Temperatur dan Kualitas Air - Kura Brazil

Temperatur dan Kualitas Air

Temperatur dan kualitas air harus selalu dipantau untuk menjamin kura-kura kamu tetap sehat. Pastikan suhu berkisar antara 25-27℃ untuk kura kecil dan 24-26℃ untuk kura-kura dewasa. Gunakan termometer untuk melihat suhu akuarium karena mudah dipakai dan harganya murah. Jika ada dana lebih, kamu bisa memakai 2 termometer, 1 untuk memantau suhu air dan 1 lagi untuk memantau suhu udara dalam akuarium.

Air yang terlalu dingin bisa menyebabkan Kura-kura Brazil menjadi pendiam, tidak responsif, bahkan hilang nafsu makan. Apalagi jika Kura Brazil tidak mendapatkan cahaya untuk berjemur, kura rawan terkena serangan jamur dan penyakit pernapasan. Jika suhu air terasa terlalu dingin, tambahkan pemanas air (water heater) khusus untuk akuarium.

Jika kamu memutuskan memakai pemanas air, jangan sampai air menjadi terlalu hangat karena bisa menyebabkan munculnya bakteri penyakit bahkan bisa membuat kura dehidrasi. Salah satu triknya adalah dengan meletakkan akuarium dalam ruangan ber-AC atau bisa juga memakai pengatur waktu (timer) agar pemanas air tidak menyala terus-menerus.

Kura-kura Brazil adalah hewan yang suka menghabiskan waktunya dalam air, termasuk untuk makan, buang kotoran, bahkan kadang tidur di air. Jadi kamu harus memastikan airnya selalu bersih. Air yang kotor adalah sumber utama penyakit dan infeksi untuk kura-kura Brazil.

Air ledeng atau air sumur adalah air yang paling baik dipakai untuk kura-kura Brazil. Jangan pakai air PDAM untuk mengisi akuarium! Air PDAM mengandung berbagai zat kimia seperti kaporit dan klorin yang berbahaya bagi kura. Tapi jika terpaksa, tampung air PDAM dalam ember/wadah selama 1 malam kemudian ambil ¾ bagian atasnya untuk mengisi air akuarium kamu.


Sumber gambar: RedEarSlider.com

Berlangganan artikel terbaru via email :

Belum ada komentar pada "Temperatur dan Kualitas Air"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel