Cara Menentukan Umur Kura-kura Brazil - Kura Brazil

Cara Menentukan Umur Kura-kura Brazil

Cara Menentukan Umur Kura-kura Brazil

Kura-kura memang terkenal sebagai hewan yang bisa hidup dengan umur yang panjang. Pada jenis kura-kura darat, kamu bahkan bisa menemukan kura-kura yang sudah hidup lebih dari 100 tahun, lho! Lalu bagaimana sih cara kita menentukan umur Kura-kura Brazil? Yuk, kita baca seksama.

Menentukan umur seekor kura-kura bukanlah perkara mudah, kecuali kamu memang tahu betul kapan telur kura menetas atau ada sertifikatnya. Pada kura-kura yang sudah sangat tua, perhitungan umur kura-kura bisa dilakukan dengan metode radiokarbon. Sedangkan pada kura-kura yang muda sangat sulit ditentukan.

Ada beberapa metode yang bisa kamu pakai untuk menentukan umur kura-kura. Banyak orang percaya metode-metode ini bisa menentukan umur kura-kura meski tidak terlalu tepat. Admin telah mengumpulkan banyak literatur dari internet dan mendalaminya satu per satu. Apa saja metode perhitungan umur kura-kura ini?

Menghitung Umur Kura-kura Brazil dari Panjang Karapas


Panjang karapas yang diukur mulai dari bagian depan sampai dekat ekor diyakini sebagai salah satu metode paling tepat untuk menentukan umur Kura-kura Brazil. Kura-kura Brazil dengan ukuran kurang dari 2,5 cm artinya masih berusia kurang dari 3 bulan. Antara 5-7 cm berarti kurang dari 1 tahun. Antara 10 - 12 cm artinya kurang dari 3 tahun.

Cara menghitung panjang kura-kura

Dari catatan di atas tentu kamu akan bertanya-tanya, bagaimana kalau panjang karapas lebih dari itu? Artinya Kura-kura Brazil kamu umurnya lebih dari 3 tahun. Itu saja.

Begitu seekor Kura-kura Brazil menginjak usia 3 tahun, artinya dia telah memasuki fase kura-kura dewasa dan siap kawin. Pertumbuhan badan atau karapas tidak lagi menentukan umurnya. Pada fase dewasa, ukuran tubuh kura-kura atau panjang karapas sepenuhnya tergantung pada asupan makanannya.

Kura-kura Brazil peliharaan yang diberi makanan secara normal bisa mencapai panjang antara 18 - 23 cm. Sedangkan kura-kura yang overfeeding atau obesitas bisa mencapai lebih dari 30 cm.

Pada Kura-kura Brazil liar atau yang hidup di alam bebas, rata-rata pertumbuhannya lebih lambat karena mereka harus mencari sendiri makanannya. Ukuran Kura-kura Brazil liar biasanya lebih kecil dari Kura-kura Brazil di penangkaran atau peliharaan.

Kesimpulannya, metode penentuan umur Kura-kura Brazil melalui panjang karapasnya hanya berlaku jika kura-kura belum memasuki fase dewasa saja. Kamu bisa memakai cara di atas saat membeli anakan Kura-kura Brazil atau kura-kura muda.

Menghitung Umur Kura-kura Brazil dari Jumlah Sisik


Lalu bagaimana dengan metode menghitung umur Kura-kura Brazil dari jumlah sisiknya? Di internet ada yang membagikan cara menghitung umur kura-kura dari jumlah sisik pada bagian tepi karapasnya.

Menurut literatur tersebut, untuk menentukan umur Kura-kura Brazil bisa dilihat dari jumlah sisik pada sisi tepi karapasnya. Jika ada 10 sisik maka umurnya 1 tahun, 20 sisik artinya 20 tahun, dan seterusnya.

Cara di atas mungkin berlaku untuk kura-kura lain, tapi TIDAK untuk Kura-kura Brazil. Berapapun umur seekor Kura-Kura Brazil, jumlah sisik atau segmen pada bagian tepi karapasnya selalu tepat 12 buah pada setiap sisinya.

Menghitung jumlah sisik pada karapas bagian tengah atau punggungnya juga tidak bisa dilakukan karena seiring waktu bukan jumlahnya yang bertambah, tapi ukuran sisiknya yang bertambah luas atau besar.

Kura-kura Brazil over scute

Beberapa kura-kura dengan kelainan jumlah sisik (overscute) tidak bisa ditentukan sama sekali dengan metode ini.

Menghitung Umur Kura-kura Brazil dari Banyaknya Goresan


Ada yang bilang bahwa untuk menentukan umur kura-kura bisa dilihat dari jumlah goresan atau bekas luka pada kulit dan karapas kura-kura. Semakin banyak goresan atau bekas luka artinya kura-kura itu sudah cukup tua.

Metode di atas tergolong metode paling "ngawur" yang pernah saya baca. Entah siapa yang punya ide menentukan umur kura-kura dengan cara itu.

Kura-kura Brazil dewasa

Sederhananya, luka atau goresan pada kulit dan karapas kura-kura bisa disebabkan banyak hal. Kura-kura di alam liar tentu memiliki banyak luka dan goresan meski usianya relatif muda. Hal ini karena kehidupan yang keras untuk mendapatkan makanan sehingga tak jarang karapasnya membentur batu-batuan, kayu, atau bahkan luka akibat berkelahi dengan sesamanya saat berebut makanan.

Menghitung Umur Kura-kura Brazil dari Warna Tempurung


Menurut salah satu blog, untuk menentukan umur kura-kura juga bisa dilihat dari warna tempurungnya. Semakin gelap warnanya, maka umur kura-kura juga semakin tua.

Kura-kura Brazil Albino

Cara ini juga tidak berlaku untuk kebanyakan kura-kura. Pada Kura-kura Brazil, ada yang dari menetas sudah memiliki warna yang lebih gelap dari yang lain. Bahkan cara ini sepenuhnya tidak berlaku pada kura-kura dengan kelainan pigmen seperti albino atau melanistic.


Sumber gambar:
Instagram @lindacpl, @bapetss, @dradnanwajih


Artikel Cara Menentukan Umur Kura-kura Brazil Selesai!

Demikian posting Kura Brazil pada kategori Pengenalan Kura Brazil kali ini. Jika kamu merasa tulisan tentang Cara Menentukan Umur Kura-kura Brazil ini bermanfaat, mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar atau bagikan artikel ini ke media sosial 🙏

Berlangganan artikel terbaru via email :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada komentar pada "Cara Menentukan Umur Kura-kura Brazil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel