Perlengkapan Kolam Outdoor - Kura Brazil

Perlengkapan Kolam Outdoor

Bagi kamu yang memelihara Kura Brazil di kolam luar ruangan tentu ada sensasi tersendiri. Dengan kolam di halaman, kamu bisa membuat suasana yang semirip mungkin dengan habitat aslinya di alam liar. Percayalah, kura Brazil lebih senang dengan kondisi itu! Tapi tentu ada perlakuan berbeda dalam perawatan kolam jadi kita akan belajar tentang perlengkapan outdoor.

Kura-kura Brazil memiliki sifat selalu ingin tahu jadi mereka sering berkeliaran di sekitar kolam. Kamu tentu tidak bisa dan tidak mau menjaga kolam sepanjang waktu, maka sebuah pagar yang rendah bisa jadi pilihan terbaik untuk memastikan kura tidak keluar dari kolam.

Kura-kura kecil yang sedang berjemur di atas kolam sangat mudah dimangsa predator seperti elang dan burung pemangsa lainnya. Sebaiknya tambahkan penutup berupa paranet untuk perlindungan.Pilih paranet dengan tingkat kegelapan paling rendah yakni 10-20% agar sinar matahari masih bisa menerangi kolam.

Seperti akuarium, kolam juga butuh penyaring air untuk membantu sirkulasi air bersih. Sayangnya, filter air untuk kolam biasanya berukuran besar, perawatan yang rumit, dan harganya cukup mahal. Kamu bisa mensiasati dengan memanfaatkan tanaman air sebagai penyaring air alami.

Tanaman akan menjaga kadar oksigen dalam air dan menghilangkan kontaminan seperti nitrat yang berasal dari kotoran kura-kura. Tanaman air juga memberikan keteduhan dan membantu menurunkan pertumbuhan lumut. Kura-kura Brazil bisa memanfaatkan tanaman air sebagai tempat bersembunyi ataupun sebagai tambahan makanan.

Tanaman air terdiri dari jenis tanaman air terapung dan tanaman air tenggelam. Jika kamu ingin meletakkan tanaman air di kolam, masukkan akarnya ke dalam pot kecil untuk kemudian diletakkan di dasar kolam. Hal ini memastikan akar tanaman tidak merusak pondasi kolam. Tanaman air yang aman untuk digunakan dan dapat dimakan kura-kura Brazil antara lain eceng gondok, anubias, duckweed, atau selada air.

Semakin besar kolam maka akan semakin baik. Desain kolam menawarkan lebih banyak variasi jika dibandingkan dengan akuarium biasa. Sebaiknya, bagian tepi kolam dibuat lebih tinggi dari sekitarnya agar kolam tidak banjir saat hujan.

Area berjemur harus mendapat banyak sinar matahari. Kamu bisa menggunakan tepian kolam, batu besar, atau kayu yang tidak mudah lapuk sebagai tempat berjemur kura-kura Brazil. Jika ingin suasana yang alami, kamu juga bisa menambahkan air terjun buatan atau air mancur mini agar kolam tidak tampak membosankan

Di kolam juga bisa kamu tambahkan lampu yang tidak terlalu terang saat malam. Sinar lampu akan menarik perhatian serangga. Serangga yang jatuh bisa menjadi tambahan makanan untuk kura-kura kamu.


Image courtesy:
EarthViewBlog.wordpress.com
IbnuAsmara.com
AyuNasti.wordpress.com

Berlangganan artikel terbaru via email :

Belum ada komentar pada "Perlengkapan Kolam Outdoor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel