Perilaku yang Tidak Normal - Kura Brazil

Perilaku yang Tidak Normal

Kura-kura Brazil yang sehat akan selalu aktif dan suka berjemur selama beberapa jam sehari. Kura Brazil adalah kura semi akuatik dan merupakan perenang yang baik. Jika kamu mendapati segala aktifitas atau perilaku yang tidak normal dan tidak biasa dilakukan, maka kamu harus lebih waspada.


Kura berenang berputar atau berenang miring

Kura yang berenang secara melingkar, berenang tak menentu, berenang dengan posisi miring, atau cara berjalannya aneh sering menjadi tanda dari infeksi saluran pernapasan. Adanya cairan dalam paru-parunya juga bisa mengganggu kemampuan berenangnya.

Perilaku di atas juga bisa disebabkan karena gangguan pada sarafnya atau adanya pembengkakan pada telinga. Pastikan suhu air sudah tepat dan jangan biarkan kura-kura kedinginan. Jangan lupa untuk memberikan lampu penghangat pada daerah berjemurnya.


Kurang tampak lesu dan lebih sering berjemur

Jika kura-kura tidak aktif, jarang berenang, dan lebih sering menutup kedua matanya maka kamu perlu memeriksa suhu air dan suhu tempat berjemurnya. Pastikan suhu air tidak terlalu panas atau dingin, begitu juga dengan tempat berjemurnya jangan sampai terlalu panas.

Apabila suhu lingkungan terlalu dingin, kura bisa mengalami infeksi pada saluran pernapasannya. Kura yang sakit biasanya akan menjadi pendiam, jadi segera pisahkan dari kura-kura lainnya dan periksa penyakit yang kemungkinan dialami oleh kura-kura kamu.


Agresi dan perkelahian antar kura-kura

Kura-kura Brazil mungkin bisa berperilaku agresif ke kura-kura lain atau bahkan kepada kamu. Tandanya, kura sering mengejar dan menggigit kura lain. Jika dipegang, kura agresif ini akan terus memberontak ingin melepaskan diri.

Perilaku agresif ini biasanya dilakukan untuk mempertahankan teritorial atau daerah kekuasaannya. Maklum, karena Kura-kura Brazil sejatinya adalah hewan penyendiri. Solusinya adalah dengan memisahkan kura yang agresif dari kura lainnya. Atau kamu bisa juga memindahkan mereka ke akuarium dan kolam yang lebih besar.


Kura-kura jarang atau tidak mau berjemur

Idealnya, Kura-kura Brazil akan berjemur secara teratur setiap hari. Berjemur akan memperbaiki metabolisme tubuhnya dan membuatnya sehat. Untuk membuat tempat berjemur bukan hal yang sulit. Kamu bisa gunakan lampu khusus reptil atau lampu biasa yang diarahkan langsung ke tempat berjemurnya.

Tergantung jarak dari lampu ke tempat berjemur, biasanya ukuran daya lampu tidak lebih dari 40 watt. Yang penting lampu sanggup menaikkan suhu tempat berjemur antara 10-15℃. Jika lampu terlalu panas, kura Brazil tidak akan mau berjemur karena bisa dehidrasi.


Gelisah dan mudah ketakutan

Ada saat-saat tertentu dimana kura-kura Brazil menjadi sangat gelisah. Sifat gelisah dan mudah terkejut umumnya dialami oleh kura-kura yang baru kamu beli, baru dicampur dengan kawanan lama, atau saat kura betina mau bertelur. Jika dibiarkan, kura bisa menjadi stres hingga akhirnya mati.

Kurangnya privasi, penanganan yang berlebihan, dan pengaturan habitat yang salah bisa juga jadi faktornya. Pastikan lagi kondisi airnya, jangan sampai kotor atau terlalu sedikit. Berikan tempat berjemur yang tidak terkena air.

Untuk kura betina yang akan bertelur sebaiknya dipisahkan dari kelompoknya. Berikan tempat khusus bertelur berupa pasir halus di daerah berjemurnya. Untuk pengaturan dan perlakuan kura-kura Brazil betina saat bertelur akan kami tulis di artikel berbeda.


Kura yang terlihat stres dan tertekan

Kura-kura Brazil yang ditangkap dari alam akan mengalami stres. Begitu juga jika diletakkan dalam akuarium yang terlalu kecil, air yang terlalu sedikit, atau bahkan tidak diberi tempat untuk istirahat dan berjemur. Stres akan berdampak langsung pada kesehatan, nafsu makan, dan sistem kekebalan tubuhnya.

Ingat! Perlakuan yang salah seperti berlebihan dalam menangani kura-kura, juga bisa membuatnya menjadi stres. Meski harganya murah, Kura-kura Brazil bukanlah mainan. Jauhkan dari anak kecil karena bisa membuatnya terluka.


Image courtesy:
RedEaredSliderTurtleFacts.com
pets4homes.co.uk

Berlangganan artikel terbaru via email :

Belum ada komentar pada "Perilaku yang Tidak Normal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel