dan Perlengkapannya

Kura-kura Brazil menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam air. Mereka akan makan, tidur, dan membuang kotorannya sehingga air cepat sekali kotor. Air yang kotor adalah sumber utama penyakit dan infeksi untuk kura-kura Brazil. Artikel ini mengulas tentang jenis-jenis filter dan perlengkapannya.

Air ledeng atau air sumur adalah pilihan terbaik untuk mengisi akuarium dan kolam kamu. Air ledeng biasanya memiliki pH 8,0 yang bersifat basa. Buka keran air selama satu menit sebelum digunakan agar lumut dan kotoran di kran air tidak terbawa masuk ke dalam kolam atau akuarium.

Pada dasarnya, air dalam akuarium bisa diganti kapan saja. Paling baik adalah diganti airnya setiap hari agar tidak cepat kotor tapi juga tidak menyita banyak waktu. Untuk air kolam maksimal pembersihannya adalah 1 minggu sekali. Agar air tetap bersirkulasi dan bebas kotoran, kamu membutuhkan penyaring air (water filter).

Pada akuarium ada beberapa jenis media penyaringan yang bisa digunakan, yaitu proses penyaringan mekanis, biologis, dan kimiawi. Penyaringan mekanis adalah jenis filter yang paling banyak dipakai. Pompa kecil mengalirkan air kotor ke busa atau spons untuk kemudian dialirkan kembali ke dalam akuarium. Busa atau spons ini berfungsi menyaring kotoran dan partikel berbahaya jadi harus diganti secara periodik.

Filtrasi biologis sanggup menguraikan amonia dalam air yang bersifat racun. Media penyaring biologis seperti bio-balls atau moss-ball (lihat gambar di atas) dirancang sebagai tempat tumbuh bakteri baik. Bakteri inilah yang akan menghasilkan lebih banyak oksigen dan nutrisi secara alami dengan cara memecah zat amonia melalui proses nitrifikasi. Kotoran dan sisa makanan diuraikan menjadi nitrit yang kemudian dipecah oleh bakteri untuk membentuk nitrat.

Penyaringan kimiawi bisa dipilih untuk menghilangkan polutan berat dalam air. Karbon aktif ampuh menetralkan zat beracun dan berbahaya yang mungkin ada di dalam air. Ada juga filter kimia yang dipakai untuk mencegah pertumbuhan lumut dan ganggang, menyerap amonia, menghilangkan bau, atau menyesuaikan pH air. Penyaringan kimia tidak perlu diberikan jika kura-kura Brazil kamu sehat dan kualitas air sudah cukup baik.

Untuk media penyaringan sendiri ada berbagai macam filter yang dijual di pasaran. Pemilihan filter sebaiknya disesuaikan dengan ukuran dan jumlah kura-kura Brazil kamu. Filter perlu dibersihkan secara teratur untuk mencegah lumut dan penyumbatan pada motor penggerak. Berikut adalah macam-macam filter untuk akuarium atau kolam:

Filter internal, adalah filter yang paling banyak dipakai karena ukurannya kecil dan harganya murah. Filter inimemakai sistem penyaringan mekanis berupa spons jadi mudah dibersihkan. Ada 2 jenis filter internal, yakni filter yang sepenuhnya tenggelam dalam air dan filter yang setengah terendam.

Hang On Tank (HOT) atau filter gantung, memiliki filtrasi mekanik yang sangat baik. Filter ini mudah dibersihkan dan mudah digunakan, tapi hanya cocok untuk memelihara jenis ikan atau full aquatic turtle. Sesuai namanya, filter ini menggantung di tepi akuarium dan memiliki sistem pompa dan penyaringan terintegrasi. Filter jenis ini sebaiknya tidak dipakai karena air akuarium harus tinggi hingga mencapai nozel.

Filter Kanister atau Filter Tabung adalah pilihan terbaik untuk akuarium kura-kura Brazil. Harganya memang mahal tapi filter ini menggunakan penyaringan mekanis dan biologis yang sangat baik. Tabung filter yang besar memiliki 3 atau 4 kompartemen berbeda untuk menyimpan berbagai media penyaringan.

Filter Kolam banyak pilihannya di pasaran. Rata-rata berukuran besar karena sanggup mengolah air dengan debit lebih banyak. Jenis penyaringan yang dipakai biasanya sama dengan Filter Kanister tapi dengan mesin pompa yang terpisah. Filter kolam juga bisa dipakai jika ukuran akuarium kamu cukup besar di atas 500 liter.

Undergravel Filter atau Filter Bawah Tanah, filter ini merupakan jenis filter untuk filtrasi biologis namun tidak cocok untuk kura-kura Brazil karena ukuran kotoran mereka yang lebih besar sehingga sulit diuraikan. Filter jenis ini tidak menyediakan filtrasi mekanis yang memadai dan kura-kura mungkin akan menggali dan mengganggu koloni bakteri yang tumbuh di bawah pasir.


Image courtesy:
DHgate.com
Amazon.co.uk
Pinterest.com
AliExpress.com
ZooMed.eu
Aqua-Store.fr
GettyImages.com
Jenis Filter dan Perlengkapannya Reviewed by Safril Adi on 1/08/2010 Rating: 5

Tidak ada komentar:

© Hak Cipta Kura Brazil 2009 -
Desain oleh Aping

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.