Cara Menjemur Kura-kura Brazil - Kura Brazil

Cara Menjemur Kura-kura Brazil

Cara Menjemur Kura-kura Brazil

Pada artikel kali ini saya akan mengulas cara menjemur Kura-kura Brazil. Penjemuran wajib dilakukan agar kura-kura bisa mendapat asupan vitamin D dari sinar matahari. Meskipun pada artikel ini fokus pada Kura-kura Brazil, cara ini juga bisa dilakukan pada kura semi akuatik lainnya.

Jika kura-kura ditempatkan di kolam atau akuarium yang sudah dilengkapi lampu pemanas khusus reptil, maka kamu tidak perlu menjemur kura-kura lagi. Lampu pemanas jenis ini sudah dilengkapi fitur yang dapat menghasilkan sinar UV setara dengan sinar matahari pagi.

Tempat Berjemur Kura-kura


Untuk tempat berjemurnya, siapkan ember besar dan letakkan di tempat dimana sinar matahari tidak terhalang. Isilah air setinggi karapas atau tempurungnya dan berikan batu sebagai tempat berjemur. Batu harus lebih tinggi dari permukaan air.

Sebenarnya bisa saja menjemur kura-kura tanpa air. Kura-kura cukup dibiarkan bebas di bawah sinar matahari pagi. Tapi cara ini tentu beresiko tinggi karena kura rawan hilang, dimangsa hewan lain, atau mati dilindas kendaraan. Kamu hanya boleh menjemur tanpa air seperti ini dengan syarat harus terus dijaga.

Paling mudah, bawa serta kura-kura kamu saat joging di hari Minggu pagi atau Car Free Day (CFD). Dengan demikian kamu bisa menjemur kura-kura tanpa khawatir.

Waktu yang Tepat Menjemur Kura Brazil


Waktu yang cocok untuk menjemur kura-kura adalah di waktu pagi hari. Jemurlah Kura Brazil antara pukul 07.00 sampai 10.00 maksimal selama 1 jam saja. Contoh, menjemur kura-kura dari jam 7 pagi maka angkat pada jam 8, begitu seterusnya.

Meskipun pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk menjemur kura-kura, kamu juga bisa menjemur kura-kura pada sore hari setelah pulang sekolah atau sepulangnya dari tempat kerja. Menjemur kura-kura pada sore hari bisa dilakukan jika terpaksa. Asupan vitamin D dari sinar matahari tidak sebagus ketika matahari baru terbit.

Menjemur kura-kura tidak perlu dilakukan setiap hari. Jika kamu masih sekolah atau sibuk bekerja, jemurlah kura-kura kamu seminggu sekali di hari Sabtu atau Minggu dan pastikan kamu menungguinya saat kura-kura dijemur.

Ciri Kura-kura Kepanasan Saat Berjemur


Jika kura-kura merasa kepanasan karena penjemuran yang berlebihan, kura akan selalu berada di air. Tidak mau naik ke batu tempatnya berjemur. Jika dibiarkan lebih lama lagi maka kura-kura akan panik, berenang tak menentu dan berusaha memanjat keluar dari tempat berjemur.

Kura-kura yang dijemur secara berlebihan pasti akan mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan tubuh. Meskipun kamu sudah memberikan air di tempat berjemurnya, cairan tubuh yang hilang tidak bisa terganti karena suhu air juga pasti sudah panas.

Bahaya Menjemur Kura-kura Dalam Waktu Lama


Kura-kura yang dijemur dalam waktu lama bisa menyebabkan dehidrasi bahkan kematian. Itu sama saja dengan menyiksanya secara perlahan. Gejala awal dari dehidrasi adalah kura tidak mau naik lagi ke tempat berjemurnya meskipun sudah dipindah ke tempat teduh.

Penjemuran berlebihan juga diketahui dapat merusak beberapa organ dalam kura-kura seperti jantung dan paru-paru. Beberapa kasus yang pernah ditemui, kura-kura mengalami infeksi saluran pernapasan bahkan kegagalan jantung setelah dijemur dalam waktu lama meskipun pada pagi hari.

Batas toleransi setiap kura-kura berbeda saat dijemur. Biasanya, semakin besar ukuran kura maka durasi menjemurnya lebih lama dari kura-kura kecil. Jika kura sudah tampak tidak nyaman di tempat berjemur segera pindahkan ke kolam atau akuariumnya.

Cara Mencegah Kura-kura Dijemur Terlalu Lama


Lalu bagaimana cara agar kita tidak lupa sudah menjemur kura-kura? Manfaatkan alat timer atau jam weker di rumah. Tidak punya jam weker atau timer? Pakai saja HP kamu! Semua HP pasti punya aplikasi timer atau alarm bawaan. Atur waktu maksimal selama 1 jam dan pastikan berfungsi sepenuhnya.

Masih takut juga atau tidak yakin dengan timer dan alarm? Kalau begitu jangan jemur kura-kura kamu! Jangan paksakan diri untuk menjemur kura-kura jika kamu sedang sibuk atau punya kegiatan lain yang tidak bisa ditinggalkan.

Jika Kura-kura Tidak Dijemur


Jika kamu memang tidak punya waktu untuk menjemur kura-kura, atau berada di lingkungan yang tidak mendapat akses sinar matahari secara langsung, berikan lampu pemanas khusus reptil di kolam atau akuariumnya.

Atur waktu menyala dari lampu pemanas seperti matahari yakni dari pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore. Jangan pernah nyalakan lampu pemanas sepanjang hari atau 24 jam karena bisa mengganggu siklus hariannya.

Lampu UVA atau UVB khusus reptil memang tidak murah. Jika kamu tidak memiliki dana untuk membeli lampur reptil, kamu bisa saja menggunakan lampu bohlam biasa dengan watt kecil umumnya di bawah 7W. Atur jarak lampu ke tempat berjemur kura-kura dan pastikan kura-kura tidak kepanasan.

Daya watt lampu dan jaraknya ke tempat berjemur tergantung dari ukuran kolam atau akuariumnya. Kamu bisa mencoba-coba sendiri sampai dirasa pas. Caranya, nyalakan lampu lalu letakkan punggung tangan kamu di tempat berjemurnya.

Jika terasa agak atau hampir hangat maka itu sudah cukup. Jika terasa hangat atau agak panas, ganti watt lampu yang lebih kecil dan jauhkan jaraknya dengan tempat berjemurnya. Ulangi terus sampai terasa agak hangat. Solusi lainnya kamu bisa memakai termometer digital dan pastikan suhunya di kisaran 30oC.


Sumber gambar: TurtleHolic.com


Artikel Cara Menjemur Kura-kura Brazil Selesai!

Demikian posting Kura Brazil pada kategori Perawatan dan Pemeliharaan kali ini. Jika kamu merasa tulisan tentang Cara Menjemur Kura-kura Brazil ini bermanfaat, mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar atau bagikan artikel ini ke media sosial 🙏

Berlangganan artikel terbaru via email :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada komentar pada "Cara Menjemur Kura-kura Brazil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel