Bolehkah Melepas Kura ke Alam? - Kura Brazil

Bolehkah Melepas Kura ke Alam?

Pada harian Kompas tanggal 11 November 2015, diberitakan bahwa warga desa Dawungan Wonogiri, Jawa Tengah melepas 1.000 ekor kura-kura dan 20.000 ikan ke sungai Tempuran. Aksi ini disebut-sebut sebagai aksi "peduli sungai" yang menjadi simbol komitmen warga desa untuk menjaga kelestarian sungai untuk anak cucu mereka. Memang tidak disebutkan secara pasti kura-kura jenis apa yang dilepaskan. Tapi dari gambar yang beredar di dunia maya, jelas bahwa kura-kura tersebut adalah Kura-kura Brazil.

Yang jadi pertanyaan, bolehkah melepaskan kura-kura Brazil ke alam liar?

Seekor kura-kura Brazil peliharaan akan lebih rentan terhadap serangan predator, kelaparan, dan penyakit di alam liar. Mereka tidak dikondisikan untuk lingkungan yang lebih keras dan bergantung pada manusia untuk mendapatkan makanan dan perawatan. Seekor kura-kura Brazil yang dilepas ke alam liar harus bersaing terhadap populasi kura-kura asli, yang mana hal ini dapat mengganggu ekosistem yang sudah ada. Mereka akan rentan diserang ketika keluar dari air, manusia, bahkan lalu lintas kendaraan. Mereka mungkin tidak akan siap untuk kondisi cuaca yang keras atau terjadinya perubahan musim.

Melepaskan kura-kura peliharaan adalah keputusan yang TIDAK manusiawi. Jika kamu tidak mau memelihara kura-kura Brazil lagi, berikan ke orang lain yang berminat memeliharanya. Jika kamu kesulitan menemukan pemelihara yang cocok untuk kura-kura, informasikan kepada kami dan kami akan segera membantu.


Sumber berita:
http://regional.kompas.com/read/2015/11/11/23222361/Warga.Desa.Lepas.1.000.Kura-kura.dan.20.000.Ikan.ke.Sungai.Tempuran

Berlangganan untuk mendapat info artikel terbaru :

0 Response to "Bolehkah Melepas Kura ke Alam?"

Posting Komentar