Top Ad unit 728 × 90

Pernapasan dan Perilaku Lainnya

Di bawah ini adalah daftar gejala pernapasan yang harus Anda perhatikan. Pernapasan tidak teratur jarang terjadi tapi bisa menjadi tanda telah terjadi infeksi pernapasan. Jenis pernapasan harus dipantau dan tidak boleh diabaikan. Berikut ini adalah beberapa penyakit pernapasan dan cara mengatasinya:


Gelembung udara yang keluar dari hidung atau mulut
Hal ini biasa terjadi ketika berada di dalam air. Namun berhati-hatilah jika gelembung terjadi saat Kura-kura Brazil keluar dari air karena hal ini besar kemungkinan adalah infeksi saluran pernafasan; ambil langkah-langkah perawatan dasar dan amati secara cermat.

Suara mendengkur
Hal ini dapat terjadi jika kura-kura anda kelebihan berat badan (overweight) atau setelah melakukan aktifitas yang mengeluarkan banyak energi. Jika terdengar keras dan sering terjadi, hal itu bisa menjadi indikasi kesulitan bernapas. Ini juga dapat merupakan gejala infeksi saluran pernapasan hinga radang paru-paru; ambil langkah-langkah dasar dan amati secara cermat.

Batuk
Batuk-batang hanya kadang terjadi, tapi jika sudah parah atau sering, maka kemungkinannya infeksi saluran pernapasan. Pastikan bahwa kura-kura Anda tidak sedang tersedak. Jika ada sesuatu yang dimuntahkan dari mulutnya namun bukan berupa makanan, cobalah mengumpulkan dan memeriksanya. Dalam hal apapun, ambil langkah-langkah dasar dan amati secara cermat perilaku atau gejalanya. Jika gejala batuk ini dibiarkan, pada beberapa kasus dapat menyebabkan pembusukan pada mulut kura-kura Anda.

Pernapasan mulut
Hal ini cukup jarang terjadi, dan biasanya terjadi hanya selama berjemur. Namun jika hal ini sering terjadi atau disertai dengan suara seperti sedang sesak napas atau lendir, maka kemungkinan kura-kura Anda terkena infeksi saluran pernapasan. Lakukan perawatan dasar dan tetaplah diawasi seksama. Jika sakit berlanjut segera hubungi dokter hewan.

Bersin
Hal ini kadang-kadang terjadi, bahkan di bawah air. Bersin biasa terjadi dan tidak bermasalah apabila tidak disertai lendir/ingus. Apabila bersin disertai lendir semakin parah, maka kemungkinan terjadi infeksi pada saluran pernapasan. Lakukan perawatan dasar dan amati dengan cermat. Jika sakit berlanjut segera hubungi dokter hewan terdekat.

Menguap
Hal ini biasa terjadi ketika kura-kura sedang berjemur, meskipun kadang dapat terjadi di bawah air. Sama seperti gejala-gejala lain di atas, apabila terjadi cukup sering dan ada gejala lain yang mencurigakan, maka kemungkinan terjadi infeksi saluran pernapasan. Lakukan perawatan dasar dan amati dengan cermat. Bawalah ke dokter hewan bila diperlukan.


Berikut adalah contoh penyakit yang seringkali menyerang pernapasan kura-kura Brazil:

Infeksi Saluran Pernapasan (RI/Respiratory Infection)
Infeksi saluran pernafasan adalah penyakit umum dan mematikan. Gejala yang paling jelas diketahui adalah dari cara berenang. Cara berenang yang tidak teratur misalnya berenang berbentuk lingkaran, berat sebelah, bahkan berenang terbalik. Gejala ini disebabkan oleh cairan berlebih di paru-paru. Anda memerlukan bantuan dokter hewan apabila mereka menunjukkan gejala ini. Semakin cepat diperiksa, semakin besar kesempatan mereka dapat pulih. Gejala lain yang sering terjadi mencakup sesak napas, batuk, bersin, sering buka mulut, menguap, mendesah-desah, sering berjemur dan jarang bergerak, kehilangan nafsu makan, atau munculnya semacam gelembung lendir dari hidung dan mulut. Jika Kura-kura Brazil Anda menunjukkan gejala-gejala tersebut, naikkan suhu aquarium, karantina yang sakit, dan ganti air aquarium. Suhu udara dan air harus dinaikkan antara 3-5 derajat celcius.
Pneumonia (Radang paru-paru)
Ini juga salah satu penyakit pernapasan yang paling mematikan. Biasanya kura akan mati bila tidak diobati dalam 3 hari. Ciri-ciri umum pneumonia adalah:
Mulut terbuka dan menutup untuk bernafas.
Leher memanjang dan sedikit mengangguk karena kesulitan bernafas.
Terdapat cairan lendir pada lubang hidung dan mulut, bisa terlihat kasat mata, bisa juga tidak karena lendir terlalu kental.
Kaki lemah untuk masuk ke dalam tempurung.
Mulut dan mata terlihat kering (dehidrasi)
Stress/depresi.
Menolak untuk makan dan lebih sering berjemur.
Bila semua gejala tersebut terpenuhi, maka kura anda dipastikan positif mengalami Pneumonia. Pertolongan secepatnya untuk menyelamatkan kura-kura yang terkena pneumonia sangatlah penting, penanganan pertama adalah dengan menyuntikkan antibiotik Enrofloxacyn karena penundaan beberapa jam saja bisa berakibat fatal. Bila tidak yakin, segeralah bawa ke dokter hewan terdekat.
Pilek
Penyakit ini cukup berbahaya karena bila dibiarkan seringkali berkembang menjadi penyakit mematikan "Runny nose Syndrome". Gejala yang umum adalah munculnya gelembung-gelembung udara keluar dari hidung yang kadang disertai suara-suara. Pengobatan dasarnya adalah dengan menyedot lendir (ingus) di hidung dengan alat sedot ingus untuk bayi (tersedia di supermarket) kemudian oleskan Gentamycin/Terramycin salep ataupun Baytril ke bagian luar hidungnya secara konstan sekali sehari.


Image courtesy:
TheSprucery.com
Pernapasan dan Perilaku Lainnya Reviewed by Safril Adi on 1/11/2010 Rating: 5

Tidak ada komentar:

© Hak Cipta Kura Brazil 2009 -
Desain oleh Aping

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.